Ahok Resmi Jadi Gubernur DKI Jakarta, Kemana Gubernur Tandinganya?

bc0b85b70aaa7891a61d3f4416c39807_ahok-resmi-jadi-gubernur-dki-jakarta

Setelah beberapa waktu lalu berkali-kali mengalami kontroversi, akhirnya pada hari ini, Jumat (14/11/14) secara resmi Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dinobatkan sebagai Gubernur DKI Jakarta. Ahok menggantikan Jokowi yang saat ini sudah menjabat sebagai Presiden RI.

Setlah Ahok secara resmi dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta oleh DPRD DKI Jakarta, maka langkah selanjutnya tinggal menunggu pelantikan Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta. Dalam pelantikan Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta nantinya akan dilantik langsung oleh Presiden RI Joko Widodo yang sekaligus mantan Gubernur DKI Jakarta.

Dalam peristiwa ini juga menjadikan Ahok akan sebagai gubernur pertama yang dilantik oleh presiden. Hal itu mengacu pada Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perpu) nomor 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Daerah. Pada pasal 163 Perpu tersebut disebutkan bahwa, Gubernur dilantik oleh Presiden di ibu kota negara.

Sebelum Perpu Pilkada berlaku pelantikan kepala daerah mengacu pada Undang-undang nomor 32 tahun 2004. Pada pasal 111 UU tersebut menyebutkan bahwa, Gubernur dan wakil Gubernur dilantik oleh Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden. [sumber: detikNews].

Posisi Ahok yang sekarang bukan berstatus politikus atau kader partai Gerindra lagi tentunya membawa cerita baru dalam perpolitikan di Indonesia.

Dengan dilantiknya Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta oleh DPRD, maka kekhawatiran beberapa pihak yang menyebut bahwa Ahok bisa gagal menjadi Gubernur DKI Jakarta terbukti tidak benar.

Pihak FPI yang sebelumnya begitu ngotot akan menolak Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta juga sekarang ini tidak begitu ngotot sebagaimana sebelum-sebelumnya.

Ketakutan FPI yang menganggap Ahok adalah musuh Islam sebenernya sebuah pernyataan yang sangat jauh dengan apa yang terjadi di lapangan. Beberapa bukti bahwa Ahok bukan musuh Islam yaitu sikap keberanian Ahok yang justru berani menutup tempat prostitusi di Jakarta. Tidak hanya itu, Ahok juga selama ini tidak pernah membuat kebijakan yang secara terang-terangan memusuhi islam sebagaimana yang FPI tuduhkan.

Justru Ahok sebagaimana kita lihat begitu tegas menerapkan peraturan-peraturan yang belum tentu orang lain melakukanya. Hal tersebut bisa dilihat misalnya keberanian Ahok saat bersama Jokowi menutup dan memindahkan PKL yang ada di pasar tanah abang yang saat itu sampai sempat bersitegang dengan Salah satu tokoh pasar tanah abang. Tapi akhirnya dengan keberanian dan ketegasanya penertiban PKL tanah Abah tetap dilakukan.

Ahok yang memang dari awal sudah sejalan dengan Jokowi juga terus melakukan gebrakan yang itu semua juga untuk kemajuan DKI Jakarta. Beberapa kebijakan Ahok tersebut misalnya dengan memberikan tambahan Bus TransJakarta dan masih banyak lagi program yang lainya. Termasuk juga didalamnya antisipasi banjir yang terus dilakukan dengan cara pengerukan sampah-sampah yang ada di sungai, waduk, dan selokan, dan juga langkah-langkah kongkrit lainya.

Singkat kata, Ahok selama ini bekerja masih berada pada jalur yang tepat dan kalaupun memiliki kekurangan, tentunya kekurangan itu masih dianggap wajar.

Menurut saya pribadi, dengan dilantiknya Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta, seharusnya warga dan pihak-pihak terkait lainya harus mendukung Ahok selama program-programnya memang untuk memajukan DKI Jakarta.

Kalaupun ada pihak yang menganggap Ahok masih punya banyak kekurangan, silahkan berikan saran dan masukan kepada Ahok dengan cara-cara yang baik sehingga kebersamaan sebagai warga DKI Jakarta bisa terjalin dengan baik penuh dengan persaudaraan.

Jika beberapa saat yang lalu ada pihak yang ingin membuat Gubernur tandingan, kemana Gubernur tandingan tersebut?

Semoga saja Gubernur tandingan yang kemarin sempat diisukan akan dibentuk tidak usah lagi dilanjut ya, karena Ahok sendiri dulunya kan terpilih juga berkat dipilih warga DKI Jakarta, jadi mungkin benar nasihat yang menyatakan, Kalaupun FPI ingin membentuk Gubernur tandingan, lebih baik siapkanlah Calon Gubernur kalian dari sekarang untuk pemilihan calon geburnur pada periode berikutnya.

Jadi, untuk sekarang ini tidak perlu bikin Gubernur tandingan ya ! :-)

sumber gambar: detikFoto

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.