Bukan Lagi Negara Berkembang, Indonesia Disebut Negara Industri Baru

Indonesia Mendapatkan Julukan Baru sebagai Negara Industri Baru, Tapi Belum Termasuk Negara Maju!


Saya awalnya agak kaget ketika membaca salah satu tulisan yang beredar di netizen yang menyebutkan jika Indonesia sudah termasuk menjadi Negara Maju dan bukan disebut sebagai negara Berkembang.

Bahkan dalam tulisan tersebut menyebutkan dalam awal tulisan mengucapkan ucapan "Selamat" dengan julukan baru Indonesia sebagai negara Maju.

Saya akhirnya penasaran juga dan ingin membuktikan atas tulisan tersebut yang ternyata mengutip dari wikipedia.

Rasa penasaran saya akhirnya menemukan tulisan dari wikipedia yang jelas-jelas disana hanya menyebutkan jika Indonesia baru masuk sebagai Kategori "Negara Industri Baru".

Ditegaskan juga dlam penjelasan Wikipedia jika negara-negara yang masuk dalam kategori sebagai Negara Industri baru adalah klasifikasi negara yang mempunyai perekonomian sangat baik namun belum mencapai tahap negara maju.

Syarat lain sebuah negara dikatakan negara industri baru adalah berdasarkan hasil ekspornya.

Walaupun baru disebut sebagai Negara Industri Baru dan belum disebut sebagai negara maju, mungkin memang ada beberapa pihak yang merasa bangga. Namun hal tersebut menurut saya pribadi masih terlalu dini untukikut berbangga.


Negara-negara yang masuk kategori Negara Industri Baru |sumber: wikipedia



Karena mungkin boleh saja kita berbangga atas sebutan baru Indonesia yang tidak lagi disebut sebagai negara berkembang melainkan mendapatkan julukan sebagai Negara Industri Baru. Namun pihak pemerintah jangan hanya terpaku bangga dengan julukan baru ini karena di negeri ini masih menumpuk permasalahan-permasalahan lain yang hingga detik ini tidak ada kepastian akan berakhir.

Beberapa permasalahan tersebut mulai dari penegakan hukum, Korupsi, masih banyaknya import produksi pertanian, rumitnya birokrasi, dan berbagai permasalahan lain yang harus segera diselesaikan.

Terlebih menurut para pakar dunia, beberapa negara-negara Industri Baru di tahun 2050 diprediksi akan memimpin memimpin perekonomian dunia diantaranya yaitu Tiongkok,India,Brasil dan Meksiko. Saya pikir seharusnya Indonesia juga mampu mengambil kesempatan dan peluang bagus ini.

Dengan cara itu juga, diharapkan pada saatnya Indonesia benar-benar kembali naik kelas mendapatkan julukan baru sebagai NEGARA MAJU!

Harapan diatas bisa saja terwujud jika negeri ini memiliki pemerintahan yang baik dan didukung juga dengan SDM yang baik lagi bermoral. Namun jika mutu SDM dan Moral penduduk dan pejabatnya rusak, maka harapan diatas selamanya hanyalah MIMPI!


Dibawah ini saya lampirkan Negara-negara yang termasuk mendapat julukan sebagai Negara Industri Baru:



  • Afrika Selatan

  • Mexico

  • Brazil

  • RRT

  • India

  • Malaysia

  • Filipina

  • Indonesia

  • Thailand

  • Turki


Dari data tersebut diatas, lagi-lagi Indonesia masih KALAH dari Malaysia dan Filipina!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.