Penggunaan Foto Profil Bendera Prancis yang Diributkan Netizen

gambar: facebookSaya kadang benar-benar masih gagal faham untuk membaca pola dan alur apalagi pola pikir dari netizen di Indonesia.


Entah karena mungkin karena "kebodohan" saya yang mungkin kurang mengikuti atau memahami cara berfikir mereka, namun yang jelas saya dibuat terheran-heran.


Keheranan saya terkait reaksi netizen di Indonesia bukan kali ini saja saya rasakan. 


Jadi rasanya kok setiap ada sedikit hal perbedaan pola pikir saja di "dunia netizen", seolah-olah saat itu juga akan langsung menjadi perdebatan dan kehebohan di "dunia netizen".


Jika dahulu ribut soal capres yang menghebohkan dunia maya, pasca peristiwa itu kok sepertinya di dunia netizen begitu mudahnya untuk menjadikan hal yang menurut saya biasa-biasa saja, tapi di kalangan netizen ternyata itu dibuat heboh sedemikian rupa.


Demikian juga dengan yang baru-baru ini terjadi mengenai maraknya penggunaan foto profile di facebook yang menggunakan foto profil bendera Prancis.


Latar belakang mereka yang menggunakan foto profile negara Prancis dimaksudkan sebagai bentuk solidaritas dan duka dengan apa yang terjadi insiden pembantaian di Paris beberapa hari kemarin.


Seolah ingin menyindir maraknya penggunaan foto profil bendera Prancis, maka muncul kelompok "tandingan" yang terkesan menyindir mereka yang memasang foto profil negara perancis dengan membuat pernyataan misalnya, Kemarin saat bencana kabut asap di Kalimantan dan Sumatera kok tidak menggunakan bendera Indonesia sebagai foto Profile?"


Nah, demikian juga ada yang kemudian memasang bendera negara lain misalnya bendera Palestina di foto profilenya dengan alasan jika rakyat Palestina jauh lebih membutuhkan perhatian dunia daripada Prancis.


Dan saya fikir banyak sekali pihak yang mengganti foto profile mereka dengan foto yang lain. Bahkan ada juga yang memasang seluruh bendera di penjuru dunia di akun facebooknya dengan "candaan" jika mereka ingin menunjukan keprihatinan mereka dengan seluruh negara-negara yang tengah mengalami banyak musibah. Atau mungkin hanya sekedar sindiran untuk mereka yang hanya memasang satu foto bendera saja.


Nah, melihat fenomena disini, saya tidak ingin membahas terkait kontroversi hal tersebut diatas, namun saya prihatin kenapa hanya urusan yang seperti itu kok pake diributkan dan saling sindir di sosial media?


Kalau memang ingin pasang bendera Prancis kek, Palestina kek, Indonesia, kek, atau semua bendera di penjuru dunia ya silahkan, itu hak anda. Tapi maksud saya, tidak perlu disertai saling sindir dan terkesan menyudutkan kelompok lain.


Saya juga jadi berfikir dengan melihat gejala-gejala sosial ini, saya sangat khawatir jika masyarakat Indonesia sangat mudah terprovokasi hanya urusan-urusan seperti itu di sosial media, saya tidak bisa membayangkan betapa MUDAHNYA BANGSA INI DIADU DOMBA!


Benar-benar PRIHATIN!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.