Harapan Jokowi kepada Warga Jakarta di Tahun 2014 Sulit Dipenuhi?

b8098da15df4255c4e647e68d0779575_jokowi


Perayaan tahun baru 2014 sudah terlewati. Dari puncak perayaan tahun baru 2014 kemarin, yang membuat saya menarik adalah ketika mendengarkan pidato Jokowi.


Pada puncak perayaan Jelang Tahun 2014, Jokowi hanya berpidato sangat singkat dan menyampaikan harapan beliau sebagai Gubernur DKI Jakarta.


Pada pointnya harapan Jokowi yang disampaikan dihadapan ribuan warga Jakarta saat puncak perayaan tahun baru 2014 Jokowi sangat simple. Tapi walau sedikit permintaan Jokowi tersebut, saya sangat yakin warga Jakarta akan sulit mematuhinya.


Berikut ini beberapa harapan dan permintaan Jokowi di tahun 2014 kepada seluruh warga Jakarta.


Memelihara dan merawat Jakarta


Permintaan ini tentunya diartikan supaya semua fasilitas yang sudah dibangun dan di jaga oleh Pemprov DKI seperti Fasilitas Bus Trans Jakarta, Taman, Jalan, dan semuanya harus dijaga dan dirawat dengan cara tidak merusak atau membuat coretan-coretan dan sejenisnya.


Memelihara dan merawat Taman di Jakarta


Kewajiban Jokowi melalui kebijakan Pemprov DKI Jakarta salah satunya yaitu menyediakan fasilitas taman di Jakarta. Tujuanya selain sebagai tempat bersantai dan berkumpul warga Jakarta, taman juga berfungsi sebagai resapan saat musim hujan seperti sekarang ini.


Jika Jokowi sudah menyediakan Taman di Jakarta, maka sudah seharusnya tugas warga ikut menjaga dan merawat taman tersebut. Cara sederhananya dengan tidak merusak tanaman di taman, membuang sampah pada tempatnya disekitar taman yang sudah disediakan, dan sejenisnya.


Jadilah Warga Jakarta yang Tertib


Tidak disampaikan secara detil maksud dari kata tertib yang disampaikan Jokowi saat menyampaikan harapanya tersebut kepada warga Jakarta saat perayaan jelang Tahun Baru 2014 kemarin.


Tapi secara garis besar kita bisa memahami arti tertib dimulai dari tertib berlalu lintas, tertib dalam setiap aktivitas antrian seperti tertib mengantri pembelian tiket kereta api, tertib di bandara, tertib di terminal, dan semuanya.


Jangan Buang Sampah Sembarangan


Dari permintaan yang lain, yang disampaikan lebih rinci oleh Jokowi adalah ketika Jokowi menyampaikan terkait permohonanya supaya warga Jakarta tidak membuang sampah sembarangan.


Jokowi menyebutkan permohonanya tersebut dengan sangat rinci supaya warga jangan membuang sampah di sungai, jangan membuang sampah di got, jangan membuang sampah di selokan, dan intinya untuk selalu buang sampah pada tempatnya.


Menjaga Kerukunan antar Warga di Jakarta


Permintaan Jokowi yang terakhir saat disampaikan di puncak perayaan jelang Tahun Baru 2014 yaitu terkait dengan Kerukunan warga di Jakarta.


Permintaan ini tentunya sangat wajar karena Jakarta sebagai Ibu Kota negara yang berisi dari berbagai daerah di seluruh Indonesia hampir semua ada di Jakarta. Jakarta tidak hanya dihuni oleh warga Jakarta saja tapi juga tapi dihuni juga oleh para pendatang dari berbagai daerah.


Di Jakarta ada orang Jawa, Orang Sunda, Orang Batak, Orang Medan, Orang Papua, dan lain sebagainya semua ada di Jakarta.


Tidak hanya soal keberagaman suku dan kelompok saja, di Jakarta juga terdapat berbagai macam warga yang berbeda dalam agama dan keyakinanya.


Kondisi tersebut tentunya sangat rawan konflik jika diantara suku dan agama tersebut tidak saling menjaga kerukunan di Jakarta.


Memang lebih sedikit permintaan Jokowi kepada warga Jakarta dibandingkan dengan pemberian dan kinerja yang dilakukan oleh Jokowi untuk warga Jakarta. Tapi sebagaimana sudah kita tebak, tidak semua permintaan Jokowi tersebut bisa dipenuhi oleh warga.


Salah satu contoh sederhana yaitu terkait permintaan Jokowi supaya warga tidak membuang sampah sembarangan, pada malam perayaan tahun baru tersebut oleh warga Jakarta langsung di jawab dengan perilaku membuang sampah sembarang hingga terkumpul sampah mencapai 150 Ton.


150 Ton sampah tersebut merupakan hasil sampah dari perayaan tahun baru 2014.


Dari kondisi tersebut harusnya warga Jakarta harus koreksi diri mereka sebagai warga Jakarta untuk membantu Jokowi mengatasi berbagai masalah di Jakarta khususnya banjir. Cara yang dilakukan tidak sulit sebenernya,yaitu dengan cara membuang sampah pada tempatnya dan beberapa permintaan Jokowi lainya sebagaimana saya tuliskan diatas.


Sudah saatnya antara Jokowi dan warga saling bersinergi menjaga dan merawat Jakarta.


Ilustrasi foto | ahok.org

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.