Ngumpul Bareng Komunitas SLiMS dari Seluruh Indonesia di Semarang

eddaf768138253a8ab100312a51bd3ef_img_20141122_092542

Mendengar kata SLiMS, anda mungkin kalau sebagai bloger masih belum tahu apa itu SLiMS?. Mungkin kalau pertama kali mendengar kata SLiMS yang dipikiran anda mungkin terkait dengan tubuh yang ramping kan? hehe..

Tapi saya sendiri gak menyalahkan anda karena memang wajar saja sebagai bloger gak tahu karena memang selama ini komunitas SLiMS ini hanya berkumpul sesama komunitas saja.

Jadi begini ya, komunitas SLiMS itu kepanjangan dari Senayan Library Manajemen System dan sudah akrab disingkat SLiMS.

SLiMS ini sendiri merupakan salah satu software untuk system otomasi perpustakaan digital [online] buatan asli orang Indonesia.[Baca profile tentang SLiMS DISINI]

Jadi ceritanya komunitas SLiMS ini memiliki tujuan supaya bagaimana perpustakaan di seluruh Indonesia bisa semakin canggih dan dikelola dengan system digital maupun online.

Berawal dari pengguna software SLiMS ini yang sangat sedikit, maka saat itu saya bersama teman-teman pengguna SLiMS di wilayah Yogya bentuk komunitas SLiMS. Awalnya cuman kurang dari 5 orang, terus berkembang jadi sepuluh, 30, 100, hingga akhirnya menyebar ke seluruh Indonesia bahkan hingga ke mancanegara sudah menggunakan software SLiMS ini. [Baca: Daftar Pengguna SLiMS di Indonesia dan Mancanegara].

47587066cd8c4d693baf7dc28d86fa90_slimscommetsemarang

Foto bareng | sumber gambar: slimscommet.web.id



Nah, karena semakin banyaknya pengguna SLiMS di seluruh Indonesia hingga mancanegara, maka diadakanlah yang namanya SLiMS Community MeetUp di setiap tahunya. Tujuanya untuk mempererat komunikasi antar komunitas dan saling berbagi ilmu terkait pengembangan SLiMS maupun tema-tema lainya.

Pertemuan SLiMS Community MeetUp diadakan di Yogya pada tahun 2012. Pada tahun 2013 diadakan di Bogor, dan pada tahun 2014 kemarin diadakan di Semarang pada tanggal 22-23 November 2014.

Saya merasa sangat bangga menjadi bagian dari pergerakan komunitas SLiMS ini karena software SLiMS ini yang dulunya hanya segelintir orang yang pakai, sekarang sudah banyak sekali tidak hanya di seluruh Indonesia tapi sudah sampai ke mancanegara. Beberapa negara yang sudah ada yang menggunakan SLiMS mulai dari Malaysia, Thailand, Brunei Darusalam, Timur Tengah, Amerika, Afrika, dan yang lainya.

SLiMS ini sendiri sudah pernah menjadi juara pada ajang ICT Award 2009 untuk kategory sebagai software open source terbaik di Indonesia.

Yang terbaru membuat kami bangga lagi karena software SLiMS sudah mendapatkan apresiasi dan pujian dari Menteri Pendidikan Anies Baswedan beberapa saat yang lalu. Bahkan ternyata perpustakaan kampus Anies Baswedan Universitas Paramadina juga ternyata pakai software SLiMS.

Sebenernya banyak sekali kalau mau bicara tentang Komunitas SLiMS, tapi karena jari saya sudah hampir keriting karena seharian ini sudah menulis banyak tulisan di berbagai blog saya, jadi silahkan bagi yang ingin tau banyak tentang SLiMS bisa gabung di group SLiMS DISINI.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.