5 Artis Indonesia yang Sukses Tanpa Kuliah

5 Artis Indonesia yang Sukses Tanpa Kuliah


Memang pendidikan itu sangatlaha penting. Namun harus difahami bahwa Pendidikan itu sebenarnya BISA DIDAPATKAN tidak harus hanya dari sekolah dan bangku kuliah saja.


Beberapa karir seseorang memang untuk karir tertentu banyak yang harus bisa dicapai dengan jalur pendidikan. Misalnya mulai dari karir Dokter, Polisi, Tentara, Pengacara, Hakim, Perawat, dan masih banyak lagi yang lainya yang memang hanya bisa diraih ketika orang tersebut memiliki pendidikan yang memang disyaratkan untuk profesi tersebut.


Jadi jika anda memang memiliki cita-cita dan meraih sukses melalui profesi yang mengharuskan anda sekolah, anda harus ikuti proses dan aturan tersebut.


Namun diluar itu, banyak juga saat ini karir dan profesi yang tidak terlalu membutuhkan atau melihat pendidikan [sekolah] kita. Salah satunya yaitu ada pada dunia entertainment atau di kalangan artis.


Tanpa sekolah yang tinggi sekalipun, tidak jarang beberapa artis mampu membuktikan jika mereka juga mampu sukses.


Namun HARUS DICATAT dan difahami bahwa, walaupun mungkin sekolah mereka tidak sampai pada sekolah di perguruan tinggi. Namun bisa dipastikan para artis sukses ini tetaplah "BERPENDIDIKAN". Berpendidikan yang saya maksud disini bahwa pendidikan tidak hanya bisa diperoleh dalam bangku sekolah saja.


Berikut ini merupakan daftar 5 Artis Indonesia yang Sukses Tanpa Kuliah yang saya kumpulkan dari berbagai sumber.


5 Artis Indonesia yang Sukses Tanpa Kuliah


 


#1 Tukul Arwana



Tukul Riyanto, atau lebih dikenal dengan nama Tukul Arwana (lahir di Purwosari, Semarang Utara, 16 Oktober 1963; umur 51 tahun) adalah seorang pelawak dan pembawa acara Indonesia. Tukul dikenal dengan acara Bukan Empat Mata yang dibawakannya. Selain menjadi pelaku hiburan, Tukul juga merintis usaha yang bergerak di bidang hiburan, yang bernama "Ojo Lali Entertainment", di bidang kuliner, yang bernama "Bakso Tukul Arwana", dan juga mempunyai beberapa tempat kost dan rumah kontrakan.


Namun sebelum menikmati kesuksesanya, Ada kisah mengharukan penuh dengan penderitaan yang harus dilalui dan diperjuangkan oleh seorang Tukul Arwana.


Setelah lulus SD, putra ketiga dari pasangan Abdul Wahid dan almarhumah Sutimah itu melanjutkan sekolahnya ke SMP Muhammadiyah Indraprasta. Namun, pada saat Tukul duduk di bangku kelas III, orang tua angkatnya, Suwandi mengalami kesulitan ekonomi. Bahkan, rumah yang selama itu ditempatinya harus dijual.


Puncaknya, saat menuntut ilmu di SMA Ibu Kartini, Jalan Sultan Agung, Semarang, Tukul mulai kesulitan untuk membayar biaya sekolah. Tukul pun mulai mencari pekerjaan untuk membiayai sekolahnya.


Selepas SMA, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, selain melawak ia juga pernah bekerja sebagai supir angkutan (jurusan Johar-Panggung di Semarang). Setelah dua tahun, Tukul berganti pekerjaan menjadi supir truk gas elpiji di daerah Tanah Mas, Semarang Utara selama dua tahun, sebelum akhirnya kembali menjadi supir angkutan. Setelah berganti-ganti pekerjaan, Tukul akhirnya memuntuskan untuk hijrah Jakarta atas ajakan temannya Joko Dewo dan Tony Rastafara sekitar tahun 1992.


 


 


#2 Aziz Gagap



Meski tak berpendidikan tinggi, saat ini Aziz Gagap termasuk komedian yang berhasil meraih sukses di dunia hiburan Tanah Air.


Menurut pengakuannya, pemilik nama lahir Muhammad Azis itu hanya menyelesaikan pendidikan di bangku sekolah sampai tamat SD. Aziz tak melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi bukan karena nakal atau pemalas. Tapi lebih karena kondisi ekonomi orangtua yang tak memungkinkan.


"Karena dulu keluarga Aziz ada 7 (anak), orangtua pekerjaannya juga nggak cukup. Jadi seadanya aja. Akhirnya belajar otodidak, pekerjaan apapun dibuat jadi pelajaran," tutur pria kelahiran 40 tahun silam, saat ditemui di Studio Guet, Perdatam, Jakarta Selatan, Rabu (15/1).


Sadar dirinya hanya tamatan SD, Aziz lebih banyak belajar secara otodidak. Pendidikan formal memang sangat penting, tapi semangat untuk terus belajar di luar ruang sekolah diyakninya juga tak kalah penting.


"Kalau kita bicara pendidikan, lihat manusianya juga. Walau punya pendidikan tinggi, tapi kalau nggak punya kemauan dan semangat untuk berubah, ya nggak mungkin jadi orang sukses," terang komedian OVJ itu.


 


 


#3 Inul Daratista



Penyanyi dangdut Inul Daratista mengakui jika dirinya tidak menempuh sekolah SMA. Inul pernah menegaskan jika dirinya hanya menempuh sekolah akhir di SMP.


"Saya hanya punya ijazah SMP. Jadi nggak mau macam-macam buat mencalonkan diri jadi pejabat," kata Inul dalam sebuah kesempatan.


Namun dengan ijazah SMP-nya, Inul membuktikan jika dia mampu sukses dan kini memiliki bisnis gurita lewat karaokenya yang tersebar di berbagai kota besar Indonesia, Inul Vizta.


 


 


#4 Aliando Syarief



Bintang Ganteng-ganteng Serigala, Aliando Syarief adalah salah satu artis yang memutuskan untuk tidak melanjutkan sekolahnya di SMA Marthia Bakti. Aliando mengatakan jika keinginannya menjadi seorang aktor telah membuatnya memilih untuk meninggalkan sekolah. Itulah hidup. Terkadang kita juga harus memilih dan memutuskan meski terkadang berat.


"Itu keputusan yang berat, akhirnya gue putuskan untuk tak melanjutkan sekolah," kata Aliando.


Untuk memutuskan berhenti sekolah, Aliando terpaksa harus melibatkan anggota keluarga lain untuk berembuk. "Saking beratnya gue sama keluarga ngumpul cuma rapatin berhenti sekolah. Selama seminggu kita rapatin. Akhirnya gue nggak sekolah," kisahnya.


 


 


#5 Zaskia Gotik



Pedangdut Zaskia Gotik sempat diberitakan hanya menempuh pendidikan sampai tingkat SD. Kehidupan yang getir di masa muda, memuat Zaskia harus melupakan pengalaman berada di bangku SMP dan SMA. Kini dengan dirinya yang makin sukses, Zaskia mengurai mimpi bisa meraih ijazah SMP dan SMA dengan ujian paket kesetaraan.


"Neng mau ambil sekolah paket B terus paket C (setara SMA). Mau jadi perempuan yang lebih baik," kata Zaskia beberapa waktu yang lalu.


Tidak hanya pendidikan sekolah saja, mantan tunangan Vicky Prasetyo itu juga berencana mengikuti les bahasa Inggris. Ia tidak memungkiri jika dirinya masih memiliki kekurangan dalam penggunaan bahasa internasional itu.


Pasalnya, bahasa Inggris merupakan salah satu modal utama demi mengikuti perkembangan zaman dan tidak ketinggalan arus globalisasi. "Aku juga mau kursus bahasa Inggris, biar jadi wanita yang lebih baik lagi," tuturnya.


Dari kisah selebriti diatas semoga saja pembaca bisa termotivasi bahwa untuk meraih sukses dan karir sebenarnya memang semuanya butuh ILMU, yang Ilmu tersebut bisa didapat darimanapun. Namun harus dicatat sebagaimana dalam pengantar diatas bahwa karir dan kesuksesan yang dimaksudkan harus disesuaikan dengan profesinya.


Jadi tidak mungkin jika anda ingin menjadi Dokter, Polisi, Tentara, pengacara, tapi anda tidak sekolah atau kuliah yang memang harus disyaratkan oleh profesi-profesi tersebut.


Jadi jika anda memang tidak suka sekolah apalagi kuliah, namun ingin tetap sukses, jadilah pengusaha, programmer, atau yang lain yang ilmu-ilmu tersebut bisa didapat tidak hanya dari bangku kuliah saja, termasuk contoh sukses dari artis-artis diatas.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.