Bagaimana Cara dan Proses serta Aturan Polisi Bisa Memiliki SIM?

Bagaimana Cara dan Proses serta Aturan Polisi Bisa Memiliki SIM?


Apakah anda sudah memiliki SIM?


Pada proses ujian praktek mayoritas gagal, jika semua polisi ikut ujian praktek pembuatan SIM C, kira2 lolos semua kah dari mereka? |ilustrasi gambar: sman1clpAtau menjadi "korban" berkali-kali razia Polisi hanya urusan SIM? Apakah saat anda ditilang Polisi anda pernah bertanya ke Polisi yang menilang anda apakah mereka punya SIM? Jika sudah punya SIM, apakah polisi tersebut sudah mengikuti proses aturanya seperti kita?


Jika anda sudah memiliki SIM, bagaimana cara anda membuat SIM? Apakah mengikuti prosedur yang benar? atau dengan cara "nembak" atau dengan melalui calo?


Pertanyaan diatas mungkin sudah pada punya jawaban sendiri-sendiri. Kalau untuk yang memang taat hukum dan orang jujur, mungkin dirinya akan mengikuti prosedur yang benar.


Namun kalau diantara anda yang membaca tulisan ini sambil-senyam-senyum, mungkin anda membuat SIM dengan cara melalui "nembak" atau melalui calo? hehe


Kalau teman-teman saya sendiri yang berani jujur, rata-rata mereka dalam membuat SIM pilih dengan cara "nembak" atau lewat calo. Karena teman-teman saya mengaku berkali-kali mengikuti prosedur yang benar, khususnya bagi pembuat SIM C, mereka tidak ada yang lulus saat proses ujian praktek pembuatan SIM C.


Sebagaimana kita tahu, proses ujian pembuatan SIM C [untuk motor roda dua], harus melalui ujian praktek yang harus melintasi rintangan yang sangat rumit.


Saya sendiri termasuk orang yang sudah 2-3x ikutan ujian praktek pembuatan SIM C yang gagal terus. Banyak sekali yang menyarankan saya untuk lewat calo saja atau "nembak" biar cepat dan langsung bisa punya SIM.


Tapi saya lebih memilih tidak punya SIM dan lebih rela dan ikhlas membayar tilang ketika kena razia polisi.


Terkait hal ini, saya juga jadi penasaran. Saya mengukur kemampuan saya yang sudah naik motor sejak bertahun-tahun saja ketika mengikuti ujian praktek pembuatan SIM C selalu gagal karena memang saya akui sangat sulit.


Dari apa yang saya alami dan mungkin dialami oleh sebagian banyak orang Indonesia yang gagal saat mengikuti ujian praktek pembuatan SIM C, saya jadi muncul satu pertanyaan, Apakah semua POLISI di Indonesia yang memiliki SIM C mengikuti proses demi proses untuk bisa memiliki SIM C?
Soalnya saya dulu setiap mengikuti ujian SIM C dari pendaftaran sampai ujian tertulis dan praktek tidak pernah melihat ada POLISI yang ikut ujian pembuatan SIM.


Saya mencoba googling dan melakukan pencarian di website resmi kepolisian lalulintas tidak saya temukan sama sekali jawaban atas pertanyaan saya tersebut. Jika memang ada yang tahu jawaban atas pertanyaan saya sesuai judul dalam tulisan ini, mohon berikan informasinya ya. Lebih percaya lagi kalau disertai videonya.


Memang saat proses ujian praktek pembuatan SIM C, saya pernah melihat Polisi yang memberikan contoh dalam mengikuti ujian praktek dan polisi tersebut memang berhasil. Tapi menurut teman-teman saya mereka berpendapat jika polisi yang memberikan contoh itu memang sudah jadi pekerjaanya seperti itu makanya mahir. Tapi menurut banyak orang katanya belum tentu semua POLISI ketika disuruh ikutan ujian praktek pembuatan SIM C, mereka akan lolos semua.


Karena saya sendiri belum pernah tahu dan mendengar bagaimana sebenarnya polisi bisa memiliki SIM [khususnya SIM C], mohon kasih informasinya yah jika ada yang tahu :-)


Sebagai referensi bacaan dan landasan hukum terkait dengan SIM, saya memang sudah sedikit membaca beberapa peraturan yang ada kaitanya dengan SIM ini yaitu diantaranya,



  • Undang–Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia

  • Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

  • Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

  • Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 50 Tahun 2010 tanggal 25 Mei 2010 tentang Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia

  • Peraturan Kapolri Nomor 9 Tahun 2012 tentang Surat Ijin Mengemudi


Dari aturan-aturan yang ada disana, saya belum menemukan jawaban atas pertanyaan saya sebagaimana judul tulisan ini. Mungkin jika saya memang ada yang terlewat dalam membacanya, pembaca tulisan inimohon bantuanya untuk memberitahukan saya ya, setidaknya untuk pengetahuan saya :-)



Soalnya kadang kan takutnya karena mentang-mentang POLISI kemudian begitu hebat dan tegas kalau urusan menilang para pelanggar [khususnya yang tidak memiliki SIM], akan tetapi polisi sendiri justru dalam proses pembuatan SIM sendiri tidak mengikuti aturan yang berlaku, kan yang seperti itu jangan sampai terjadi dong :-)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.