Pentingnya Membangkitkan Semangat Wirausaha dan Kemandirian Anak Muda!

ilustrasi: entrepreneur.comSaya termasuk ikut sangat merasa sedih dan ikut prihatin dengan nasib masih banyaknya anak-anak muda di Indonesia yang menganggur.


Saya sendiri pernah merasakan bagaimana malunya jadi seorang pengangguran. Namanya pengangguran itu benar-benar tidak ada enaknya. Sudah malu, tidak punya duit, mau hutang juga takut bagaimana nanti mengembalikan hutang tersebut. Sengsara itu sudah jelas tentunya.


Yang membuat saya ikut prihatin ketika mendengar ada anak muda yang sampai menganggur dengan alasan katanya tidak ada pekerjaan.


Padahal saya setuju dengan pendapat beberapa orang yang mengatakan, "Sebenarnya kalau MAU dan NIAT, maka sebenarnya tidak akan ada namanya orang nganggur. Apalagi untuk seorang anak muda apalagi sudah raih gelar SARJANA. Yang ada itu GENGSI dan PILAH-PILIH Pekerjaan itulah yang menyebabkan banyaknya anak-anak muda kok sampai menganggur.


Ada pernyataan menarik yang pernah saya dengar, Anak muda yang punya pendidikan yang semakin tinggi, biasanya "GENGSI" mereka juga semakin tinggi. Jadi misal ada Sarjana kok kerja jadi pemulung kan Malu. Jadi Sarjana kok kerja jadi karyawan toko kan malu, Jadi Sarjana kok kerja di warung makan, kan malu.


Dan rasa gengsi dan malu itulah yang kemudian akhirnya mereka jadi menganggur.


Sungguh sangat disayangkan sekali jika ada setingkat Sarjana tapi masih bermental seperti itu. Kenapa dengan pengetahuan dan pendidikan yang dimilikinya, bukankah seorang sarjana seharusnya sudah bisa berfikir dan menilai serta harus bisa memeiliki prinsip bahwa, "Untuk apa harus malu jika pekerjaan yang dilakukan adalah HALAL dan tidak MEMAKAN HAK orang lain?"


Bukankah seharusnya mereka juga harus lebih punya malu, jika seorang Sarjana yang sudah terdidik harus kalah dengan mereka yang hanya lulusan pendidikan rendah tapi tetap bersemangat bekerja berapapun sedikit penghasilan mereka selama itu HALAL.


Sudah berapa banyak kisah tidak hanya di penjuru dunia tapi di Indonesia juga sudah begitu banyak kisah orang-orang sukses yang memulai dari hal yang dianggap sepele tapi akhirnya sukses bisa mereka raih.


Disinilah saya berfikir bahwa mental dan semangat anak-anak muda memang benar-benar harus dibangkitkan kembali.


Anak-anak muda saat ini harus bangkit dengan ide, kreatifitas, dan semangat mudanya untuk bangkit dan bangkit dari rasa malu, minder, dan berbagai ALASAN yang menjadikan mereka tidak maju dan berkembang.


Jadilah pemuda yang jeli melihat sekitar yang mungkin saja bisa dijadikan peluang bisnis untuk anda. Bacalah ksiah-kisah sukses di internet yag sudah menumpuk jumlahnya untuk bisa dijadikan inspirasi anda untuk semangat berkarya.


Jangan hanya terpaku ingin mencari pekerjaan, tapi berfikirlah untuk bagaimana supaya bisa MENCIPTAKAN lapangan pekerjaan. Jika tidak untuk orang lain, setidaknya untuk menciptakan lapangan ekrja untuk diri sendiri.


Untuk memulainya juga tidak perlu banyak pakai kata "TAPI!"


Gunakan ilmu dan pengetahuan anda untuk mencari peluang. Jika anda suka facebookan, anda bisa jualan lewat facebook tanpa modal. Anda bertanya bagaimana caranya? Googling saja, anda akan mendapatkan banyak sekali ilmu disana.


Sebagai penutup, Saya ingin mengajak supaya anda para pemuda untuk membangkitkan kembali semangat anda. Ingatlah jika anda seorang pemuda, maka sesungguhnya anda potensi yang teramat sangat luar biasa. Cari dan latih serta galih terus potensi anda. Yakinlah jika semangat anda gunakan untuk hal yang positif, pastilah pada saatnya anda mampu mengguncang dunia dengan karya anda!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.