Tahun Baru Islam 1435 Hijriyah: Sulitnya Berhijrah kepada Kebaikan

f650f73172e57c8258f8a36067ee99b8_sejarah-hijrah


Jelang perayaan Tahun Baru Islam 1435 Hijriyah yang sebentar lagi akan kita lalui membuat kita terkenang dan ingin menggali arti dan makna Hijrah.


Ada beberapa pendapat terkait dengan mengartikan arti Hijrah oleh beberapa orang. Tapi sebagian besar berpendapat jika Hijrah pada arti sebenarnya memang diartikan sebagai sebuah peristiwa Hijrahnya Nabi Muhammad S.A.W bersama sahabat secara fisik.


Hijrah tersebut dilakukan dari kota kelahiran Muhammad S.A.W yang berada di Mekkah untuk menuju kota Madinah. Hijrah ini dilakukan dikarenakan banyaknya serangan kaum Qurais yang saat itu sering mengganggu perjuangan dakwah Nabi bersama sahabat.


Dari pengertian terkait makna hijrah tersebut diatas sudah bisa memberikan kita hikmah dari sebuah perjuangan Muhammad untuk memperjuangkan sebuah nilai-nilai kebaikan yang diajarkan Muhammad untuk seluruh umat manusia melalui ajaran Islam yang membutuhkan kekuatan, kesabaran, dan ketabahan dalam menghadapi sebuah kesulitan.


Pada perkembanganya, makna hijrah yang tadinya hanya diartikan secara arti fisik dan cerita sesungguhnya terkait peristiwa hijrah Nabi dan para sahabat, saat ini makna hijrah juga sering diartikan sebagai makna perpindahan dari hal yang buruk menjadi hal yang baik.


Pada makna hijrah yang kedua inilah yang menurut saya sangat sulit untuk dilakukan. Secara teori dan ucapan, hijrah dari hal perbuatan negatif berganti menjadi perbuatan positif memang sangat mudah untuk diucapkan. Tapi menurut saya teramat sangat sulit untuk dilakukan.


Kebiasaan buruk yang sederhana untuk supaya tepat waktu dan tidak selalu terlambat saat membuat janji kemudian merubahnya untuk selalu tepat waktu saat membuat janji dengan teman saja sulit untuk dilakukan. Belum lagi ketika kita bicara terkait dengan hal-hal yang lebih besar lainya.


Sulitnya berhijrah kepada kebaikan ternyata juga dialami oleh para pejabat-pejabat di negeri ini. Lihatlah fakta betapa sulitnya merubah kebiasaan buruk bernama Korupsi yang dilakukan oleh pejabat-pejabat negara kita yang seolah tiada akhir ceritanya.


Sepertinya pemberitaan terkait kasus korupsi hampir setiap hari bisa dipastikan selalu ada di berbagai pemberitaan media.


Fakta tersebut membuktikan betapa sulitnya kita sebagai manusia untuk berhijrah dari kebiasaan buruk untuk berhijrah kepada kebaikan.


Tapi sesulit apapun itu, jika memang setiap kita ingin menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya, bukankah hijrah kepada kebaikan sesulit apapun harus terus kita upayakan?


Semoga di tahun baru Hijriyah 1435 Hijriyah ini kita bisa terus mencoba dan mencoba untuk bisa melakukan hijrah dari hal yang buruk untuk berhijrah menuju kepada kebaikan.


Selamat Tahun Baru Islam 1435 Hijriyah....



Ilustrasi gambar : kumpulansejarah.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.