Hikmah Positif Banjir di Jakarta

daf137d1232c046bcb990dd9fdff252f_banjirfoto || detik.com


Turut berduka cita atas musibah banjir yang terjadi di Jakarta. Semoga semua pihak khususnya para korban banjir diberikan ketabahan dan kekuatan dalam menjalani musibah banjir ini.


Melalui tulisan ini penulis hanya ingin mengajak pembaca bahwa setiap peristiwa pasti ada hikmah positifnya, demikian juga dengan banjir yang terjadi di Ibu Kota Negara Indonesia bernama Jakarta.


Beberapa hikmah positif dengan adanya banjir di Jakarta:


1. Membangkitkan Solidaritas dan Kebersamaan Warga


Jika biasanya kita sering mendengar warga Jakarta terlibat bentrok, tawuran, percekcokan, dan sikap negatif yang lain. Dengan adanya banjir kita melihat semua warga saling bahu membahu membantu mengevakuasi korban banjir, mengirimkan bantuan, dan saling memberikan suport untuk bersabar menghadapi musibah banjir.


2. Saatnya Semua Melakukan introspeksi Diri


Ingatlah bahwa setiap musibah yang terjadi bukanlah salah Tuhan melainkan pasti karena ulah manusia itu sendiri. Dengan adanya banjir, tentunya semua warga harus koreksi diri sendiri, jangan-jangan kita termasuk dari salah satu penyebab terjadinya banjir.




[caption id="attachment_1888" align="aligncenter" width="400" caption="Siapa tau salah satu sampah disini adalah sampah anda? || Foto:detik.com"]9005e72430428985b3cd29183e89bc8a_sampah[/caption]



Jangan terburu-buru bilang tidak, karena dengan pernah membuang 1 sampah sembarangan di jalan atau di sungai atau di tempat sembarangan lain, itu juga merupakan salah satu penyebab banjir di Jakarta. Jika yang membuang sampah sembarangan hanya 1 orang saja mungkin tidak jadi masalah, Tapi bayangkan seandainya setiap orang di Jakarta pernah melakukanya (baca: buang sampah sembarangan), tentunya menjadi luar biasa bukan sampah yang terkumpul?


Terkadang saat kita membuang sampah sembarangan memang tidak terasa jika perbuatan itu salah dan akan mengakibatkan bencana. Baru ketika banjir datang, barulah kita tersadar itu adalah akibat dari kebiasaan buruk kita.


3. Percepatan Mencari Solusi dan Segera Eksekusi


Sebenarnya semua pakar di Indonesia sudah terlalu banyak berkoar tentang solusi mengatasi banjir, namun semua hanya sebatas wacana dan retorika. Dengan adanya banjir seperti ini, seharusnya semua pihak harus berfikir lalu berbuat untuk berperan serta mengatasi banjir di tahun-tahun selanjutnya.


Masyarakat dimulai dari yang sederhana membuang sampah pada tempatnya. Pak RT dan warganya harus menggerakan kerja bakti rutin di setiap minggunya untuk membersihkan got, sampah, disekitarnya, dan lain sebagainya.


Pemerintah dan instansi terkait yang memang memiliki wewenang lebih banyak juga ahrus segera mengeluarkan kebijakan yang segera untuk mengatasi banjir ini. Dimulai dari pengerukan sungai dan membersihkan sampah secara besar-besaran, hingga membuat sistem inovasi baru yang harus segera di realisasikan.


Penulis hanya menuliskan sebagian kecil hikmah positif dari terjadinya banjir di Jakarta, karena sejatinya masih banyak hikmah dari setiap peristiwa untuk mereka-mereka yang mau berfikir atas setiap musibah yang terjadi di sekitar kita.



BANGKIT dan TETAP Semangat untuk Warga Jakarta !!



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.