5 Penyebab Kuota Internet Cepat Habis

5 Penyebab Kuota Internet Cepat Habis


Perkembangan internet masa kini tengah mencapai kejayaannya. Bahkan kehabisan paketan internet menjadi sebuah hal yang sangat ditakutkan.


Ketika kuota internet habis maka berbagai macam komunikasi akhirnya terputus. Anda sudah tidak bisa lagi melakukan komunikasi baik sekadar pesan maupun telepon menggunakan aplikasi seperti line, Whatsapp, BBM, bahkan mengecek timeline media sosial.


Hal ini tentunya sangat menggangu, apalagi bagi anda yang sedang berbisnis online. Kehabisan kuota data internet bisa menjadi sebuah permasalahan besar bahkan teelat sedetik saja usaha anda bisa terancam.


Begitu pentingnya internet untuk keseharian maka perlu bagi anda untuk mengatur dan merencanakan konsumsi data yang dipakai. Nah, kalau anda ingin membatasi gaya dan konsumsi pemakaian data, maka sebelumnya anda harus tahu apa saja yang menyebabkan kuota data internet cepat.


Lalu apa sebenarnya yang membuat kuota internet lekas habis?


Dilansir dari Cnet, ada 5 hal yang menyebabkan konsumsi data cepat habis antara lain:


Unggah video ke YouTube


Siapa yang sadar jika ternyata mengunggah video ke YouTube mampu menguras kuota data internet anda. Tapi, tidak semuanya seperti itu, semua ini tergantunga dari setting-an yang diterapkan. Jika anda mengunggah sebuah video dengan kualitas HD bisa dimungkinkan anda akan kehilangan sekitar 200mb per menitnya.


Sekarang coba kita kalkulasi, jika anda mengupload video HD sejumlah 5 video dengan durasi 1 menit, maka sudah bisa dipastikan kuota data internet sebesar 1 GB bisa habis dalam hitungan jam saja.


Video call


Biasanya obrolan ini dilakukan dengan FaceTime atau Skype. Obrolan seperti ini biasanya memakan bandwith yang berbeda-beda namun semuanya berada pada kisaran 3 MB per menitnya. Besaran bandwidth ini tergantung dari resolusi video dan juga aplikasinya.
Jika anda berniat mengurangi konsumsi kuota data internet, ada baiknya mengatur jadwal obrolan lewat video.


Online game


Game online cukup memakan kuota data internet anda. Beberapa game online memang ringan namun ada pula yang memakan hingga 1 MB per menitnya. Nah, bisa dibayangkan berapa banyak kuota data internet yang termakan jika anda bermain selama 1 jam. Padahal bermain game online cukup memakan waktu.


Streaming musik


Mendengarkan musik lewat online memang lebih praktis karena anda tidak perlu menyediakan ruang penyimpanan file. Namun, sayangnya konsumsi internet menjadi semakin kian menjadi. Apalagi jika anda memutar musik dengan resolusi 320 Kbps, jika dihitung maka total internet yang akan dihabiskan sekitar 2,4 mb per menit. Nah, bisa dibayangkan jika anda mendengarkan musik selama 1 jam.


Streaming video


Streaming video memang sangat mudah karena kita bisa melihat semuanya dengan mudah, sayangnya ketika ini anda membutuhkan konsumsi data sekitar 50 mb per menitnya. Nah, bisa dibayangkan bagaimana jika anda melihat video selama 1 jam.


Itulah 5 hal yang menyebabkan kuota data anda cepat habis. Agar anda tidak cepat kehabisan data, maka gunakanlah dengan wajar dan batasi 5 pemakaian diatas. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.