Membaca Karakter Orang SOmbong



Jika setiap kita pribadi ditanya oleh orang lain akan sebuah pertanyaan, Apakah anda suka dengan orang SOmbong?.Saya berani pastikan dengan tidak ragu semua akan menjawab serentak dengan jawaban TIDAK !

Namun pertanyaan selanjutnya adalah, pernahkah kita sadar jika kita seringkali melakukan perbuatan yang dianggap SOmbong oleh orang lain ?. Kalau yang ini jawabanya mungkin akan beragam.


Namun melalui tulisan ini penulis tidak akan membahas itu dan penulis berharap tulisan ini hanya ingin memotivasi penulis supaya jadi ingatan sepanjang usia bahwa SOmbong dengan berjuta alasan pastilah TIDAK BENAR.


Disini penulis ingin mencoba mengelompokan karakter orang-orang SOmbong yang pernah penulis temukan (dan mungkin saja salah satunya adalah ada pada pribadi penulis). Orang sombong muncul karena merasa memiliki sesuatu yang LEBIH dari orang lain.


1. Sombong Karena LEBIH KAYA


Sombong yang seperti ini biasanya pasti yang disombongkan terkait dengan KELEBIHAN kekayaan yang dia miliki dibandingkan dengan kekayaan orang lain. Namanya orang sombong, biasanya kurang menghargai atau menghormati orang yang lebih miskin dan cenderung pelit.


2. Sombong Karena Kecerdasan (Pengalaman atau Jabatan)


Orang SOmbong yang seperti ini akan merasa dirinyalah yang merasa paling cerdas dan berpengalaman sehingga menganggap pemikiran orang lain selalu salah. Tipe orang seperti ini bisa dilihat keSombonganya saat berdiskusi atau sharing dengan orang yang pendidikan atau ilmu serta pengalamanya jauh lebih rendah daripadanya. Kecenderunganya orang seperti ini susah menerima kebenaran ketika kebenaran itu keluar dari orang yang pendidikan dan pengalaman serta ilmunya jauh lebih dibawahnya.


3. Sombong Karena Kecantikan / Ketampananya


Anda pernah mendengar bagaimana seseorang mengatakan begini " Coba dech liat cewek itu, Mentang-mentang Cantik Gayanya belagu banget dech ! " ? Jika pernah berarti perempuan cantik itu berarti sudah menunjukan kesombonganya karena kecantikan yang dia miliki. Demikian juga untuk para pria yang juga tidak sedikit menjadi sombong karena ketampananya.


Sebenarnya mungkin masih banyak berbagai karakter orang sombong yang lain. Namun 3 hal diatas merupakan yang paling sering penulis temukan. Semoga kita setiap manusia bisa terjaga dari sifat-sifat buruk yang demikian sehingga bisa menjadi pribadi-pribadi yang menyadari bahwa tidak ada yang layak kita SOmbongkan karena setiap diri kita pasti punya kelebihan dan kekurangan dan diantara satu dengan yang lain juga saling membutuhkan .

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.