100 Hari Kerja Jokowi: Tunduk pada Kepentingan Rakyat atau Partai?

100 Hari Kerja Jokowi: Tunduk pada Kepentingan Rakyat atau Partai?


9d9fb32d62a59d5c48612eb2d127c728_jokowiBerbagai polemik mewarnai 100 hari Jokowi menjabat sebagai Presiden RI. Salah satu hal yang hingga detik ini belum diselesaikan Jokowi yaitu terkait kemelut KPK Vs POLRI.

Dalam kasus ini beberapa pihak beranggapan bahwa Sikap Jokowi terkesan ada yang mengintervensi diantaranya diduga intervensi datang dari partai. Dugaan tersebut menjadikan kita ingat atas julukan Jokowi yang dianggap sebagai "Petugas Partai".

Salah satu politisi PDIP juga dengan terang-terangan menyatakan jika Jokowi memang masih Petugas Partai.

Pernyataan politisi PDIP tersebut tentunya membuat kontroversi dan mengecewakan para pendukung Jokowi saat Pemilihan Presiden yang lalu. Menjadi kontroversi karena dalam berbagai kesempatan Jokowi selalu tegas menyatakan bahwa Jokowi akan selalu tunduk dan mengutamakan kepentingan rakyat diatas segalanya.

Sikap Jokowi yang katanya akan mementingkan kepentingan rakyat diatas segala-galanya artinya jika ada kondisi dimana dirinya harus mengutamakan partai atau rakyat, maka Jokowi harus tegas tetap mengutamakan kepentingan rakyatnya.

Saat ini di hari yang ke 100 sebagai Presiden RI, setidaknya ada beberapa kondisi dimana Jokowi harus memilih, apakah harus tunduk kepada partai, atau harus tunduk dengan keinginan banyaknya kehendak rakyat.

Kondisi yang dimaksud tersebut diantaranya terkait dengan kasus penentuan KAPOLRI. Sebagaimana kita tahu bahwa PDIP dan beberapa aprtai pendukung Jokowi di DPR sudah secara aklamasi sudah mendukung Budi Gunawan sebagai KAPOLRI. Padahal sudah jelas Budi Gunawan sudah menjadi tersangka oleh KPK.

Sedangkan pada kubu yang lain, atas nama mayoritas rakyat Indonesia, banyak diantara rakyat meminta agar Jokowi jangan melantik Tersangka Korupsi sekaligus calon Kapolri Budi Gunawan menjadi KAPOLRI.

Pada posisi yang seperti ini tentunya keputusan Jokowi nantinya akan memperjelas bagaimana Jokowi bersikap. Apakah dirinya akan tunduk pada keinginan dan kepentingan partai, atau akan tunduk kepada rakyat. Mungkin boleh saja para politikus itu bilang jika dirinya juga atas nama mewakili rakyat. Tapi faktanya rakyat tetap masih apatis dengan yang namanya partai.

Selain keputusan Jokowi terkait penentuan KAPOLRI, ada lagi keputusan Jokowi yang akan dinanti dan akan menunjukan serta membuktikan apakah Jokowi memang petugas partai atau memang tunduk atas kehendak rakyat. Keputusan yang ditunggu tersebut yaitu terkait penanganan polemik antara KPK Vs POLRI.

Dalam kondisi yang tentunya sangat sulit ini, maka Jokowi akan ditantang oleh keadaan dimana dirinya apakah akan bisa benar-benar adil dan tegas saat menangani polemik KPK Vs POLRI ini atau justru keputusanya nanti akan menambah mengacaukan kekisruhan antara KPK Vs POLRI.

Mungkin masih banyak kasus atau kebijakan yang akan selalu dialami oleh seorang Presiden termasuk yang saat ini dihadapi oleh Jokowi. Kedua posisi yang seringkali menyulitkan tersebut yaitu dalam hal Keputusan dan kinerja Jokowi sebagai Presiden. Apakah Jokowi akan tunduk kepada rakyat, atau justru hanya tunduk atas intervensi partai sehingga disebut sebagai Petugas Partai.

Untuk menilainya, kita lihat saja kinerja Jokowi selanjutnya!

gambar: detik.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.