Mudik GRATIS: Kenyamanan, Keamanan dan Keselamatan Harus DIUTAMAKAN

Mudik GRATIS: Kenyamanan, Keamanan dan Keselamatan Harus DIUTAMAKAN


Hingar bingar suasana mudik sudah mulai terasa, tiket kereta api dan pesawat juga sudah dikabarkan sudah habis.


Bagi seorang perantau, informasi mudik gratis tentunya sebuah informasi yang sangat dicari dan dinanti. Tak jarang berbagai kalangan pemudik saling adu cepat untuk bisa mendapatkan informasi tentang mudik Gratis 2015.


Saya sendiri barusaja mencoba informasi terkait dengan mudik gratis, ternyata hampir rata-rata semuanya sudah habis. Hal ini membuktikan bahwa keberadaan mudik gratis ternyata memang memberikan manfaat yang luar biasa untuk para perantau yang akan mudik.


Selain memiliki manfaat dari segi penghematan, dengan adanya Mudik Gratis ini juga dinilai mampu mengurangi resiko terjadinya kecelakaan jika dibandingkan harus menggunakan sepeda motor.


Namun walaupun demikian, bukan berarti ketika mengikuti rombongan mudik Gratis pemudik menjadi lengah dengan adanya resiko kecelakaan dan bahaya yang tetap bisa mengancam pemudik.


Para penyedia program mudik gratis juga tetap harus memberikan bus yang nyaman, aman, serta menjamin keselamatan untuk para pemudik gratis.


Agar para peserta mudik gratis benar-benar merasakan kenyamanan, keamanan, dan keselamatan saat mudik nanti, berikut saya ingin sedikit berbagi tips untuk para calon pemudik gratis:


Persiapan Sebelum Mudik


Carilah bus atau kereta mudik gratis dari perusahaan yang jelas dan legal serta terpercaya.


Hal tersebut penting karena dengan mengikuti program mudik dari perusahaan-perusahaan yang populer dan terkenal, maka biasanya fasilitas bus akan lebih baik. Bahkan tidak jarang perusahaan tersebut juga bagi-bagi hadiah untuk para pemudik.


Jika anda sudah memastikan mendapatkan tiket mudik gratis, simpanlah tiket tersebut di tempat yang dirasa aman dan tidak lupa. Hal ini juga penting, jangan sampai anda kelupaan atau kehilangan tiket mudik gratis anda saat waktu pemberangkatan nanti tiba. Bisa-bisa anda gagal ikut mudik gratis hanya karena keteledoran anda sendiri.


Bawalah Bekal Secukupnya, Jangan Berlebihan


Untuk meminimalisir terjadinya kelelahan dan ketidaknyamanan saat ikut mudik gratis, saya sarankan tidak perlu bawa bekal yang berlebihan. Apalagi kalau bicara oleh-oleh, lebih baik beli oleh-oleh yang memang oleh-oleh tersebut di kota tujuan mudik anda nanti tidak ada. Misalnya kalau anda di Jakarta, maka cukup beli oleh-oleh khas jakarta. Jangan beli Syrup, roti bermerk, dan oleh-oleh lain yang sebenarnya di kota anda juga pasti ada.


Dengan bawaan yang secukupnya, anda tidak perlu capek-capek bawa beban yang begitu banyak. Dengan seperti itu anda akan merasa nyaman saat sudah sampai di Bus. Hal itu juga bisa mengurangi beban bus mudik gratis yang anda tumpangi. Bayangkan kalau setiap peserta mudik gratis masing-masing membawa barang bawaan yang berlebihan, tentunya itu bisa membahayakan tidak hanya diri anda sendiri tapi seluruh penumpang bus.


Awas Copet dan Tindak kejahatan Musiman Khas Jelang lebaran


Ketika anda akan melakukan mudik gratis, anda harus benar-hati-hati dengan bawaan anda. Bawalah uang cash secukupnya saja. Selalu waspada dengan tindak kejahatan seperti pencopetan, pembiusan, jambret, penodongan, dan yang sejenisnya yang itu memang selalu marak saat jelang lebaran.


Lokasi-lokasinya biasanya saat ada di area pemberangkatan, dan saat nanti di berbagai tempat pemberhentian atau tempat istirahat bus selama perjalanan mudik. Di Lokasi-lokasi tersebut anda harus lebih hati-hati.


Jangan lupa ketika ingin tertidur, pastikan dompet, HP, dan barang-barang berharga harus dipastikan dalam keadaan aman. Karena bisa saja sesama pemudik ketika ada kesempatan, bisa saja mereka tiba-tiba menjadi pelaku kejahatan.


Ingatkan Jika Sopir Bus Mengantuk atau Ugal-ugalan


Sebagai peserta mudik gratis, kewaspadaan juga harus dijaga. Caranya dengan tetap ikut memperhatikan gaya mengemudi dari supir bus yang anda naiki. Jika ada tanda-tanda sopir bus mengantuk, selalu ingatkan agar bergantian atau beristirahat terlebih dahulu.


Jika sopir ugal-ugalan dan membahayakan dalam mengemudi, anda juga harus berani menegur dan mengingatkan si sopir agar lebih berhati-hati dalam mengendarai bus yang membawa puluhan nyawa pemudik lainya termasuk nyawa anda.


Nah, mungkin masih banyak lagi hal-hal yang perlu anda perhatikan saat mengikuti mudik gratis. Namun dari beberapa tips diatas, semoga mampu memberikan kewaspadaan dan kesiapan serta kehati-hatian para pemudik sehingga bisa mudik dengan aman, nyaman, serta mengutamakan keselamatan hingga akhirnya mampu merayakan lebaran di kampung halaman.


Untuk anda yang akan mengikuti program mudik gratis, saya ucapkan selamat mudik dan tetap waspada dan hati-hati di jalan. Semoga selamat sampai tujuan. Amiiiiin


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.