Kota-kota Hantu di Berbagai Negara yang Paling Banyak Dikunjungi

07098d6a61cee9f34f80ce848bd3081e_3-bodie-california


Pada tanggal 31 Oktober Kamis kemarin merupakan perayaan Hari Halloween atau Hallowe'en.


Halloween atau Hallowe'en adalah tradisi perayaan malam tanggal 31 Oktober, dan terutama dirayakan di Amerika Serikat. Tradisi ini berasal dari Irlandia, dan dibawa oleh orang Irlandia yang beremigrasi ke Amerika Utara.


Halloween dirayakan anak-anak dengan memakai kostum seram, dan berkeliling dari pintu ke pintu rumah tetangga meminta permen atau cokelat sambil berkata "Trick or treat!" Ucapan tersebut adalah semacam "ancaman" yang berarti "Beri kami (permen) atau kami jahili."


Di zaman sekarang, anak-anak biasanya tidak lagi menjahili rumah orang yang tidak memberi apa-apa. Sebagian anak-anak masih menjahili rumah orang yang pelit dengan cara menghiasi pohon di depan rumah mereka dengan tisu toilet atau menulisi jendela dengan sabun (wikipedia).


Namun pada tulisan ini saya tidak ingin menuliskan tentang perayaan hari Halloween tersebut melainkan ingin menuliskan tentang kota-kota hantu di berbagai penjuru dunia Versi National Geographic yang saya kutip langsung dari website resmi nationalgeographic.com.


Berikut ini merupakan kota-kota Hantu yang sangat terkenal angker tapi tetap menawan dan memikat banyak orang berkunjung ke kota-kota hantu di berbagai negara berikut:


1. St Elmo, Colorado



ec3639bd1de3d420f1e49287cd9a0f34_1-st-elmo-colorado

Kota yang terletak di Colorado ini sebelumnya merupakan kota yang dikenal sebagai kota pertambangan. Selain dikenal sebagai kota pertambangan, St Elmo ini juga merupakan jalur kereta api yang ramai. Namun sejak tahun 1922 sudah ditutup sehingga kota ini terlihat sangat sepi dan menyeramkan. Di Kota St Elmo, Colorado ini terdapat peninggalan bangunan kuno seperti toko, rumah, dan gereja-gereja yang dibiarkan tetap utuh dan terjaga.


Saat ini kota St Elmo di Colorado dijadikan kunjungan wisata horror karena walau lokasinya dikenal banyak hantunya tapi pemandanganya sangat indah.Kota ini juga sering dijadikan sebagai lokasi hiking dan off-road karena untuk menuju tempat ini masih mudah dijangkau.


2. Chaco Canyon, New Mexico



4e7bcb75b157883a1620859f6c987c99_2-chaco-canyon-new-mexico

Anda pernah mendengar sejarah tentang Peradaban Chaco? Peradaban Chaco berkembang dimulai sekitar tahun 800-1100 M. Selama periode tersebut, Lembah dan ngarai di daerah ini dijadikan sebagai pusat upacara dan ritual-ritual serta digunakan sebagai lokasi aktivitas warga lainya. DI tempat ini penduduk membangun cluster tempat tinggal dan struktur upacara yang dibuat secara melingkar dan oleh mereka disebut Kivas. Bangunan ini terbuat dari batu bata lumpur, pasir, dan kayu. Bangunan-bangunan ini hingga sekarang masih banyak yang tetap utuh terjaga.


3. Bodie, California



07098d6a61cee9f34f80ce848bd3081e_3-bodie-california

Kota Bodie yang berlokasi di California ini pada tahun 1879 merupakan sebuah kota pertambangan emas yang sangat ramai. Di kota ini juga dijadikan sebagai rumah untuk 8.500 warga. Penduduk di kota Bodie ini terkenal suka berkelahi dan saling membunuh antar warga. Hingga pada suatu dekade tambang emas disini habis hingga akhirnya kota ini ditinggalkan oleh seluruh penduduk sehingga menjadi kota kosong tak berpenghuni. Bangunan yang tersisa di kota Bodie ini hanya tersisa sekitar 150 rumah. Karena kekosongan kota ini yang sudah ratusan tahun menjadikan kota ini dikenal banyak hantunya.


4. Humberstone dan Santa Laura, Gurun Atacama, Chili



9b3c21c37201cd248fd6df51f9526f23_4-humberstone-and-santa-laura-atacama-desert-chile

Hampir sama dengan Kota Bodie di California, kota Humberstone dan Santa Laura, Gurun Atacama di Chili ini sebelumnya juga merupakan kota tambang. Kedua kota yang berlokasi di daerah Chili Utara sudah ditinggalkan penduduknya sekitar tahun 1958. Bangunan-bangunan di kota ini masih terjaga seperti tempat reservasi teater dengan kursi aslinya, rumah, kolam renang besi yang terbuat dari lambung kapal, hotel, dan toko-toko grosir lengkap dengan daftar harganya.


Kota yang sudah kosong ini tentunya diduga dihuni oleh berbagai jenis hantu yang menyeramkan sehingga tidak ada yang berani tinggal lama di kota ini.


5. Bhangarh, Rajasthan, India



d8a5de1d0efdab099c49eba8e20fed07_5-bhangarh-rajasthan-india

Sejak kota Bhangarh, Rajasthan di negara India yang berlokasi di barat laut India ini ditaklukan oleh raja Jaipur pada tahun 1720-an, kota ini terlihat kosong. Berasal dari abad ke-17 dan sebelumnya, reruntuhan kuil termasuk reruntuhan paviliun, dan benteng abad pertengahan dikatakan sangat angker dan menakutkan sehingga kota ini benar-benar ditinggalkan oleh penduduk. Kota ini juga dijadikan sebagai tujuan wisata kota hantu yang terkenal di India.


Selain dari kelima kota tersebut masih ada 5 kota hantu lainya yaitu Kayakoy Anatolia di Turki, Kota Pyramiden Svalbard di Norwegia, Kota Herculaneum, Naples di Italia, Kota Belchite di Propinsi Zaragoza Spanyol, dan yang terakhir yaitu Kota Kolmanskop di Namibia.


Walau kota-kota tersebut diatas merupakan kota-kota yang terkenal dengan Kota Hantu, tapi anehnya justru tetap saja banyak yang ingin datang berkunjung ke kota-kota tersebut.


Apakah Anda juga ingin datang dan berkunjung ke kota-kota hantu tersebut?




sumber foto| NationalGeographic, wikipedia, googling


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.