Kalah 5-0 dari Thailand, Akhiri Perjuangan Timnas Garuda U-23

UPDATE! Timnas Garuda Kalah Telak 5-0 dari Vietnam, Puncak Keputusasaan?


Kalah 5-0 dari Thailand, Akhiri Perjuangan Timnas Garuda U-23


Timnas U-23 |gambar: detikFotoSaat menang menghadapi Singapura 1-0 pada babak sebelumnya, saya sangat berharap ketika berhadapan dengan Thailand di ajang Semi Final Sea Games Indonesia akan menang sehingga lolos ke Final.


Bahkan saya juga berharap Indonesia akan mampu menang ketika menghadapi Myanmar di Final Sea Games 2015 sebagai ajang "balas dendam" terhadap Myanmar saat menerima kekalahan pada babak penyisihan Group A.


Namun semua harapan saya semalam ternyata hilang bersamaan kekalahan telak Timnas Garuda U-23 dengan skor 5-0 tanpa balas.


Sejak melihat permainan dari menit-menit pertama, saya sendiri memang sudah harus mengakui keunggulan Thailand sudah begitu terlihat. Dominasi permainan dan juga penguasaan Ball Position juga menunjukan jika Thailand memang lebih unggul.


Namun sebagai pendukung Timnas U-23, saya tetap berharap banyak Timnas garuda mampu menunjukan permainan terbaiknya.


Hingga akhirnya saat gol pertama Thailand di sekitar menit kesebelas, sejak itu ketakutan saya atas kekalahan Timnas U-23 semakin menguat. Terlebih saya secara pribadi sudah mengamati permainan U-23 memang jika sudah kebobolan, permainan mereka langsung mudah terlihat kacau dan banyak mengalami kesalahan.


Ketakutan saya terbukti, pasca kebobolan 1-0, permainan timnas Garuda begitu sangat kacau. Bahkan dengan sangat leluasa, para pemain Timnas Thailand bisa dengan begitu leluasa melakukan umpan-umpan pendek di daerah pertahanan belakang Timnas U-23.


Dengan kondisi yang seperti itu, tidak berlebihan ketika Thailand mampu melihat titik lemah Timnas Garuda sehingga dengan mudah juga Thailand mampu menambahkan gol demi gol hingga mengakhiri skor telak 5-0.


Pasca kekalahan ini saya sendiri juga tak ingin menyalahkan Timnas U-23. Saya juga sadar betul bahwa kondisi PSSI yang seperti sekarang, sudah pasti juga berpengaruh terhadap kosentrasi Timnas Garuda U-23.


Kalau saya egois sebagai pecinta sepak bola Indonesia, mungkin saya akan tetap menyalahkan permainan Timnas Garuda U-23. Namun saya sadar dan tahu betul bagaimana dengan kondisi Timnas U-23 yang dalam tekanan dan bayang-bayang sanksi FIFA atas PSSI, tentunya keberhasilan Timnas U-23 yang mampu mencapai Semi Final, tentunya menurut saya ini sudah baik.


Saya berharap, kepada pemerintah melalui Kementrian Pemuda dan Olah Raga maupun pihak PSSI, mohon hentikan ego kalian dan ambisi kalian untuk memperjuangkan "kepentingan" kalian atau kelompok kali8an semata.


Anda [baca: Kemenpora dan PSSI] boleh saja di depan media selalu berkoar-koar jika apa yang anda lakukan pasti demi kemajuan sepak bola Indonesia. Tapi faktanya, bagi kami melihatnya tidak demikian.


Kami hanya ingin bukti, jika kalian memang ingin memajukan persepakbolaan Indonesia, tentunya pasti kondisi PSSI tidak "sekacau balau" seperti sekarang ini.


Jangan korbankan para pemain-pemain berbakat negeri ini karena ulah kalian!


 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.