Cara Bloger Dukung PLN Bersih itu Biasa, Tapi Pengaruhnya Luar Biasa !


Gerakan PLN Bersih yang dilakukan oleh PLN dengan melibatkan Bloger perlu diberikan apresiasi dan dukungan langsung oleh para Bloger di seluruh Indonesia. Hal ini sangatlah penting karena PLN berani mengadakan kontes ini serta mengajak para Bloger tentunya menunjukan komitmen PLN untuk menjadi Perusahaan Listrik Negara yang bersih dari Korupsi.


Sebagaimana kita tahu bahwa di negara kita bernama Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini, korupsi menjadi musuh terbesar dan selalu menjadi musuh bangsa.


Perilaku korupsi di Indonesia sudah menggerogoti sendi-sendi lembaga negara. Kasus korupsi sudah pernah menimpa lembaga eksekutif, legislatif, yudikatif, dan semuanya. Kondisi ini tentunya sangat berbahaya untuk memajukan negara yang bersih dari korupsi.


PLN sebagai Perusahaan Listrik yang dimiliki oleh Negara juga tidak terlepas dari adanya dugaan kasus Korupsi, yang terbaru terkait dengan dugaan Korupsi yang dilakukan Dahlan Iskan yang masih menuai kontroversi.


Kondisi tersebut tentunya bisa mengganggu kinerja pejabat-pejabat PLN yang bersih dan anti dengan Korupsi. Memang tidak mungkin jika di PLN semua pejabat dan pegawainya 100% merupakan orang bersih. Didalamnya tentunya ada yang bersih dan ada juga yang kotor.


Karena PLN sadar akan kondisi tersebut, maka yang dilakukan oleh mereka-mereka yang ingin berjuang untuk menjadikan PLN sebagai perusahaan yang bersih dari korupsi, dibentuklah Gerakan PLN Bersih tersebut.


Namun berbeda dengan lembaga-lembaga atau perusahaan milik Negara dalam memerangi kasus korupsi, PLN saat ini menggandeng para Bloger sebagai mitra untuk membantu mensosialisasikan tentang program Gerakan PLN Bersih.


Alasan PLN melibatkan bloger untuk mendukung gerakan PLN Bersih ini tentunya bukan tanpa alasan. Bloger selama ini dianggap sebagai orang-orang yang masih independent dan idealis untuk membuat opini publik serta selalu kritis dalam mengawasi kinerja pejabat publik termasuk PLN tentunya bisa menjadi pengawas yang sangat cocok atas kinerja PLN selama ini.


Para Bloger dalam mendukung Gerakan PLN Bersih ini juga diharapkan tidak hanya ingin mendapatkan hadiah semata-mata, tapi bagaimana seorang bloger harus tetap menjaga idealis dan sifat kritis sebagai seorang bloger dalam mengawasi kinerja PLN.


Jangan hanya karena ingin mendapatkan hadiah, seorang Bloger kemudian hanya membuat tulisan-tulisan yang memuja dan memuji kinerja PLN. Walau ini dalam sebuah kontes dan perlombaan, justru disinilah kesempatan para Bloger untuk memberikan kritik dan masukan buat PLN untuk membangun PLN yang benar-benar bersih dari Korupsi.


Dalam mengikuti lomba Gerakan PLN Bersih ini boleh saja seorang Bloger membuat apresiasi dan pujian untuk PLN atas kinerjanya, hal ini dikarenakan pada kenyataanya pastilah kinerja PLN juga banyak sekali prestasi yang sudah diraih atas kerja keras mereka.


Namun yang harus dijadikan catatan terpenting juga oleh para bloger adalah kritik dan saran serta pengawasan terhadap kinerja PLN selama ini, apakah PLN benar-benar sudah bekerja dengan Bersih dari korupsi seperti slogan dan gerakan PLN Bersih yang mereka galakan ini?.


Pertanyaan tersebut diataslah yang harus kita perbanyak melalui tulisan para bloger dengan memunculkan data dan fakta atas setiap kinerja PLN dilapangan.


Karena sangat mungkin walaupun dari PLN Pusat sudah membuat gerakan PLN Bersih, tapi pada kenyataanya tidak semua petugas dan pegawai PLN di daerah akan mengikuti dan melaksanakan Gerakan PLN Bersih ini dengan baik.


Dalam kondisi inilah peran seorang bloger bisa menjadi peran yang sangat penting untuk mengawasi kinerja PLN di berbagai daerah di Indonesia.


Saya yakin peserta dari kontes Bloger dari Gerakan PLN Bersih ini tentunya berasal dari berbagai daerah yang berbeda-beda di seluruh Indonesia. Terlebih dari seorang bloger ini pastinya memiliki teman bloger atau teman yang banyak di jejaring social seperti facebook, twitter, dan lainya.


Bayangkan jika seorang bloger membuat tulisan dalam kontes Gerakan PLN Bersih dan kemudian membagikan tulisanya di akun twitternya, kemudian oleh temanya di retwitt, ditambah lagi di retwitt oleh blogdetik dan detik.com yang followernya sudah jutaan, tentunya tulisan anda akan dibaca oleh ribuan mungkin jutaan orang diseluruh Indonesia.


Pengaruh inilah yang akan membuat tulisan anda menjadi luar biasa dan memiliki peran yang sangat penting dan tidak hanya sebatas kontes semata tapi juga memiliki dampak sosial yang luar biasa.


Contoh kongkritnya begini, seandainya seorang bloger yang mengikuti kontes ini membuat tulisan yang memberikan bukti terkait adanya dugaan korupsi oleh oknum PLN disuatu daerah, kemudian dari tulisan tersebut diadukan oleh PLN. Jika anda dalam membuat tulisan disertai alat bukti dan saksi yang benar-tentunya pihak PLN akan melakukan pembuktian apakan tulisan anda itu benar atau salah. Jika tulisan anda ternyata memang benar, maka oknum PLN yang melakukan korupsi tersebut bisa dipecat dari PLN bahkan dijebloskan ke penjara jika memang memiliki kekuatan hukum.


Begitu juga sebaliknya, jika anda membuat tulisan yang memang anda melihat kinerja PLN dilapangan yang tidak pernah mau menerima suap, kemudian anda membagikan tulisan anda tersebut dengan sesuai data dan fakta, maka secara otomatis tulisan anda akan mempengaruhi pembaca jika di PLN masih ada petugas dan pegawai yang jujur dan anti suap.


Melalui tulisan ini saya mengajak kepada kawan-kawan bloger untuk tidak menganggap bahwa lomba Gerakan PLN Bersih ini sebagai ajang mendapatkan hadiah semata. Karena yang jauh lebih penting dari itu semua adalah bagaimana kita sebagai Bloger benar-benar menjadi bagian dari Gerakan PLN Bersih dengan memberikan tulisan-tulisan yang kritis dan mendukung tercapainya Gerakan PLN Bersih.


Biarlah jika ada sebagian pihak yang menganggap tulisan para Bloger dalam mendukung Gerakan PLN Bersih ini biasa-biasa saja. Tapi yakinlah jika tulisan yang kita buat disertai data dan fakta serta apa adanya tanpa rekayasa, maka yakinlah itu akan memberikan pengaruh dan dampak yang luar biasa untuk mendukung Gerakan PLN Bersih !


Terus Dukung Gerakan PLN Bersih !

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.