Kicauan AA Gym di Twitter ini Sindir Siswa, Guru, dan Mutu Pendidikan?

Kicauan AA Gym di Twitter ini Sindir Siswa, Guru, dan Mutu Pendidikan Indonesia?


Apakah anda sudah membaca status Aagym beberapa saat lalu?


Saya agak heran karena menurut saya ini jarang atau memang belum pernah saya membaca ungkapan Aagym di twitetr soal ini.


Emangnya soal apa sih?


Itu loh terkait "kicauan" Aagym yang berbunyi begini,


"SD 6 tahun, SMP 3 tahun, SMA 3 tahun kuliah 5 tahun, 17 tahun belajar, tapi masih buang sampah seenaknya, belajar apa saja ya ??"


 






Entah apa yang menyebabkan seorang Aagym harus membuat status di twitter tersebut.


Namun satu yang pasti, saya menduga sangat mungkin para guru dan semua pihak yang memang seharusnya menjadi penanggungjawab atas terselenggaranya pendidikan di Indonesia akan membuat sanggahan, "ITU BUKAN SALAH KAMI".


Saya sendiri juga tidak akan menyalahkan anda kok, tidak ada gunanya juga menyalahkan. Toh masyarakat juga pada akhirnya yang menilai sendiri.


Memang kalau saya amati, seringkali kalau ada siswa berprestasi, maka dengan SANGAT BANGGA, para guru langsung beramai-ramai "MEMBUSUNGKAN DADA MEREKA" jika siswa berprestasi itu adalah MURID SAYA! dan SAYALAH GURUNYA!


Tapi sebaliknya, jika ada kabar buruk tentang anak didiknya, misalnya pelajar tawuran, pelajar mabuk-mabukan, pelajar balapan liar, pelajar pesta sekks, dan berbagai keburukan anak didiknya, DENGAN BERPALING MUKA sang guru tersebut akan berkata, Itu BUKAN KESALAHAN SAYA SEBAGAI GURU!


Hal ini juga yang sepertinya terjadi di sekitar kita, termasuk soal urusan kebiasaan BURUK masyarakat Indonesia yang masih saja tetap BUANG SAMPAH SEMBARANGAN.


Kembali kepada "kicauan AAgym diatas, saya mungkin bisa merasakan keprihatinan seorang sosokAagym sampai mengeluarkan statement seperti itu. Hal ini juga yang membuat saya berfikir, sejauh mana peran sekolah mulai dari PAUD, TK, SD, SLTP, SLTA, hingga perguruan tinggi dalam mensosialisasikan pengetahuan dan implementasi di lapangan tentang bagaimana supaya mereka yang sudah mengenyam pendidikan agar jangan sampai buang sampah sembarangan?


Tapi, entahlah......

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.