Mimpi Miliki Pejabat Negara dan PNS yang Rela Berkorban bak Pahlawan

0b990186ae89294d25f5f562b5e593ca_hari-pahlawan-2014Siapapun akan terharu biru jika mendengar atau membaca kisah pejabat-pejabat negara yang hidup sederhana dan selalu mengedepankan kepentingan rakyatnya. Walaupun sebenernya itu memanglah keharusan yang harus dilakukan oleh pejabat-pejabat negara, tapi sikap yang demikian itu hanyalah sikap yang sangat langka di masa sekarang ini.

Tentunya teramatsangat jauh jika kita bandingkan dengan para pejuang-pejuang bangsa kita yang gugur sebagai pahlawan bangsa dengan pejabat negara sekarang ini. Pejabat-pejabat negara sekarang ini sudah terang-terangan jika mereka menjadi pejabat negara lebih karena mewakili kepentingan isi perut mereka serta partai mereka.

Bukti yang sangat nyata yaitu saat terjadi perebutan pimpinan komisi aggota DPR yang itu teramat sangat jelas jika mereka para anggota DPR yag seharusnya mewakili rakyat justru berebut kursi pimpinan yang itu berarti menunjukan kerakusan mereka atas nama kekuasaan dan jabatan.

Kondisi yang demikian itu tentunya sangat menjijikan untuk diperlihatkan ke ruang publik. Terlebih jika saja para pahlawan bangsa ini yang berjuang dengan nyawa mereka untuk kemerdekaan Indonesia, akan tetapi sekarang ini pejabat-pejabat kita di DPR yang disuruh hanya melanjutkan dan menikmati kemerdekaan ini justru saling berebut kekuasaan.

Keprihatinan ini sepertinya akan terus berlangsung dan akan kita lihat secara berulang-ulang jika motivasi dan isi yang ada di kepala mereka dari awal memang bukan untuk memajukan bangsa melainkan hanya mementingkan urusan perut dan partai mereka sendiri.

Bicara kepemimpinan yang baru yang dipimpin oleh Presiden Jokowi yang dibantu oleh para kabinet-kabinet kerja Jokowi, bangsa ini akan berharap supaya bangsa ini menjadi bangsa yang maju dan bisa memakmurkan rakyatnya dan tidak hanya mampu memakmurkan pejabat-pejabatnya saja.

Beberapa menteri sepertinya juga sudah mulai bekerja dan mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang diharapkan mampu membawa perubahan yang baik untuk bangsa ini.

Jika kita sudah melihat Presiden dan para menteri kabinet kerja sudah langsung mulai bekerja dan bekerja, maka kita belum melihat DPR yang ternyata masih sibuk berebut kekuasaan di parlemen. Walaupun sudah banyak isu yang mengatakan bahwa para anggota DPR sudah mempunyai kesepakatan antara kubu Koalisi Merah Putih (KMP) dan kubu Koalisi Indonesia Hebat (KIH) untuk berdamai, namun menurut dan prediksi saya kedamaian yang dijalin atas kesepakatan yang berlandaskan kepentingan perut partai mereka sendiri, maka hasil kesepakatanya tidak akan berlangsung lama.

Anda bisa membayangkan setingkat wakil rakyat yang seharusnya mengutamakan kerja untuk memakmurkan rakyat, akan tetapi justru ribut dan berebut pimpinan komisi. Kondisi ini tentunya tidak akan terjadi jika anggota DPR kita memang mengedepankan kepentingan rakyat. Namun inilah fakta yang kita lihat hari ini dan mungkin akan terus berulang entah sampai kapan.

Mental-mental pejabat kita yang begitu "PELIT" dalam berkorban untuk rakyat ini tentunya sangat berbahaya untuk kemajuan sebuah bangsa. Berbeda sekali dengan jaman penjajahan dahulu dimana semua pahlawan kita bersatupadu untuk mencapai satu tujuan yaitu KEMERDEKAAN!

Sedangkan pejabat-pejabat kita hari ini, mereka justru hanya berfikir untuk bersatu padu untuk merebut kekuasaan dan kekuasaan. Kondisi ini akan bertambah parah jika sudah tercapai kekuasaan, maka yang mereka utamakan adalah urusan partai mereka sendiri dan mengabaikan kepentingan rakyat.

Namun separah dan seburuk apapun kondisi bangsa kita hari ini, dalam moment-moment tertentu seperti hari pahlawan yang dirayakan setiap 10 November, ada sebuah harapan semoga saja pejabat-pejabat kita pada saatnya nanti akan tersentuh nurani mereka untuk bekerja dan bekerja dengan semangat sebagaimana semangat para pahlawan yang berjuang benar-benar untuk rakyat.

Kita juga berharap kepada para Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang selama ini memiliki image buruk dengan citra kemalasan dan keburukan sistem birokrasinya, melalui semangat peringatan hari pahlawan ini mereka sadar bahwa mereka kerja dan digaji dari keringat rakyat sehingga sudah sewajibnya bekerja dengan sebaik-baiknya untuk rakyat juga.

Berhentilah bermalas-malasan dan mempersulit birokrasi dalam setiap pelayanan masyarakat. Tidakkah kalian sebagai PNS ingin merubah citra buruk kalian sebagai PNS yang pemalas menjadi PNS yang memiliki citra positif sebagai PNS yang rajin dan selalu memberikan pelayanan terbaik kepada rakyat.

Buat seluruh warga negara juga harus menjadi pribadi-pribadi yang baik yang bisa menjadikan semangat kepahlawanan menjadi nilai-nilai yang terus dipegang. Nilai-nilai kepahlawan yang dimaksud bisa dalam bentuk rela berkorban dan menolong sesama yang membutuhkan disekitar kita.

Semoga di hari pahlawan 10 November 2014 ini kita bisa menjadi warga negara yang memiliki kepribadian baik serta memiliki pejabat-pejabat negara yang baik serta memiliki PNS-PNS yang rajin dan selalu melayani warganya dengan pelayanan terbaik. Amiiiin

Selamat Peringati Hari Pahlawan 10 November 2014!


ilustrasi gambar | kaskus.co.id

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.