Messi dibuat Tak Berkutik, Munchen Kalahkan Barcelona 2:0

4127dce8c0b21ea123cb1c49a8e1d629_bayern-vs-barcelonaAda yang menarik dari pertandingan tadi malam antara Bayern dengan Barcelona. Ya !, cerita menarik itu tentunya kisah antara seorang mantan pelatih melawan tim yang pernah di latih, siapa lagi kalau bukan kisah seorang Guardiola yang sebelumnya pernah melatih Barcelona dengan Messi dkk yang merupakan "anak kesayanganya" saat melatih Barcelona. Bahkan pada saat kejayaan barcelona, ketika ada orang menyebut nama Guardiola maka yang di ingat pasti Barcelona.


Namun semalam merupakan malam yang sangat spesial untuk seorang Guardiola, untuk pertama kalinya Guardiola harus melawan tbarcelona yang dahulu selalu dilatih dan di belanya untuk selalu memenangkanya. Tapi pada pertandingan uji coba persahabatan pra musim tadi malam tersebut seorang Guardiola harus berfikir untuk bagaimana cara bisa mengalahkan Barcelona.


Mungkin hal yang serupa juga dirasakan oleh Messi dan kawan-kawan, Jika sebelumnya Guardiola adalah sosok yang selalu memberikan strategi, motivasi untuk bisa menang, tapi pada pertandingan tadi malam mereka harus melupakan itu semua karena Guardiola adalah pelatih lawan yang harus selalu di kalahkan.


Mungkin untuk pelatih dan tim yang lain, peristiwa tersebut sebenernya sudah biasa dalam kancah dunia sepak bola profesional dimana pelatih dan pemain memang akan selalu seperti itu. Tapi untuk kisah Guardiola dan pemain Barcelona jelas berbeda karena dunia mencatat sejarah bagaimana Guardiola bersama Messi Cs begitu menyatu bahkan dahulu semua orang mungkin tidak pernah berfikir jika Guardiola akan meninggalkan Barcelona.


Pada pertandingan uji coba pra musim ini membuktikan jika Guardiola lebih cerdik dan pandai dalam membaca pergerakan Messi dkk yang pernah dilatihnya. Hal ini terbukti dengan strategi Guardiola yang membuat Messi seperti tidak diberikan kesempatan untuk membobol gawang Bayern yang saat ini dilatihnya.


Dengan hasil kekalahan ini Messi dan kawan-kawan beserta pelatih barunya harus menjadikan ini pelajaran berharga jika permainan Barcelona masih belum berubah sehingga Guardiola begitu mudah membaca pergerakan dan permainan mereka.


Barcelona harus bangkit dan merubah strategi dan gaya permainanya karena sepak bola tidak hanya memainkan skill individu semata. Sehebat apapun messi, jika strategi yang digunakan itu-itu saja, maka akan sangat mudah dibaca lawan sehingga akan mudah juga untuk dikalahkan.


Dan memang dalam dunia sepak bola akan selalu berlaku hukum, Siapa yang terus melakukan perbaikan strategi dan kekompakan tim serta kemampuan individu-individu terbaiklah yang akan menang, diluar itu hanyalah sedikit bernama "Keberuntungan".


foto || detikSPORT.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.