Belum Ditemukan Mayat Korban, Semua Penumpang MH370 Dinyatakan Tewas

0c084f6bde5b82f5bc5ef6103fa38395_pesawat-mh370


Beberapa media nasional sudah memberitakan terkait kabar terbaru atas hilanya pesawat MH370. Beberapa media nasional tersebut menyatakan dalam judul mereka jika semua penumpang dari MH370 tewas.


Dari pemberitaan yang mereka tulis rata-rata mengutip dari pernyataan resmi Perdana Menteri Malaysia terkait kabar terakhir dari pencarian MH370 sekaligus isi sms yang dikirimkan oleh pihak berwenang yang mengabarkan tidak ada yang selamat atas kecelakaan yang menimpa pesawat MH370.


Berikut ini saya kutipkan isi pesan singkat tersebut yang saya kutip dari detikNews yang melansir dari ABC, Senin (24/3/2014):




"Malaysia Airlines dengan sangat menyesal harus berasumsi dengan melampaui segala keraguan bahwa MH370 telah hilang dan tidak ada yang selamat dari pesawat itu. Seperti yang akan anda dengar dalam beberapa jam selanjutnya dari PM Malaysia, kami harus menerima semua bukti yang menyebutkan bahwa pesawat tersebut jatuh di selatan Samudera Hindia."


PM Malaysia Najib Razak memberikan pernyataan di Putra World Trade Center (PWTC), Kuala Lumpur, pada pukul 22.00 waktu Malaysia bahwa MH370 telah berakhir di sisi selatan Samudera Hindia. Ia meminta agar media memberikan ruang bagi keluarga yang berbelasungkawa.


"Bagi mereka, beberapa minggu terakhir terasa menyedihkan. Saya paham bahwa berita ini sangat sulit. Saya meminta media untuk menghargai privasi mereka dan memberikan ruang di waktu yang sulit ini," kata Najib dalam konferensi pers.




Malam ini saya mendapat penjelasan dari perwakilan UK Air Accidents Investigation Branch (AAIB). Mereka menginformasikan kepada saya bahwa Inmarsat, perusahaan UK yang menyediakan data satelit yang mengindikasikan koridor utara dan selatan, telah melakukan perhitungan lebih lanjut pada data.


Dengan menggunakan tipe analisis yang belum pernah digunakan sebelumnya di investigasi sejenis, mereka telah mampu menjelaskan lebih lanjut tentang jalur penerbangan MH370.


Berdasarkan analisis terbaru mereka, Inmarsat dan AAIB telah menyimpulkan bahwa MH370 terbang sepanjang koridor selatan, dan posisi terakhirnya adalah di tengah Samudera Hindia, sebelah barat Perth.


Ini adalah lokasi terpencil, jauh dari berbagai kemungkinan tempat pendaratan. Oleh karena itu, dengan sedih dan menyesal saya harus menginformasikan bahwa berdasarkan data terbaru ini, pesawat MH370 berakhir di selatan Samudera Hindia.


Kami akan mengadakan konferensi pers besok dengan detail lebih jauh.


Untuk saat ini, kami ingin menginformasikan perkembangan baru ini dalam kesempatan sesegera mungkin.


Kami membagikan informasi ini dengan komitmen untuk keterbukaan dan rasa hormat kepada anggota keluarga, dua prinsip yang memandu investigasi ini.


Malaysia Airlines telah berbicara kepada keluarga dari penumpang dan kru untuk menginformasikan perkembangan ini.


Bagi mereka, beberapa minggu terakhir terasa menyedihkan. Saya paham bahwa berita ini sangat sulit. Saya meminta media untuk menghargai privasi mereka dan memberikan ruang di waktu yang sulit ini.



Atas kabar terbaru ini juga mengartikan bahwa gugur sudah berbagai dugaan-dugaan yang selama ini muncul di berbagai media pemberitaan. Sebagaimana kita tahu bahwa beberapa pengamat beberapa waktu yang lalu banyak yang berspekulasi dan menduga jika pesawat MH370 Dibajak terkait dengan dugaan teroris.


Namun dari adanya kepastian kabar tersebut diatas, beberapa pihak keluarga mungkin mempercayainya, akan tetapi ada juga pihak keluarga yang masih saja tetap berharap adanya keajaiban selama mayat dari penumpang MH 370 belum ditemukan.


Bahkan kabar terbaru menyebutkan bahwa atas adanya informasi dari Malaysia ini, pihak pemerintah China Menuntut pihak Malaysia atas informasi yang diberikanya tersebut.


Melalui tulisan ini saya ikut berbela sungkawa kepada keluarga korban, terlepas dari benar tidaknya kabar tersebut, semoga kalaupun memang semua penumpang MH370 meninggal segera ditemukan mayat ataupun bukti-bukti yang menguatkan dugaan tersebut sehingga pihak keluarga korban bisa ikhlas menerima peristiwa ini.


Semoga saja dari peristiwa ini bisa menjadikan pembelajaran buat dunia penerbangan diseluruh dunia termasuk Indonesia supaya meningkatkan kwalitas dan keamanan penerbangan disetiap pesawat supaya menjamin keselamatan para penumpangnya sehingga tidak terjadi lagi kasus serupa.


Ilustrasi gambar | detikNews


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.