Bromo Marathon 2015, Cara Kreatif Kenalkan Wisata Daerah


Ada banyak cara untuk mengenalkan sekaligus meningkatkan pendapatan potensi wisata di daerah. Salah satu contohnya yaitu langkah kreatif yang dilakukan dalam ajang Bromo Marathon 2015.


Bromo Marathon 2015 akan diselenggarakan di bulan September mendatang tepatnya tanggal 13 September 2015dan berlokasi di kawasan pegunungan terkenal di Jawa Timur, tepatnya di daerah Bromo.


Bromo marathon akan diadakan tahun 2015 ini adalah kali ketiga dari awal diadakannya tahun 2013.


Saat ini Pendaftaran Bromo marathon telah dibuka mulai tanggal 1 Maret kemarin dan akan ditutup tepat pada tanggal 13 Agustus 2015. Sama seperti tahun sebelumnya, tahun ini lomba juga akan dibagi menjadi tiga kategori yaitu 10 km, half marathon, dan juga full marathon.


Tren Olahraga Lari Inovatif


Selain dianggap sebagai salah satu cara kreatif dalam mengenalkan wisata daerah tidak hanya di Indonesia tapi hingga mancanegara, Acara Bromo marathon 2015 ini juga dianggap sebagai salah satu tren olahraga lari inovatif di masa sekarang. Jika biasanya lomba lari digelar di daerah perkotaan seperti stadion, taman atau bahkan lingkungan rumah, maka kehadiran Bromo marathon mampu mengubah persepsi masyarakat secara umum. Ini terbukti dari banyaknya peserta yang mengikuti lomba lari ini.


Di tahun 2013 saja Bromo marathon mampu menggaet 30 negara dengan jumlah pelari 900 orang dan supporter sejumlah sekitar 5000 orang.


Sedangkan di tahun 2014 peserta naik drastis hingga 1700 orang pelari yang berasal dari 40 negara dengan jumlah dengan supporter sekitar 5000 orang lebih. Melihat dari semakin tingginya peminat Bromo marathon dari tahun ke tahun, maka pada tahun 2015, panitia menargetkan peserta hingga 3000 orang.


Pada malam hari sebelum Bromo marathon digelar, peserta akan disuguhi dengan pertunjukan seni dari daerah Tengger yang dikemas dalam acara bertemakan Tengger Art and Culture Festival. Acara yang satu ini akan mempertunjukan berbagai macam tarian dan lagu suku Tengger untuk menunjukkan dan mengenalkan kehidupan Tengger kepada masyarakat luas, khususnya dalam bidang budaya dan juga seni.


Sedangkan paginya, seluruh peserta Bromo marathon akan disuguhi dengan rute yang mempunyai variasi ketinggian berbeda mulai 1400 hingga 2400 mdpl dengan jalanan berpasir hingga beraspal. Rute akan digelar di sepanjang Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan tak luput juga hingga sepanjang kaldera Tengger.


Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, di tahun ini panitia juga menyisipkan misi-misi tertentu. Mulai dari misi untuk mengenalkan budaya Tengger, mempromosikan keindahan alam gunung Bromo hingga misi sosial berupa peningkatan infrastruktur dan sektor perekonomian setempat khususnya untuk pemberdayaan dan pembangunan perpustakaan di daerah setempat.


Nah, apakah anda berminat untuk menjadi salah satu peserta Bromo marathon tahun 2015? Jika berminat, langsung saja daftarkan diri anda secara online di situs resmi Bromo marathon sebelum tanggal 13 Agustus 2015. Disini anda bisa menikmati suguhan budaya dan keindahan bromo sambil bermarathon.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.