MotoGP di Le Mans Prancis 2015: Lorenzo Juara, Ada Apa dengan Marquez?

UPDATE! MotoGP 2015 Seri 7: Siapa Bisa Hentikan Lorenzo di Sirkuit Catalunya?


INGIN DAPATKAN SAMSUNG GALAXY S6 EDGE GRATIS? BACA CARANYA MELALUI TULISAN INI DI AKHIR TULISAN [BANNER]


MotoGP di Le Mans Prancis 2015: Lorenzo Juara, Ada Apa dengan Marquez? dan ComeBack yang Buruk Dani Pedrosa.


Lorenzo sepertinya sudah menemukan kembali performancenya di ajang balap MotoGP. Setelah pada laga-laga awal MotoGP tidak pernah naik podium, setelah tampil di kandangnya sendiri saat di Spanyol berhasil menjadi yang tercepat, di Sirukuit De Lemans Prancis, Lorenzo kembali menjadi juara.


Perjuangan Lorenzo yang sempat tertinggal dari Dovizioso pada tikungan pertama awal balapan, akhirnya pada tikungan ketiga Lorenzo sudah menjadi yang terdepan pada lap pertama.


Memang dalam ajang MotoGP di Sirkuit Le Mans Prancis ini, yang membuat mata penonton tidak tertuju pada Lorenzo yang terkesan nyaris tanpa hambatan untuk menuju podium pertama.


Yang menarik justru penampilan Valentino Rossi yang sempat harus bekerja keras untuk bisa mencapai finish kedua.


Penampilan The Doctor yang kembali menunjukan skillnya sebagai pembalap yang sudah meraih berkali-kali juara dunia pada lap kesepuluh. Sempat tertinggal dan berada di belakang Iannone dan Dovizioso, juga Marques pada lap-lap pertama, akhirnya dengan aksi memukaunya, secara bertahap akhirnya Rossi berhasil menyalip Iannone dan Dovizioso hingga berhasil berada diurutan kedua hingga finish.


Penampilan yang kurang menarik justru pada sang peraih Pole Position di Sirkuit Le Mans Prancis Mark Marquez. Entah apa yang terjadi pad Mark Marquez yang biasanya selalu tampil luar biasa terlebih ketika sudah meraih Pole Posisiton tapi pada ajang ini justru tampil kurang memuaskan.


Pembalap yang mengidolakan Valentino Rossi ini justru hanya mampu finish diurutan keempat. Bahkan untuk mencapai finish keempat, Juara bertahan MotoGP ini juga harus bersusah payah untuk berebut bersama rider lain seperti Smith dan Pol Espargaro.


Perjuangan habis-habisan dilakukan Marques sejak lap ketujuh saat Marquez harus bertarung sengit dengan Smith dan Iannone.


Dengan berada diurutan keempat, tentunya Marquez harus puas dengan hanya meraih 13 point dan tidak bisa merasakan naik podium di Sirkuit Le Mans Prancis.


Ada Apa dengan Mark Marquez?


Saya sendiri sebagai penggemar MotoGP agak penasaran, sebenarnya ada apa dengan Marquez?


Apakah penampilan kali ini terkait dengan kemampuan motonya yang menurun, atau ada faktor lain yang itu datang dari Marquez sendiri?


Ternyata, faktor penyebab menurunya penampilan Marquez terjadi dikarenakan suhu dan cuaca yang dianggapnya naik cukup tinggi sehingga hal tersebut berpengaruh terhadap kondisi ban motor tungganganya.


Saat saya selesai membuat tulisan ini sebelumnya saya belum mendapatkan klarifikasi dari Marquez pasca balapan. Namun barusaja saya baca di detiksport yang sudah mempublikasikan terkait dengan performance Marquez yang menurun di sirkuit Le Mans Prancis.


Dalam keteranganya Marquez menyebut bahwa meningkatnya suhu di trek balapan membuat ban depannya bekerja tidak optimal. Alasan Marquez ini sepertinya memang ada benarnya, Faktanya para pembalap Honda lainnya yang satu team dengan Marquez terjatuh dalam balapan tersebut, mereka di antaranya rekan setim Marquez, Dani Pedrosa, juga pembalap LCR Honda Carl Crutchlow dan rider Marc VDS Scott Redding.

"Hari ini temperaturnya naik dengan tajam, kami belum pernah mengendarai motor di kondisi seperti ini di sepanjang pekan ini," kata Marquez dikutip Crash.

"Di lap keempat saya mulai menyadari bahwa saya punya banyak masalah dengan bagian depan motor. Saya rasa semua pebalap Honda punya masalah yang sama, faktanya banyak yang terjatuh setelah kehilangan daya cengkeram ban depan karena kami benar-benar menderita di sana."

"Kami tahu itu bakal terjadi dengan kenaikan temperatur, perubahan kondisi. Tapi kami semula memperkirakan itu akan membawa kebaikan dan kali ini ternyata malah jadi buruk. Kamiharus belajar dari balapan ini, terutama dari data yang telah kami kumpulkan," imbuhnya.


Jadi sudah jelas ya sekarang setelah membaca klarifikasi Mar Marquez yang ternyata penyebab menurunya penampilanya di Sirukuit Le Mans Prancis 2015 ini dikarenakan cuaca yang naik suhunya sehingga berpengaruh terhadap kondisi ban yang kemudian pastinya mengganggu kosentrasi pembalap.


ComeBack yang Buruk Dani Pedrosa


Sebenarnya moment terbaik juga seharusnya dipertunjukan oleh kembalinya Dani Pedrosa setelah pada seri sebelumnya harus Absen karena cedera yang dialaminya.


Namun ternyata momentum adu balap di Le Mans Prancis ini kurang dimaksimalkan oleh Dani Pedrosa untuk menunjukan performance terbaiknya.


Bahkan apa yang dialami Dani Pedrosa jauh lebih buruk dari yang dicapai Marquez, Dani Pedrosa harus puas hanya finish diurutan ke 16 di sirkuit Le Mans Prancis ini.


Bahkan Pedrosa harus terjatuh saat mendekati lap kedua sehingga membuat dirinya harus bekerja keras agar tidak finish dibarisan terakhir.


Mungkin kondisi yang masih belum pulih menjadi alasan atas penampilan buruk Pedrosa kali ini. Kalau menurut saya sih sebenarnya sebelum memang benar-benar fit, Pedrosa lebih baik beristirahat terlebih dahulu untuk memulihkan kesehatanya.


Namun apapun hasilnya, MotoGP 2015 ini tetap masih seru dan diharapkan pada seri-seri berikutnya, akan ada banyak kejutan dan tontonan yang menarik yang bisa disuguhkan kepada para penggemar MotoGP diseluruh penjuru dunia, termasuk anda yang sedang membaca tulisan ini hehe..


Berikut ini saya lampirkan urutan balapan MotoGP di Sirkuit Le Mans Prancis dan dibawahnya merupakan Kalsemen sementara untuk perolehan MotoGP 2015 setelah usai balapan di Le Mans Prancis.


VIDEO MotoGP di Le Mans Prancis 2015



Hasil Akhir Balap MotoGP Sirkuit Le Mans Prancis 2015



  1. Jorge Lorenzo (Yamaha Factory) 43' 44.143

  2. Valentino Rossi (Yamaha Factory) +03.820

  3. Andrea Dovizioso (Ducati Team) +12.380

  4. Marc Marquez (Honda HRC) +19.890

  5. Andrea Iannone (Ducati Team) +20.237

  6. Bradley Smith (Yamaha Tech 3) +21.145

  7. Pol Espargaro (Yamaha Tech 3) +35.493

  8. Yonny Hernandez (Pramac Racing) +39.601

  9. Maverick Vinales (Suzuki MotoGP) +41.571

  10. Danilo Petrucci (Pramac Racing) +42.789

  11. Nicky Hayden (Aspar MotoGP Team) +53.636

  12. Loris Baz (Athina Forward Racing) +01' 00.617

  13. Hector Barbera (Avintia Racing) +01' 04.272

  14. Eugene Laverty (Aspar MotoGP Team) +01' 05.259

  15. Alvaro Bautista (Aprilia Racing Team Gresini) +01' 05.515

  16. Dani Pedrosa (Honda HRC) +01' 20.907

  17. Alex de Angelis (Ioda Racing) +01' 21.663

  18. Marco Melandri (Aprilia Racing Team Gresini) at 1 lap

  19. Jack Miller (CWM LCR Honda) at 14 laps (DNF)

  20. Karel Abraham (AB Motoracing) at 14 laps (DNF)

  21. Cal Crutchlow (CWM LCR Honda) at 21 laps (DNF)

  22. Scott Redding (Estrella Galicia 0,0 Marc VDS) at 25 laps (DNF)

  23. Mike Di Meglio (Avintia Racing) at 25 laps (DNF)

  24. Aleix Espargaro (Suzuki MotoGP) at 26 laps (DNF)

  25. Stefan Bradl (Athina Forward Racing) at 27 laps (DNF)


Klasemen Sementara Ajang MotoGP 2015 [Usai Balap Sirkuit Le Mans Prancis]



Untuk para pecinta balap MotoGP, selamat menunggu adu balap MotoGP di seri-seri berikutnya!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.