Persiapan Menghadapi Kemacetan Internet 5 Tahun Kedepan dan Solusinya

Persiapan Menghadapi Kemacetan Internet 5 Tahun Kedepan dan Solusinya


Ilustrasi |corbettreport.comBicara kemacetan, Tidak hanya Jakarta saja yang bisa macet. Jaringan internet yang kita gunakan juga bisa macet. Mungkin saat ini saja beberapa pihak sudah banyak yang mengeluhkan koneksi internetnya yang super lelet dan serasa macet. Bagaimana dengan lima tahun kedepan?


Internet kini telah menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi, apalagi di era sekarang ini. Pada jaman dimana teknologi semakin berkembang pesat, maka internet juga akan berkembang pula. Namun sungguh disayangkan, dalam kurun waktu sekitar 5 tahun kedepan, jaringan internet dunia diprediksi mengalami kemacetan.


Penyebab


Lalu apa penyebab dari kemacetan jaringan internet ini?


Sebenarnya penyebabnya sudah jelas, kemacetan internet terjadi akibat meningkatnya jumlah pengguna internet tanpa diimbangi dengan peningkatan kapasitas infrastruktur kabel serat optis yang menghubungkan jaringan internet seluruh dunia.


Sebelum membahas lebih lanjut, perlu diketahui bahwa jaringan internet yang kita gunakan ini tidak hanya mengandalkan satelit namun juga mengandalkan kemampuan kabel serat optis yang berada didalam laut.


gambar: bidnessetc.com


Nah, kabel serat optis yang ada saat ini hanya mampu menangani data transmisi sekitar 100 terabit per satuan detiknya. Sekilas ini terkesan besar, namun dalam kurun waktu 5 tahun kedepan, kemampuan kabel serat optik dalam mengatasi laju lalu lintas internet tidak akan memadai sehingga menimbulkan ketidakseimbangan.


Arus alur yang tidak seimbang antara pengguna yang diluar kapasitas kabel serat optis inilah yang nantinya membuat jaringan internet tidak stabil. Selain dari segi pengguna, segi konten dalam internet juga berpengaruh terhadap laju kecepatan internet.


Semakin tinggi dan semakin banyak pengguna internet yang menggunakan konten berukuran besar, menjadi faktor pemicu kemacetan jaringan internet untuk 5 tahun kedepan.


Solusi dan Antisipasi


Lalu apa yang harus dilakukan agar kondisi internet dalam 5 tahun kedepan tidak mengalami kemacetan?


Dari beberapa penyebab yang dijabarkan tadi bisa ditarik kesimpulan awal untuk solusi yang harus dilakukan untuk mengantisipasi krisis internet beberapa tahun kedepan seperti:


Menambah kekuatan kabel serat optik


Karena penyebab utamanya adalah kapasitas dari kabel serat optik yang sudah tidak lagi seimbang, maka solusinya adalah memperkuat kabel serat optik tersebut dengan menambah kekuatan cahaya didalamnya. Nah, sayangnya tambahan kekuatan cahaya ini akan beresiko besar karena mengakibatkan lambatnya dalam proses pemuatan data dan ini berakibat pada leletnya jaringan.


Mengganti kabel serat optik


Peningkatan pengguna internet dalam kurun waktu terakhir yang tidak berimbang harus segera diimbangi dengan kekuatan kabel serat optik yang baru. Nah, salah satu solusi yang paling baik adalah dengan mengganti kabel serat optik yang ada sekarang ini dengan kabel serat optik yang lebih besar. Nah, jika mengganti kabel serat optik, pastinya ini akan membutuhkan waktu yang lama dan memungkinkan pembatasan penggunaan internet di beberapa negara dan akibatnya jaringan internet di Indonesia juga semakin lelet.


Dari dua opsi diatas masih terlihat kekurangan dari setiap opsi yang ada. Yang pasti ini akan menjadi sebuah pekerjaan rumah bagi para ahli jaringan dan juga ilmuwan di seluruh dunia untuk segera menemukan solusi yang terbaik.


Jika tidak segera dipastikan bagaimana solusinya maka prediksi ini akan menjadi kenyataan, dan pastinya banyak infrastruktur yang juga mengalami kemacetan seiring dengan kemacetan jaringan internetnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.