Memilah dan Memilih Produk yang Aman saat Belanja Online

ilustrasi: loop.co.idBelanja online saat ini seolah menjadi kebutuhan dan tidak hanya sebatas gaya hidup di era modern.


Namun terkadang beberapa netizen kadang kurang bisa memilah dan memilih dalam melakukan belanja online.


Diantara mereka entah dengan pertimbangan gaya-gayaan atau malas berhati-hati atau karena alasan lain, akhirnya mereka terlalu dekat untuk menjadi korban penipuan dari transaksi online.


Saya sendiri hingga detik ini bisa dihitung dengan jari dalam melakukan transaksi dengan cara belanja online.


Hal tersebut bukan karena saya tidak percaya ketika belanja online, tapi lebih karena menyesuaikan dengan kebutuhan dan menyesuaikan produk-produk yang seperti apa yang harus saya lakukan melalui belanja online.


Dalam menentukan belanja online, saya akan melakukan belanja online, saya selalu mengambil keputusan yang lebih aman daripada hanya mengedepankan kemudahan.


Saya akan belanja secara online jika barang yang saya butuhak merupakan barang yang memang sangat sulit saya dapatkan secara offline.


Misalkan beberapa saat lalu saya melakukan belanja online salah satu kartu perdana internet dengan quota sekitar 110GB. Nah, saya beli produk seperti itu karena saat beli di kounter-kounter penjualan pulsa internet yang secara offline nyaris tidak saya temukan.


Akhirnya saya putuskan untuk beli online. Itupun saya tetap berhati-hati dengan melihat dan membaca testimoni konsumen. Saya juga melacak kebenaran alamat toko online tersebut melalui teman-teman saya yang berada di kotatoko online tersebut.


Setelah benar-benar memang toko online tersebut aman, maka saya putuskan membeli secara online. Dengan kehati-hatian tersebut saya bisa menerima barang yang saya beli secara online dengan aman.


Saya juga hampir tidak akan pernah beli produk yang di sekitar saya mudah sekali saya dapatkan. Misalnya beli HP, Laptop, Komputer, Kamera Digital, dan sejenisnya tersebut tidak akan mungkin saya beli secara online.


Alasanya gampang saja, untuk beli produk-produk yang seperti itu resikonya terlalu tinggi. Lah beli produk-produk tersebut kan sangat mudah ditemukan di sekitar saya, ngapain juga harus beli online.


Apalagi dengan beli secara offline biasanya pasti jauh lebih murah, walaupun terkadang lebih mahal, selisihnya sedikit. Keuntunganya lagi kita bisa ngecek langsung barang yang kita beli tersebut.


Namun semuanya memang kembali kepada diri anda masing-masing sih. Tapi ingatlah bahwa setiap keptusan anda untuk berbelanja online, anda juga tetap harus selalu siap menanggung resikonya.


Toko online yang sudah dipromosikan secara besar-besaran sekalipun toh tetap saja dalam testimoninya selalu saja ada KORBAN. Jadi tetap waspada saat memutuskan belanja online, jangan sampai anda jadi KORBAN!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.