4 Cara Rahasia Sukses Memulai Bisnis dengan Modal Minim

ilustrasi: plus.google.comSaat ini saya ikut senang ketika melihat beberapa teman saya berani memutuskan keluar dari tempat kerjanya, kemudian mereka membuka usaha sendiri.


Beberapa teman saya tersebut sudah terlihat lebih sukses daripada saat dirinya menjadi karyawan. Bahkan dengan usaha yang dibukanya kini sudah memiliki tempat cabang serta merekrut beberapa karyawan. Itu artinya dirinya sudah mampu membuka lapangan kerja baru untuk orang lain.


Dari beberapa kali ngobrol, saya mendapatkan beberapa tips dari dia, secara garis besar dirinya mampu komitmen dan konsisten menjalankan bisnisnya, dirinya memiliki beberapa tips saat dirinya memutuskan membuka usaha dari awal hingga memiliki cabang seperti sekarang ini.


Setelah saya fahami, ternyata tips yang disampaikan oleh teman saya tersebut hampir sama dengan semua tips yang sudah pernah dibahas dalam banyak acara seminar bisnis, termasuk beberapa artikel tentang bisnis juga sudah membahas soal ini.


Saya juga ingin membookmark tulisan ini melalui blog saya ini, semoga saja mampu menginspirasi dan memotivasi anda atau siapapun yang ingin memulau membuka usaha baru.


Berikut ini merupakan empat tips yang semoga saja diharapkan mampu membantu untuk memulai bisnis baru walaupun dalam kondisi hanya memiliki dana terbatas:


#1. Membuka Bisnis Sesuai dengan Skill dan Hobby


Sepertinya jika sudah memiliki skill dan hobby kemudian dijadikan bisnis, maka itu artinya anda memiliki modal besar untuk menjadi seorang pengusaha. Silahkan anda caritahu bakat anda kira-kira apa, lalu jadikanlah itu menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan untuk anda.


Misalnya jika anda suka memasak, maka anda bisa memulainya dengan membuka bisnis kuliner. Jangan langsung dimulai dengan modal besar. Mulailah dari yang kecil sesuai kemampuan untuk selanjutnya anda terus melakukan inovasi agar usaha anda menjadi semakin besar.


 


#2. Promosi/Iklan


Saat ini sudah tidak perlu diajarkan lagi untuk urusan promosi. Saya pikir terlalu banyak sekali ide untuk membuat promosi. Anda bisa melakukan promosi usaha anda mulai dari facebook, twitter, blog/web, membuat brosur, dan masih banyak lagi cara untuk mengenalkan produk anda agar disuka pembeli.


 


#3. Hindari Rasa Pesimis, Bangun Pribadi Optimis dan Kreatif


Kata pesimis adalah kunci terbesar banyak pengusaha-pengusaha pemula yang GAGAL. Lihatlah semua orang-orang gagal, bisa dipastikan mereka adalah orang yang selalu berfikir dan terlalu sering pesimis sehingga mereka harus gagal ketika menghadapi berbagai kesulitan saat menjalankan bisnis.


Jika memang anda ingin membangun bisnis dan memulai terjun untuk membuka usaha, maka yang harus anda bangun adalah pribadi yang memiliki kepribadian yang selalu optimis, apapun yang terjadi dalam bisnis anda, yang harus anda lakukan adalah rasa Optimis. 


Memiliki rasa optimis saja juga belum cukup, dalam menjalankan bisnis, diperlukan kreatifitas dan inovasi. Apalagi jika anda membuka usaha baru, maka kreatifitas dan inovasi menjadi mutlak dibutuhkan.


Anda harus memastikan bahwa produk/jasa yang anda jual harus memiliki nilai inovasi dan kreatifitas yang tidak dimiliki oleh pelaku bisnis yang lainya.


 


#4. Berdoa dan Melibatkan Tuhan


Saya pikir setiap kita memiliki kepercayaan bahwa sehebat apapun bisnis anda, tanpa adanya campur tangan Tuhan, maka bisnis anda tidak akan mungkin bisa berjalan dengan lancar. Selalu perbanyak do'a dan seringlah mengikuti aturan-aturan Tuhan dan jangan melanggaar aturan-aturan yang dilarang oleh Tuhan.


Dari keempat tips diatas, maka yang tidak kalah penting dari semua itu, yang harus anda lakukan saat ini yaitu, MEMULAI!


Anda tentunya masih ingat nasihat Bob Sadino ketika ditanya bisnis apa yang paling baik saat ini, maka Bob Sadino dengan tegas menjawab yaitu Bisnis yang MULAI DILAKUKAN DETIK INI JUGA! 


Semoga tulisan diatas mampu membangkitkan semangat untuk anda yang ingin memulai bisnis walaupun dengan modal terbatas. Kalau saya pribadi sih modal bisnisnya cukup beli domain dan hosting saja, atau blog gratisan hehe :-)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.