Cara Sederhana Membuat Perpustakaan Pribadi untuk Keluarga

f76b59451b1c4531ffdb31b5d609c464_images-2047354205Sudah saatnya bahwa memajukan perpustakaan dan budaya membaca dimulai dari keluarga masing-masing. Caranya tentunya dengan menyediakan perpustakaan pribadi dalam sebuah keluarga. Melalui tulisan ini saya ingin berbagi Tips Sederhana untuk bagaimana cara membuat perpustakaan di keluarga kita masing-masing berdasarkan pengalaman pribadi.



1. Tidak Harus ada Ruangan Khusus



Untuk membuat perpustakaan dalam keluarga sendiri jangan terlalu berfikir harus ada ruangan (kamar) khusus untuk perpustakaan karena itu pasti membutuhkan biaya besar. Cukup dengan membuat rak-rak buku yang bisa dipasang di manapun di dalam rumah. Misalnya di pinggir ruang tamu, di ruang makan, di ruang keluarga, dimanapun selama itu memang bisa dipasangi rak untuk buku.



2. Koleksi Buku



Tidak perlu membayangkan biaya besar untuk membuat perpustakaan dalam rumah kita. Cukup dengan diawali dari koleksi buku-buku yang kita miliki saja. Untuk melakukan sesuatu yang besar semua harus diawali dari kecil dahulu. Biasanya setelah kita memulai sesuatu pasti akan memunculkan ide selanjutnya begitu seterusnya. Selain dari koleksi buku pribadi, kita bisa minta buku melalui teman dekat, atau keluarga yang lain yang mensuport keinginan kita.



3. Cari Donatur Buku



Saat ini semakin banyak masyarakat, komunitas, dan pribadi-pribadi yang memiliki hati yang baik serta kepedulian yang tinggi untuk bersedia bersedekah dalam bentuk buku. Untuk bisa mendapatkan buku gratis, cobalah membuat proposal pengajuan buku gratis ke Perpusnas, penerbit, komunitas pecinta buku, dan gerakan-gerakan social lainya yang mendukung gerakan budaya baca di Indonesia.



Tips diatas kita pikir tidak terlalu sulit untuk memulainya jika memang kita ingin membuat PERUBAHAN untuk keluarga kita tercinta. Tidakah kita menginginkan keluarga kita merupakan sekumpulan keluarga yang CINTA MEMBACA dan mencintai ilmu pengetahuan dan CERDAS ? Mungkin itu sesuatu yang kecil, tapi bayangkan seandainya disetiap rumah kita di seluruh Indonesia melakukan hal yang sama, tidakah itu sesuatu yang LUAR BIASA ? Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.