5 Perpustakaan Terbaik di Kota Moskow Rusia

5 Perpustakaan Terbaik di Kota Moskow Rusia yang Membuat Masyarakatnya Sangat Suka Membaca dan Rajin berkunjung ke Perpustakaan.


Suasana nyaman dengan fasilitas internet yang super ngebut, membuat siapapun yang datang kesini akan betah berlama-lama. |gambar: calvertjournal.comRusia dikenal dengan masyarakatnya yang suka membaca. Bahkan berdasarkan cerita orang Indonesia yang pernah tinggal disana menyatakan jika budaya baca masyarakat di Rusia tak kalah dengan budaya baca di jepang.


Jangan samakan budaya baca di Rusia dengan di Indonesia [terlalu jauh]. Jika di Rusia fasilitas perpustakaan dibuat dengan begitu nyaman, koneksi internet sangat cepat, ruang diskusi, cafe, bioskop, studio music, taman ebrmain untuk anak, fasilitas lengkap, pelayanan pustakawan yang begitu sangat ramah, sopan serta berbagai kelebihan lainya ada di perpustakaan sehingga membuat masyarakat di Rusia tidak memiliki alasan untuk tidak rajin dan betah datang ke perpustakaan.


Kondisi tersebut tentunya masih jauh berbeda dengan di Indonesia yang seringkali para pustakawan dan pengelola perpustakaanya selalu sibuk "menuduh" masyarakat yang malas membaca. Padahal sebetulnya kalau para pustakawan dan pengelolanya mau berbenah dan bercermin diri, harusnya mereka bertanya, kenapa masyarakat malas membaca dan datang ke perpustakaan?


Salah satu jawabanya karena memang untuk di Indonesia masih terlalu banyak perpustakaan yang dibuat dengan "apa adanya" dengan fasilitas buku yang kurang baik, tempat baca kurang nyaman, koneksi internet super lelet, ditambah lagi dengan pelayanan pustakawanya yang mukanya masih banyak yang "menyeramkan" daripada yang bermuka wajah ramah, sopan dan menyenangkan.


Dengan berbagai banyak alasan itulah yang kemudian menyebabkan orang Indonesia malas membaca dan datang ke perpustakaan.


Kondisi yang seperti itu tentunya tidak ditemukan di Rusia, termasuk di kota Moskow.


Kemajuan budaya baca di Rusia ini tidak lepas dari adanya peran pemerintah dan pihak terkait dalam membuat fasilitas perpustakaan yang nyaman.


Salah satu kota di Rusia yang memiliki banyak fasilitas perpustakaan yang menjadi tempat favorit warganya untuk berkumpul dan belajar dan membaca buku atau nonton film serta diskusi lainya adalah kota Moskow Rusia.


Di Kota Moskow sendiri memiliki beberapa perpustakaan favorit yang dianggap sebagai perpustakaan yang membuat orang kecanduan untuk datang ke perpustakaan-perpustakaan yang ada di kota Moskow ini.


Berikut ini merupakan 5 Perpustakaan Terbaik yang ada di Kota Moskow Rusia sebagaimana saya kutipkan langsung dari Russia-Insider.


Perpustakaan Negara Rusia


Perpustakaan Negara Rusia ini seringkali juga disebut sebagai Perpustakaan Lenin. Perpustakaan Negara Rusia ini merupakan salah satu perpustakaan yang paling mengesankan yang dimiliki Moskow Rusia.


Perpustakaan kebanggaan kota Mowkow ini memiliki ruang baca raksasa yang sangat indah dan diisi oleh meja-meja kayu tua yang terkesan mewah. Tidak hanya itu saja, di ruang baca juga tersedia lampu hijau yang legendaris, serta aura para pemikir cerdas yang pernah berkeliaran di koridor-koridor perpustakaan.


Dengan suasana ruang baca yang begitu nyaman tersebut, maka para pengunjung sangat puas dan betah serta kecanduan untuk datang ke perpustakaan. Berbeda sekali dengan kebanyakan perpustakaan di Indonesia yang masih terlalu banyak kekurangan. Apalagi kalau ingat pelayanan pustakawanya yang seringkali kurang ramah menjadikan orang semakin malas datang ke perpustakaan.


Pengunjung perpustakaan disini benar-benar bak raja yang begitu dimanjakan dengan fasilitas yang lengkap, buku berkwalitas, dan tempat membaca yang begitu nyaman, mewah, dan sangat mengagumkan. Tidak berlebihan jika pengunjung betah untuk terus selalu datang ke perpustakaan ini. |gambar: vresp.com


Kondisi yang begitu berbeda ketika berada di perpustakaan Negara Rusia yang luar biasa mengagumkan ini.


Sebagai perpustakaan terbesar di Rusia, perpustakaan ini dikenal memiliki koleksi buku terbanyak di Rusia. Koleksi utama dari perpustakaan ini mencakup koleksi dari 367 bahasa.


Selain itu, Perpustakaan Lenin ini juga menjadi rumah dari beragam rekaman, buku langka, disertasi, surat kabar, dan publikasi unik lainnya.


Perpustakaan Dostoevsky


Perpustakaan Dostoevsky menjadi slaah satu perpustakaan yang banyak dikunjungi di kota Moskow Rusia. Perpustakaan Dostoevsky ini direnovasi secara besar-besaran pada tahun 2013, sesuai dengan desain rancangan Boris Kupriyanov, pemilik toko buku Falanster.


Kini Perpustakaan Dostoevsky menjadi salah satu perpustakaan tercantik di Moskow. Dibuat dan dirancang dengan suasana yang yang terkesan santai.


Di Perpustakaan Dostoevsky, selain para penggunjung bisa membaca buku dan buku elektronik [e-book], para pengunjung Perpustakaan Dostoevsky juga bisa menonton serial televisi di perpustakaan ini secara gratis.


Suasana nyaman dengan fasilitas internet yang super ngebut, membuat siapapun yang datang kesini akan betah berlama-lama. |gambar: calvertjournal.com


Tidak hanya itu saja, untuk menarik para pengunjung agar sering berkunjung ke perpustakaan ini, maka untuk pengunjung yang sering datang ke Perpustakaan Dostoevsky ini akan mendapatkan hadiah menarik berupa mug atau hadiah menarik lainya.


Karena kenyamanan dan keindahan Perpustakaan Dostoevsky, maka tidak jarang jika Perpustakaan Dostoevsky sering sekali dijadikan tempat untuk menggelar diskusi dengan berbagai topik diskusi seperti topik sejarah, launching dan bedah buku, dan acara serta kegiatan menarik lainya.


Pengunjung yang datang ke Perpustakaan Dostoevsky ini semakin dimanjakan dengan adanya fasilitas sebuah kafe bernama Philosophical Café.


Perpustakaan Prospekt


Ini adalah perpustakaan menawan di Moskow yang direnovasi oleh desainer yang sama yang merancang Perpustakaan Dostoevsky. Salah satu kelebihan perpustakaan ini adalah jam bukanya lebih panjang dari perpustakaan lain, yakni hingga pukul 10 malam.


Di Rusia, hampir seluruh perpustakaan sudah menyediakan fasilitas komputer canggih dan internet yang super cepat sehingga membuat pengunjung terpuaskan. Dengan koneksi internet, akses pengunjung perpustakaan untuk download, searching berbagai sumber ilmu pengetahuan seolah tanpa gangguan. Sebuah kondisi yang masih susah ditemukan di Indonesia. |gambar: Russia-Insider.com


Perpustakaan ini sering menggelar seminar, lokakarya, dan pemutaran film.


Ruang Baca dan Perpustakaan Turgenev


Perpustakaan Turgenev dan ruang bacanya yang sangat terkenal ini merupakan salah satu perpustakaan umum gratis pertama yang ada di kota Moskow. Perpustakaan Turgenev ini memiliki suasana sejarah yang unik dan sangat nyaman untuk dijadikan tempat membaca.


Perpustakaan Turgenev awal dibuka sejak tahun 1885 berkat dana dari Varvara Morozova, yaitu seorang filantropi Moskow. Nama Perpustakaan Turgenev ini sendiri diambil dari nama seorang penulis terkenal Rusia bernama Ivan Turgenev.


Terkait dengan bentuk dan desain dari bangunan Perpustakaan Turgenev yang unik ini dibangun oleh seorang arsitek ternama Adolf Knabe pada tahun 1895.


Perpustakaan yang kerap disebut "Turgenevka" oleh warga lokal ini sering juga mengadakan sejumlah kegiatan menarik seperti presentasi buku, kontes, dan hiburan lain.


Pengunjung disini bisa memilih tempat membaca yang disuka dengan suasana yang berbeda-beda sesuai selera pengunjung |gambar: russia-insider.com


Dibagian lantai atas dari perpustakaan ini disediakan ruang baca yang sangat nyaman dengan menghadap ke jedela sehingga pengunjung bisa sambil menikmati keindahan kota melalui jendela perpustakaan.


Perpustakaan Seni Sinema Sergei Eisenstein


Ingat ya, Perpustakaan ini bernama Perpustakaan Eisenstein, bukan Einstein. Perpustakaan Eisenstein ini merupakan salah satu perpustakaan sekaligus disebut sebagai salah satu pusat kebudayaan yang menampung banyak buku dan majalah mengenai film dan seni lainnya.


salah satu kegiatan di perpustakaan ini yang selalu penuh diikuti olehpeserta. |Gambar: russian-insider.com


Hampir setiap hari perpustakaan ini menggelar seminar dan pemutaran film. Karena begitu terkenalnya perpustakaan ini, banyak sekali Sutradara dan aktor sering memamerkan karya mereka di sini.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.