Peran dan Fungsi Komunitas dalam Membuat Perubahan Sosial

banner-kmiSeandainya setiap lembaga pemerintah di negeri ini bekerja sesuai dengan bidang mereka masing-masing dan profesional, mungkin negeri ini sudah menjadi negara yang luar biasa besar. Hal tersebut tidaklah sebuah mimpi atau bualan semata karena Sumber Daya Alam negeri ini teramat luar biasa. Namun sayangnya, harapan kita untuk melihat kinerja dari lembaga-lembaga pemerintah di negeri ini untuk bekerja secara cerdas dan profesional ternyata masih jauh dari harapan. Kita lebih sering melihat buruknya kinerja mereka dibandingkan dengan prestasi dibidang mereka.

Namun sekarang, masyarakat tidak boleh pesimis dan hanya bicara soal kebusukan dan kebobrokan dari kinerja lembaga-lembaga pemerintah di negeri ini. Masyarakat negeri ini musti berperan aktiv dalam membuat sebuah perubahan di masyarakat kita. Saat ini sudah banyak komunitas-komunitas di negeri ini yang secara nyata memberikan peran penting dalam membangun sebuah perubahan sosial di masyarakat kita. Bentuknya juga sangat beragam. Kita bisa melihat misalnya apa yang sudah dilakukan oleh banyak komunitas di berbagai daerah dan melihat nyata peran mereka dalam membuat perubahan sosial di sekitar kita. Misalnya adalah komunitas Bloger yang baru-baru ini merayakan pesta bloger di berbagai daerah di Indonesia. Peran komunitas bloger di Indonesia sangat besar dalam membuat sebuah perubahan sosial disekitar kita. Perubahan sosial yang bisa kita lihat dengan adanya komunitas bloger misalnya adalah budaya menulis yang dilakukan oleh banyak masyarakat disekitar kita.

Berawal dari hanya aktivitas menulis, komunitas bloger kemudian membuat banyak perubahan sosial disekitar kita. Melalui tulisan bloger, banyak muncul ide-ide kreatif dan inspirasi untuk pembacanya. Misalnya seorang pelajar yang ingin belajar bahasa Inggris secara online dan gratis, mereka bisa belajar melalui blog yang berisi tentang privat bahsa inggris secara online. Jika seorang ingin bisa mendapatkan banyak penghasilan Dollar dari internet (Blog), dia bisa belajar melalui blog yang berisi tentang ini. Jika anda adalah seorang anak-anak putus sekolah tapi ingin tetap bisa belajar tentang komputer dan internet gratis, maka anda tinggal berkunjung ke blog yang membahas terkait komputer dan internet yang jumlahnya teramat sangat banyak.

Dengan adanya komunitas bloger, ilmu pengetahuan bisa kita dapatkan dengan sangat mudah dan murah. Hal ini karena sekarang, hampir setiap bidang ilmu pengetahuan dan teknologi sudah ada bloger yang membahasnya di blog mereka masing-masing berdasarkan keahlian masing-masing bloger. Dengan adanya komunitas bloger, masyarakat bisa semakin mudah dan murah untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan sangat cepat dan mudah, dan Gratis.

Tulisan saya ini hanya memberi sebuah contoh betapa sebuah komunitas memiliki peran yang sangat penting dalam membuat sebuah perubahan sosial disekitar kita. Komunitas bloger hanyalah salah satu contoh komunitas kecil dari banyaknya komunitas di Indonesia yang sudah melakukan perubahan sosial secara nyata di sekitar kita.

Sudah saatnya komunitas yang kita bangun jangan hanya sebatas membuat sebuah kegiatan yang bentuknya hanya sebatas ceremonial saja tapi harus memberikan kontribusi yang nyata dalam membentuk perubahan sosial kearah yang lebih baik dan memberi manfaat bukan hanya untuk komunitasnya saja tapi juga bisa memberikan manfaat untuk masyarakat luas.


Bagaimana dengan komunitas anda ?

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.