RESPECT! Inilah Rasa Empati Asli Budaya Indonesia yang Jarang Kita Lihat

Personal BLOG | Sudah lama tidak update blog saya yang satu ini, namun melihat peristiwa yang lagi viral ini, membuat saya tergerak untuk wajib mendokumentasikan momment ini.

Semoga momment seperti ini semakin terekam dan terpublikasikan sekaligus berharap banyak dishare di sosial media agar kebaikan ini menular.

Bukankah negara kita Indoensia dikenal karena keramahtamahanya, rasa kepedulianya terhadap sesama, termasuk rasa empati kita.

Namun sayangnya nilai dan norma itu sepertinya mulai berkurang bahkan sudah langka kita lihat di sekitar kita.

Namun baru-baru ini seorang netizen bernama Bahana Patria memberikan kita pelajaran dan BUKTI bahwa nilai-nilai luhur rasa empati masyarakat kita itu belum hilang dan masih bisa kita temukan.

Hal ini yang ditunjukan oleh netizen bernama Bahana Patria yang mengupload sebuah peristiwa langka melalui akun facebooknya.


Dalam video tersebut dirinya menambahkan caption sebagai berikut,
"Kenapa semua orang menuntun sepeda motornya ya? " tanya saya kepada teman. " itu sebagai penghormatan sekaligus menunjukkan empati atas duka dari pemilik rumah" jawab teman saya. 
Saya sendiri kaget melihat kejadian tersbut. Padahal waktu itu sedang jam orang berangkat kerja.
Dan saya melihat keheningan dalam pagi yang ramai. Mereka seolah merapal doa-doa yang ditujukan kepada pemilik rumah agar diberi kesabaran dalam menerima cobaan.
Di tempat itulah di Desa suruh, kecamatan Sukodono, Sidoarjo, seorang koorban musibah Lion air JT-610 Jannatun Shintya Dewi tinggal. Perempuan usia 24 Tahun tersebut merupakan korban pertama tg berhasil diidentifikasi untuk kemudian diserahkan ke keluarganya.
Nilai-nilai luhur yang dilatarbelakangai keyakinan atas budaya menunjukkan rasa simpati dan empati memang sudah luntur di banyak tempat, malah ada juga yang terang-terangan berpindah kebudayaan ke bangsa lain. 
Namun dibeberapa daerah nilai-nilai itu masih kokoh terjaga. 
Semoga nilai, norma, yang selama ini membangun Indonesia menjadi bangsa yang bermartabat akan selalu terjaga".
Semoga dengan melihat video ini mampu membangkitkan rasa empati kita sebagai nilai dan budaya asli Indonesia yang harus kita lestarikan dan tularkan, bukan kekerasaan dan kebencian.

Bantu Like dan SHARE agar budaya baik ini bisa menyebar dan ditularkan.

Amiiin

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.