10 Program Acara Televisi Berkualitas 2015 yang Layak Anda Tonton

10 Program Acara Televisi Berkualitas 2015 yang Layak Anda Tonton Hasil Penelitian Komisi Penyiaran Indonesia dan 9 Perguruan Tinggi Negeri di 9 kota besar di Indonesia.


4 Program milik Trans Corp [TransTV dan Trans7] Mendominasi program TV Berkwalitas 2015 Versi Komisi Penyiaran Indonesia [KPI]Saya sebenarnya lebih banyak menghabiskan waktu berselancar di internet karena memang internet adalah bagian dari kebutuhan pokok pekerjaan saya. Akibatnya saya cenderung sangat jarang untuk nonton tv. Walaupun begitu, saya tetap sesekali menonton acara televisi yang menurut saya memiliki manfaat, sisanya untuk hiburan.


Saya sendiri biasanya ketika menonton acara televisi juga sebagian untuk kepentingan kerjaan saya yang saya rekam kemudian saya upload ke youtube. Biasanya program-program acara news atau acara-acara yang memiliki banyak penggemar di berbagai penjuru dunia.


Untuk program acara TV di Indonesia sendiri, saya juga memiliki program-program televisi yang saya suka.


Terkait dengan program-program acara tv di Indonesia yang saya suka, ternyata kok bisa cocok dan pas banget dengan 10 Program Acara Televisi Berkualitas yang baru-baru ini diuji dan diteliti oleh Komisi Penyiaran Indonesia bersama dengan 9 Perguruan Tinggi Negeri, di 9 kota besar di Indonesia.


Tujuan dari penelitian tersebut yaitu  untuk mengukur dan menilai terkait dengan kualitas program siaran televisi yang ada di Indonesia.


Sebelum saya menyebutkan ke 10 Program Acara Televisi Berkualitas 2015 yang sudah dinilai oleh Komisi Penyiaran Indonesia bersama dengan 9 Perguruan Tinggi Negeri, saya ingin memberikan apresiasi terhadap Komisi Penyiaran Indonesia dan juga kepada 9 Perguruan Tinggi Negeri yang melakukan penelitian ini.


Hasil dari penelitian ini tentunya sangat penting untuk para pembuat acara program televisi agar mereka melakukan koreksi dan evaluasi, apakah program-program yang mereka buat itu berkwalitas atau hanya sebatas kejar rating saja?


Dengan adanya penilaian terhadap 10 Program Acara Televisi Berkualitas 2015 ini sekaligus membuktikan bahwa sebenarnya untuk membuat program yang berkwalitas itu bisa dilakukan oleh para inisiator dan tim kreatif dari 10 Program Acara Televisi Berkualitas 2015 tersebut.


Buat mereka para tim kreatif yang sudah capek-capek bekerja akan tetapi program mereka kurang berkwalitas, apalagi jika bisa berpengaruh buruk terhadap penonton, diharapkan juga harus merubah dan melakukan koreksi dan perbaikan terhadap program-program yang mereka buat.


Saya sendiri ikut prihatin tentang acara televisi yang akhir-akhir ini seringkali melakukan pelanggaran.


Bahkan pihak Komisi Penyiaran Indonesia [KPI] mengaku sering sekali menerima pengaduan dari berbagai kalangan masyarakat terkait dengan program-program acara TV yang dianggap sangat tidak sesuai dengan norma, agama, sama sekali tidak mendidik, merendahkan dan menghina orang, acara yang berbau mistis, dan berbagai pengaduan masyarakat lainya.


Karena banyaknya pengaduan dari masyarakat itulah yang kemudian dijadikan salah satu pertimbangan KPI untuk menilai dan mengadakan penelitian untuk menilai 10 Program Acara Televisi Berkualitas 2015.


Penelitian dan penilaian tersebut sendiri dilakukan oleh KPI bersama dengan sembilan Perguruan Tinggi Negeri yang ada di sembilan kota besar di Indonesia. Pelaksanaan penelitian dan penilaian tersebut dilakukan mulai bulan Januari sampai dengan bulan Maret 2015.


Dalam melakukan penelitian dan penilaian, pihak KPI bersama 9 perguruan Tinggi negeri tersebut fokus menguji pada sembilan jenis program diantaranya acara televisi dalam bentuk berita, acara variety show, acara religi, program acara infotainment, acara talkshow dan tidak ketinggalan juga tentunya tentang acara-acara sinetron.


Untuk obyek penelitian ini tentunya langsung mengambil dari berbagai program acara televisi yang ada di 15 stasiun televisi nasional di Indonesia yaitu diantaranya TransTV, Trans7, Antv, Global, MNCTV, RCTI,  Indonesia, MetroTV, SCTV, Sindo TV, Kompas Tv, TVOne, TVRI, Net, dan RTV.


Dalam melakukan penelitian ini, tidak kurang melibatkan responden yang terdiri dari 90 ahli di 9 kota di Indonesia. Jika ditotal berarti ada 810 orang ahli. Dari 810 orang ahli tersebut, mereka terdiri dari laki-laki dan perempuan dengan perbandingan 50 % : 50 %.


Para ahli ini juga diambil dari berbagai lapisan status sosial dan profesi diantaranya ada tokoh masyarakat, birokrat, aktivis/LSM, mahasiswa, tokoh agama, tokoh adat, wartawan, karyawan swasta, TNI/Polri, wakil rakyat, hingga tokoh pemuda juga dilibatkan dalam penelitian ini.


Dari hasil penelitian tersebut, berikut ini adalah hasil dari 10 Program Acara Televisi Berkualitas 2015 yang sudah dilakukan oleh KPI dan 9 Perguruan Tinggi Negeri di 9 Kota Besar di Indonesia.



  1. Kick Andy (Metro Tv) dengan 389 poin

  2. Mata Najwa (Metro TV) dengan 358 poin

  3. Indonesia Lawyer Club (TV One) mendapatkan 232 poin

  4. My Trip My Adventure ( Trans TV) dengan 178 poin

  5. On the Spot (Trans 7) dengan 170 poin

  6. Hitam Putih (Trans 7) dengan 165 poin

  7. Laptop Unyil (Trans 7) dengan 160 poin

  8. Mario Teguh (Metro Tv) dengan 145 poin

  9. Liputan 6 ( SCTV) dengan 136 poin

  10. Ini Talkshow (Net TV) dengan 120 poin


Kira-kira dari ke sepuluh program acara tersebut diatas, apakah ada diantaranya program kesukaan anda?


Dari ke- 10 Program Acara Televisi Berkualitas 2015 tersebut diatas, Sebenarnya saya masih berharap terhadap Komisi Penyiaran Indonesia untuk tidak lupa juga memberikan sanksi yang tegas terhadap acara-acara yang sudah melanggar aturan sehingga masyarakat di Indonesia benar-benar terjamin dengan tayangan-tayangan yang televisi yang bermutu dan berkwalitas.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.