7 Film Horor Paling Mengerikan yang Diangkat dari Kisah Nyata

Film Horor untuk sebagian orang tentunya sebuah film yang tidak pernah mereka tonton dengan alasan menakutkan da menyeramkan.


Namun sebaliknya, bagi pecinta film horor, semakin menakutkan dan mengerikan, maka buat pecinta film horror akan dianggap semakin seru dan membuat mereka puas ketika menyaksikan film-film horror yang menyeramkan tersebut.


Biasanya beberapa film horor dibuat berdasarkan imajinasi dari sang sutradara. Beberapa film horor yang dibuat dengan bukan dari kisah nyata dianggap kurang berkesan. 


Berbeda dengan film horor yang dibuat karena terinspirasi dari kisah nyata, itu baru menyeramkan dan penonton akan bisa lebih merasakan sensasinya.


Dari beberapa film horor yang terinspirasi dari kisah nyata, diantara film-film tersebut dibuat sama persis dengan jalan cerita kisah nyata, namun sebagian yang lain film horornya dibuat ada perbedaannya.


Berikut ini merupakan 7 Film Horor yang Diangkat dari Kisah Nyata dikutip dari beberapa sumber:


 


7 Film Horor yang Diangkat dari Kisah Nyata


 


#1. Child’s Play – 1988



Film ini dirilis di tahun 1988 dan menceritakan mengenai sebuah boneka pembunuh bernama Chucky. Boneka pembunuh ini sendiri sebenarnya hanyalah boneka biasa namun berisikan nyawa seorang pembunuh berantai bernama Charles Lee Ray yang ingin mendapatkan tubuh seorang anak kecil bernama Andy. Film Child’s Play sangatlah terkenal dan telah memunculkan beberapa sekuel yang sukses di box office. Siapa yang menyangka kalau ternyata film horror yang popular ini terinspirasi dari kisah nyata terkait sebuah boneka terkutuk bernama Robert Si Boneka atau Robert the Doll.


Di tahun 1903, anak kecil berumur 3 tahun, Robert Eugene Otto menerima sebuah boneka yang kemudian ia berikan nama Robert. Tidak lama sesudah ia menerima boneka itu, orang tua Otto mulai mendengar 2 suara yang datang dari kamar tidur anaknya. 1 adalah suara Otto, sedangkan 1 lagi adalah suara yang benar-benar berbeda, dimana pada saat ditanya Otto mengatakan bahwa itu adalah suara Robert si Boneka. Otto kemudian bertumbuh dewasa dan menikah, namun sayangnya ia tidak membuang boneka tersebut. Tidak jarang keluarga dan anak-anak Otto melihat seakan-akan boneka ini berlari dari ruangan yang satu ke ruangan yang lain, bahkan anak-anak Otto bersumpah bahwa boneka ini sering melihat mereka dari jendela kamar dan terkadang dari jendela yang berbeda.


Otto kemudian meninggal di tahun 1974 dan boneka ini kemudian dimiliki oleh seorang anak perempuan bernama Gene. Singkat cerita, Gene mengalami serangan mental yang luar biasa dan ia mengatakan bahwa di malam hari Robert si Boneka akan menyerang dirinya. Untuk kisah lengkapnya dapat dilihat di 10 objek terkutuk paling mengerikan di dunia. Sekarang Robert the Doll dapat disaksikan di Museum Fort East Martello, Florida, US.


Chucky dari Child’s Play: YouTube


 


#2. The Possession – 2012



Sebagaimana judulnya, The Possession menceritakan mengenai seorang gadis yang kesurupan dan terkutuk karena membeli sebuah kotak antik yang tanpa ia sadari sebenarnya berisikan roh yang sangat jahat. Kotak antik berisi roh jahat inilah yang dikenal dengan nama Dybbuk Box dan Dybbuk Box inilah yang merupakan inspirasi nyata dari film The Posession pada tahun 2012 ini. Jika kebanyakan film yang bertuliskan “Diangkat dari Kisah Nyata,” sebenarnya hanya taktik marketing semata maka film The Posession satu ini benar-benar terinpirasi dari sebuah kejadian nyata yang sangat mengerikan.


Pertengahan tahun 2000 adalah saat dimana kisah ternama mengenai kotak Dibbuk ini mulai muncul. Dimulai dari sebuah listing eBay terkait kabinet anggur dengan harga awal $1.00 namun akhirnya terjual hingga $300. Di kabinet tersebut ada sekumpulan rambut, sedikit receh, sekumpulan gelas anggur, bunga kering, dan beberapa ukiran granit. Si penjual, Kevin Mannis, mengatakan bahwa ia mendapatkan Kotak Dibbuk itu saat ia membeli sebuah rumah.


Nah, di sinilah kisah menariknya mulai muncul. Dalam perjalanan Mannis membawa pulang kabinet anggur tersebut, tiba-tiba saja ia mendapat telepon panik dan ketakutan bahwa salah satu tokonya diserang oleh orang misterius yang tidak pernah ditemukan. Karyawannya sangat ketakutan dan pada hari itu juga, para karyawan Mannis berhenti dan tidak pernah kembali. Sesudah kejadian itu, Mannis kemudian membersihkan kabinet anggur alias kotak Dibbuk itu dan memberikannya sebagai hadiah ke ibunya. Beberapa menit sesudah kabinet diberikan, ibunya langsung terkena stroke dan kehilangan kemampuan berbicara untuk selamanya. Ibunya kemudian menunjukkan bahwa kabinet itu adalah benda terkutuk.


Sebagaimana kepercayaan umum, untuk melepaskan roh jahat yang ada di benda seseorang, orang terkait harus mengalihkan kepemilikan benda tersebut ke orang lain. Singkat cerita, Mannis berkali-kali berusaha memberikan kabinet tersebut ke semua orang yang dikenalnya namun malah semua orang yang menerimanya ketakutan dan memberikannya kembali ke Mannis hingga akhirnyalah kabinet tersebut, Kotak Dibbuk ini dtaruh di eBay dan dibeli oleh seorang mahasiswa bernama Losif Nietzke. Losif kemudian mengalami hal yang sama hingga akhirnya kabinet ini diambil alih oleh seorang kurator museum Jason Haxton. Haxton mengatakan pada saat ia meninggal nanti, kuburkanlah Kotak Dibbuk ini bersamanya agar untuk selamanya kotak itu bisa lenyap dari dunia ini.


Trailer Film: YouTube


 


#3. The Exorcist – 1973



Film ini diangkat dari sebuah novel dan novel itu berdasar pada kisah nyata yang menceritakan pengusiran setan dalam diri seorang anak lelaki bernama Roland Doe di tahun 1949. Akhir cerita, dikatakan bahwa pengusiran setan tersebut berhasil dan Roland Doe dapat hidup normal kembali menjalani kehidupannya namun proses pengusiran tersebut sangatlah panjang dan menyeramkan.


Pada saat ia kecil, Roland Doe adalah sosok yang sangat dekat dengan bibinya, Harriet. Harriet kemudian memperkenalkan papan ouija kepada Roland untuk berkomunikasi dengan roh. Hingga pada akhirnya ketika Roland berumur 13 tahun, ia dikabari bahwa bibinya telah meninggal. Roland kemudian berusaha untuk berkomunikasi kepada bibinya melalui papan ouija, namun hal aneh mulai terjadi dimana barang-barang melayang, gambar Tuhan Yesus bergetar, dan perabotan dapat bergerak sendiri hingga akhirnya sebuah sosok iblis memasuki diri Roland. Pada saat pengusiran, ada banyak kejadian mengerikan yang terjadi dimulai dari Roland memuntahkan cairan hijau, tulisan neraka yang muncul di tubuh Roland, hingga ia merangkak terbalik.


Trailer Film: YouTube


 


#4The Girl Next Door – 2007



Dari semua film-film horror yang terinspirasi dari kisah nyata pada daftar ini, mungkin film inilah yang basis realitanya paling mengerikan dan tragis. Film The Girl Next Door menceritakan mengenai 2 orang gadis remaja yang tinggal bersama dengan bibi atau tante mereka. Tragisnya adalah bibi ini malah mengurung kedua gadis tersebut, memukul, dan menyiksa mereka. Bahkan ia memperbolehkan anaknya untuk memperkosa kedua gadis tersebut. Film ini didasarkan dari novel dengan judul sama karya Jack Ketchum yang juga didasarkan dari sebuah kisah nyata tragis.


Film horror ini diangkat dari kasus nyata Sylvia Likens. Selagi kedua orang tuanya harus pergi karena kondisi pekerjaan sebagai pemain sirkus, ia ditinggal bersama dengan teman orang tuanya, Gertrude Baniszweski. Gertrude, anak-anaknya, dan beberapa laki-laki lain kemudian menyiksa Sylvia sedemikian rupa hingga akhirnya Sylvia meninggal. Pihak berwajib mendeskripsikan kasus ini sebagai “Kejahatan terkejam yang pernah dilakukan di Indiana, US.” Akan tetapi film ada sedikit perbedaan antara film ini dengan kasus nyatanya, dimana Liken tidak pernah diperkosa melainkan secara lebih kejam dipaksa untuk menggunakan botol Coca-Cola sedimikian rupa di depan anak-anak Gertrude.


Trailer Film: YouTube


 


#5. THE AMITYVILLE HORROR [1979]



Sejauh ini, The mityville merupakan film horor terseram yang di ambil dari sebuah kisah nyata. Bermula dari seorang pemuda yang rentan terhadap penyalah gunaan narkoba Ronald deFeo jr (alias “Buth”) yang membantai seluruh anggota keluarganya pada suatu malam 14 November 1974 dengan mengunakan senjata api, disaat anggota keluarganya tertidur, pertama ia menembaki ayah dan ibunya yang sedang tidur di kamar mereka, diteruskan dengan membunuh saudaranya yang lebih muda. Menurut polisi, deFeo membunuh seluruh anggota keluarganya untuk mendapatkan sejumlah uang, tetapi banyak isu-isu yang berdar bahwa Defeo melakukan pembunuhan keji itu dikarenakan dia mendengar bisikan-bisikan gaib dari arwah yang ada di rumah tersebut.


Beberapa tahun kejadian setelah kejadian tersebut rumah yang menjadi peristiwa pembantaian keluarga itu didiami oleh keluarga Lutz. Mereka menemukan sebuah ruangan rahasia yang diyakini menyimpan sebuah misteri dari kejadian pembunuhan keluarga DeFeo dan tak lama setelah itu keluarga Fatz melarikan diri dari rumah tersebut tanpa alasan yang tak jelas.


Trailer Film: YouTube


 


#6. The Exorcism of Emily Rose [2005]



Merupakan film horror yang cukup sukses dan terkenal. Film ini menceritakan mengenai kisah dari seorang anak perempuan bernama Anneliese Michel yang meninggal pada tahun 1976. Terjadi perdebatan akan penyebab kematian dari anak perempuan tersebut, beberapa mengatakan bahwa pastur yang menangani anak perempuan ini melakukan kesalahan dalam memahami kondisi anak tersebut sehingga malah memaksakan Anneliese untuk berhenti mengkonsumsi obat psychotropic yang mempengaruhi halusinasi dari anak gadis tersebut. Sedangkan beberapa lainnya mempercayai bahwa yang menyebabkan kematian dari Anneliesse memang adalah iblis atau setan yang merasuki diri Anneliese.


Anneliese menunjukkan berbagai macam tanda dimana dirinya sedang dirasuki iblis, salah satunya adalah ketika dirinya meminum air seninya sendiri dan bahkan memakan laba-laba hidup. Keluarga Michel kemudian meminta bantuan seorang Pastur untuk melakukan pengusiran setan. Rekaman ketika Pastur melakukan pengusiran iblispun dibawa ke dalam pengadilan tersebut dimana disana ditunjukkan bahwa Anneliese mampu berbicara dalam bahasa latin ataupun bahasa lain ketika dirinya sedang dirasuki, bahkan ia juga menyebutkan sendiri bahwa terdapat 6 iblis yang merasuki tubuhnya yaitu Judas Iscariot, Lucifer, Hitler, Pendeta Fleischmann, Nero dan Cain.


Pengadilanpun memutuskan pembebasan atas pastur terkait setelah dirinya dipenjara selama 6 bulan dan tidak ada hukuman kepada orang tua korban dikarenakan mereka telah cukup menderita. Sampai saat ini kuburan Anneliese Michel masih menjadi salah satu objek suci di dunia, dan merupakan bukti akan kuasa Tuhan serta keberadaan iblis di dunia.


Trailer Film: YouTube


 


#7The Conjuring [2013]



Tahun 2013 dapat dikatakan sebagai tahun paling sukses bagi film The Conjuring. Film horror dengan budget yang relatif kecil ini memang sudah disebutkan secara jelas bahwa ia diangkat dari kisah nyata. Kisah nyata itu adalah mengenai keluarga Perron yang tinggal di rumah berhantu. Andrea Perron yang menghuni rumah berhanti tersebut menulis pengalaman horrornya melalui 3 buku karya tulisannya.


Bedanya adalah fokus dari film ini bukan berdasarkan pada keluarga Perron melainkan pasangan peneliti hal-hal gaib, Ed dan Lorraine Warren yang dimana mereka ingin menolong keluarga Perron. Kisah mengerikan ini dimulai ketika keluarga Perron pindah ke sebuah rumah peternakan peninggalan koloni di Harrisville pada tahun 1971. Perron dan keluarganya mengakui bahwa banyak kejadian aneh yang terjadi di rumah tersebut seperti bau bangkai, suara yang berusaha mengusir mereka, darah berwarna oranye, pintu yang tidak dapat ditutup, hingga kasur yang melayang sendiri pada jam 5.15 pagi.


Ketika Lorraine Warren mendatangi rumah tersebut dan melakukan investigasi pada bagian dapur dari rumah tersebut, ia merasakan sebuah kehadiran di tempat tersebut, dan namanya adalah Bathsheba. Singkat cerita, Warren berpendapat bahwa rumah tersebut dihantui oleh sosok bernama Bastheba Sherman. Sherman sendiri dikatakan adalah pemuja setan yang mengorbankan anaknya kepada Lucifer yang kemudian menggantungkan dirinya sendiri sebagai bagian dari ritual.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.