Nasional Demokrat Daftarkan Diri Jadi Partai

nasional demokratPada tepatnya tanggal 2 Februari 2010 saya pernah membuat sebuah tulisan yang saat itu juga masuk di headline detik.com dengan judul "Deklarasi Nasional Demokrat Wujud Kekecewaan Surya Paloh di Golkar ?" .


Dalam tulisan tersebut di bagian awal dan akhir saya meyakini bahwa Nasional Demokrat kelak akan menjadi partai politik.


Akhirnya setelah satu tahun lebih berlalu, akhirnya di hari Senin 25 April 2011 ini saya menemukan sebuah tulisan dari tempointeraktif yang berjudul "Nasdem Daftarkan Diri Jadi Partai".


Sejak pembukaan pendaftaran 17 Januari lalu, Departemen Hukum dan HAM baru menerima pengajuan status badan hukum 3 calon partai politik baru. "Yang sudah mengajukan baru 3 peserta. Mereka partai baru semua," kata Kepala Subdirektorat Hukum Tata Negara Kementerian Hukum dan HAM Josi Besar Sugiarto di Jakarta, (25/4).


Salah satu partai yang mendaftarkan diri adalah Partai Nasional Demokrat. Partai ini, dalam daftar di Kantor Kementerian Hukum dan HAM, diajukan Ketua Patrice Rio Capella dan Sekretaris Jenderal Ahmad Rofiq.


Uniknya, partai yang terdaftar itu memiliki kesamaan logo antara Nasdem dengan Organisasi Massa Nasional Demokrat yang dipimpin Suryapaloh.


Josi tak memastikan apakah Partai Nasional Demokrat ini identik dengan organisasi massa Nasdem yang dipelopori politisi Golkar Suryapaloh. "Mereka yang mengajukan nama seperti itu," kata Josi.


Menurut Josi, sebelum masa akhir pendaftaran, yaitu 22 Agustus 2011, setiap partai masih boleh melengkapi berkas-berkas yang kurang sebelum masa verifikasi dimulai. Proses verifikasi partai politik peserta Pemilu 2014 akan dilaksanakan pada 24 Agustus 2011.


Status badan hukum diberikan kepada partai politik apabila memenuhi persyaratan kepengurusan di 60 persen dari jumlah provinsi, separuh kepengurusan di kabupaten/kota dalam provinsi, dan seperempat kepengurusan tingkat kecamatan dalam kabupaten/kota.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.