Perbedaan Waktu Puasa Tercepat dan Terlama di Berbagai Negara

Perbedaan Waktu Puasa Tercepat dan Waktu Puasa Terlama di Berbagai Negara


Umat Muslim di Chili berpuasa hanya sekitar 9 jam, sedangkan umat muslim di Islandia harus berpuasa sekitar 22 jam lamanya. Anda pilih dimana? :-)Orang muslim di seluruh belahan bumi ini pada bulan ramadhan melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh. Untuk di Indonesia, terkadang kalau dibuat rata-rata, lama dan waktu berpuasa sekitar antara 13-14 jam.


Hal tersebut dikarenakan orang muslim berpuasa mulai dari pagi hari hingga tenggelamnya matahari. Nah, kebetulan saja, di Indonesia sendiri memang untuk pergantian hari setiap datang bulan ramadhan, rata-rata memang waktunya hanya sekitar 13-14 jam.


Namun tahukah anda bahwa ternyata antara waktu [lama] umat muslim dalam berpuasa di berbagai negara tentunya berbeda-beda. Dari perbedaan tersebut, ada yang berpuasanya hanya sebentar sekitar hanya 9 jam, tapi ada juga umat muslim yang berpuasa hingga selama 22 jam.


Kenapa kok bisa berbeda-beda?


Setelah saya baca-baca dan cari tahu tentang penjelasan ilmiah terkait perbedaan tersebut, ternyata hal ini dikarenakan dalam aktivitas perputaran bumi‬ dalam mengelilingi matahari tidak lurus, melainkan miring.


Aktivitas bumi dalam mengelilingi matahari yang bersifat miting tersebut kemudian mengakibatkan dalam waktu-waktu tertentu [misalnya pada bulan Maret September], negara-negara yang berada di belahan bumi sebelah utara akan menerima cahaya matahari lebih lama daripada belahan bumi yang berada di bagian selatan.


Sedangkan pada waktu yang lain [bulan Oktober Februari] negara-negara yang berada di bagian belahan bumi sebelah selatan akan menerima cahaya matahari lebih lama dari bagian bumi yang berada di bagian utara].


Karena pengaruh itulah kemudian di beberapa negara dalam menjalankan ibadah puasa, waktunya berbeda-beda.


Agar lebih tahu tentang perbedaan waktu lama dan pendeknya waktu umat muslim dalam berpuasa di berbagai negara, berikut ini saya lampirkan daftar waktu puasa tercepat dan waktu puasa terlama di berbagai negara.


Data ini sudah saya urutkan dari yang urutan negara yang paling cepat dalam menjalankan ibadah puasa, sampai pada negara-negara yang paling lama dalam menjalankan ibadah puasa.



  1. Chili 9 jam 43 menit

  2. Australia 11 jam 24 menit

  3. Brazil 12 jam 41 menit

  4. Indonesia 13 jam

  5. Malaysia 13 jam 34 menit

  6. Nigeria 14, 04 jam

  7. India 14,39 jam

  8. Arab Saudi 14,54 jam

  9. Bangladesh 15,04 jam

  10. Pakistan 15,10 jam

  11. New York-Amerika Serikat 16,46 jam

  12. Chicago 16,57 jam

  13. Dearbon, Amerika Serikat 17,02 jam

  14. Cina 17,03 jam

  15. Turkey 17,15 jam

  16. Kanada 17,17 jam

  17. Inggris 18,55 jam

  18. Jerman 19,03 jam

  19. Alaska, Amerika Serikat 19,45 jam

  20. Swedia 20,17 jam

  21. Islandia 22 jam


Setelah membaca informasi diatas, kalau saya tanyakan kepada anda, kira-kira anda ingin menjalankan ibadah puasa yang waktunya paling cepat yaitu hanya 9 jam seperti di negara Chili, atau anda ingin menjalankan ibadah puasa yang waktu puasanya terlama yaitu sekitar 22 jam seperti yang dilakukan oleh umat muslim di Islandia?


Silahkan dijawab di dalam hati sendiri masing-masing ya :-)


Selamat menjalankan ibadah puasa.....


Jika tulisan ini dinilai bermanfaat, silahkan dibagikan dan disebarkan sebagai pengetahuan, semoga bermanfaat :-)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.