Awas! Tsunami Jepang Mencapai Biak, Irian & Maluku Pukul 19.30 WIB

Jakarta-Detik.com** Staf Khusus Presiden bidang Penanggulangan Bencana Andi Arief memberikan peringatan tsunami akibat gempa dahsyat di Jepang. Dampak musibah di Jepang ini bisa mencapai bagian timur Indonesia.


"Warning : ??diantisipasi kemungkinan bisa terdampak terkena biak dan irian + maluku. Mhn diwaspadai. (DRM HAMZAH LATIEF, Tim ahli Tsunami)," tulis Andi Arief dalam akun twitternya @andiariefnews, Jumat (11/3/2011).


??Hamzah Latief, melalui Andi Arief mengatakan tsunami mencapai Indonesia pada pukul 19.30 WIB atau 21.30 WIT.


"DR Hamzah Latief : Tingginya sekitar 50 cm sd 1 m. Waktunya sampai ke Indonesia kira2 jam 19.30 atau 21.30 di Indonesia timur," tulis Andi.


Andi pun menjelaskan bahwa tsunami Aceh 2004 lalu saja bisa mencapai Somalia dan Bangladesh. Gempa di Chili tahun 1960 mengakibatkan tsunami hingga Jepang yang mengakibatkan 300-an siswa SD menjadi korban saat bermain di pantai.


Peringatan tsunami ini juga dikeluarkan oleh Pusat Deteksi Dini Tsunami Pasifik di Hawaii, Amerika Serikat.


"Peringatan tsunami berlaku untuk Jepang, Rusia, Pulau Marcus, dan Marianas Utara. Pemantauan tsunami juga dikeluarkan untuk Guam, Taiwan, Filipina, Indonesia dan negara bagian Hawaii, AS," tulis Pusat Deteksi Dini Tsunami Pasifik Hawai seperti ditulis AAP dan dilansir dari news.com.au, Jumat (11/3/2011).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.