Cara Memperbaiki Komputer yang Selalu Restart Sendiri di Windows

Sebenarnya saya sendiri sudah tidak menggunakan OS Windows dan lebih menggunakan OS Linux karena selain tidak mampu membeli juga karena saya ingin mencoba tidak menjadi pembajak software hehehe (baca: sok idealis wkwkwkwk). Namun tetap saja seringkali banyak teman-teman yang bertanya dan mengeluh komputer temen-temen saya yang menggunakan OS Windows sering sekali restart sendiri.


Beberapa teman pengguna OS Windows menganggap komputer mereka terkena virus. Namun selain mungkin karena virus, sebenarnya ada penyebab lain. Penyebab tersebut salah satunya karena di sistem settinganya memang masih di setting untuk sewaktu-waktu restart autamatic sendiri.


Untuk solusinya, silahkan ikuti tips sederhana berikut ini. Untuk membuat Tutorial ini saya terpaksa harus menggunakan OS Windows milik kantor (karena lepi saya sudah menggunakan Linux :D ).




  • Langkah Pertama, Silahkan anda buka explore, jika sudah membuka explore silahkan anda klik kanan pada menu "my computer" dan pilih menu "propertis" seperti terlihat pada gambar 1 dibawah ini:


[caption id="attachment_1693" align="aligncenter" width="574" caption="Gambar 1"]Gambar 1[/caption]

  • Langkah Kedua, setelah anda klik properties seperti gambar diatas, maka selanjutnya akan muncul menu "system properties" dan anda pilih klik "advanced" dan kemudian klik "setting" pada menu "startup and recovery" pada bagian paling bawah seperti terlihat pada gambar 2 berikut:


[caption id="attachment_1694" align="aligncenter" width="418" caption="Gambar 2"]Gambar 2[/caption]

  • Langkah Ketiga, Jika anda sudah menjalankan pada tahap kedua seperti gambar 2 diatas, maka selanjutnya akan muncul menu"startup and recovery" kemudian perhatikan pada bagian paling bawah ada tulisan "Automatically Restart" yang posisinya tercentang seperti terlihat pada gambar 3 di bawah ini:


[caption id="attachment_1695" align="aligncenter" width="385" caption="Gambar 3"]Gambar 3[/caption]

  • Langkah Keempat, Jika posisi"Automatically Restart" masih tercentang, yang anda lakukan adalah hapus tanda centang tersebut dengan cara mengklik satu kali pada tanda centang tersebut sehingga tanda tercentang tersebut hilang seperti terlihat pada gambar 4 berikut ini:


[caption id="attachment_1696" align="aligncenter" width="387" caption="Gambar 4"]Gambar 4[/caption]

  • Langkah kelima, Jika tanda centang pada"Automatically Restart" sudah hilang jangan lupa klik tombol "OK" maka sudah selesai.


Selamat mencoba .....

Jika anda tidak ingin mengalami seperti itu (baca: komputer restart sendiri) saya sarankan silahkan beralih menggunakan OS Linux :D ckckckck ...

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.