Pentingnya Knowledge Management (KM) untuk Mengelola sebuah Negara

kmIstilah Knowledge Management sebenernya bukan istilah baru dalam dunia ilmu pengetahuan. Namun di Indonesia terlihat masih sangat sedikit orang yang tahu apa itu knowledge Management, kalaupun tahu, biasanya tidak pernah di terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Istilah knowledge Management di Indonesia sering dikenal dengan istilah management Ilmu Pengetahuan dimana artinya sendiri kurang lebih adalah sebuah ilmu pengetahuan yang berfungi dan memiliki peran penting untuk mengatur atau memeneg semua ilmu pengetahuan yang setiap hari bertambah dan bertambah.


Knowledge Management (selanjutnya disingkat KM) befungsi untuk mengatur dan memanagement ilmu pengetahuan secara luas tanpa batas, artinya bahwa setiap ilmu pengetahuan yang ada di dunia ini diperlukan adanya KM ini. Yang perlu diingat adalah, karena ini merupakan KM itu berarti ada syarat penting untuk bisa menerapkan KM dalam sebuah bidang yaitu harus adanya Ilmu pengetahuan itu sendiri. Bagaimana mungkin KM bisa diterapkan jika ilmu pengetahuan itu sendiri tidak ada ?


Dalam tulisan ini penulis ingin memberikan sebuah contoh bagaimana peran dan pentingnya KM dalam mengelola sebuah Ilmu Pengetahuan dalam bidang ilmu pengetahuan tertentu.


Dalam tulisan ini penulis akan memberikan contoh pentingnya KM untuk mengelola sebuah Negara. Contoh yang akan saya ulas disini hanyalah salah satu sebagian contoh kecil yaitu saya spesifikasikan misalnya KM untuk ilmu pengetahuan dibidang Teknologi software Open Source yang saat ini berkembang sangat cepat diseluruh belahan dunia termasuk di Indonesia.


Dengan adanya perkembangan dan kemajuan teknologi open source yang begitu pesat diseluruh belahan dunia, maka peran KM disini sangat MUTLAK dibutuhkan. Hal ini diskarenakan sebuah ilmu pengetahuan secanggih dan sehebat apapun jika tidak dikelola dan diterapkan dengan benar hasilnya seringkali bukan manfaat tapi justru bencana.


Contoh Rincian penerapan KM untuk bidang ilmu pengetahuan dalam bidang teknologi open source dalam mengelola sebuah negara adalah sebagai berikut:


Di Indonesia adan ratusan departemen pemerintahan, masing-masing departemen masih memiliki sub departemen-departemen yang lain. Dari banyaknya departemen di negeri ini, saya bisa pastikan bahwa di dalam departemen tersebut pasti terdapat yang namanya teknologi komputer dan internet. Di dalam komputer pasti juga membutuhkan yang namanya software (perangkat lunak) untuk menjalankan suatu program tertentu.


Selama ini, pengadaan untuk software di seluruh departemen-departemen di Indonesia bisa dipastikan bahwa rata-rata menggunakan software berbayar. Yang sudah bisa dipastikan software tersebut adalah untuk standarnya adalah produk-produk dari microsoft seperti Windows, Microsoft Office, Photosop, Corel dan lain-lain.


Dari semua produk tersebut diatas semuanya berbayar. Biayanya juga tidak murah.


Disinilah kita akan tahu betapa pentingnya KM. Untuk membuktikanya, mari kita coba sedikit belajar berhitung angka rupiah. Karena angkanya yang mungkin akan banyak saya sarankan anda juga menyiapkan kalkulator dengan kuota digit yang panjang yach biar ga error kalkulatornya :D


Seandainya kita asumsikan harga OS (Operating System ) Windows harganya 2.000.000 (Dua Juta Rupiah) maka kita tinggal mengalihkan saja jumlah rupiah tersebut dengan jumlah komputer diseluruh departemen di Indonesia. Misalnya di departemen pendidikan memiliki proyek pengadaan komputer untuk semua laboratorium komputer sekolah tingkat SD, SLTP, SLTA diseluruh Indonesia berapa rupiah uang rakyat hanya untuk membeli perangkaty lunak bernama windows ?


Mari kita coba berhitung, seandainya departemen pendidikan memberikan bantuan ke setiap laboratorium komputer sekolah adalah 10 unit, maka kita kalihkan jumlah 10 unit komputer tersebut kali Rp 2.000.000 (Dua Juta Rupiah) untuk pembelian OS Windows. Maka departemen pendidikan harus menyediakan anggaran sebesar Rp 20.000.000 (Dua Puluh Juta Ribu Rupiah) untuk setiap lab komputer sekolah.




Jika 1 laboratorium komputer membutuhkan Rp 20.000.000 , maka kita tinggal mengalihkan kira-kira berapa jumlah sekolah di seluruh Indonesia dari tingkat SD, SLTP, hingga SLTA ? Misal kita buat perkiraan kecil saja jumlahnya sekitar 500.000 sekolah/lab komputer (padahal sangat mungkin jauh lebih banyak), maka kita tinggal mengalihkan jumlah sekolah/lab komputer dikalihkan dengan Rp 20.000.000 (Dua puluh Juta Rupiah) maka jumlahnya adalah: Rp 1.000.000.000.000 ( satu Trilyun rupiah).



Jumlah tersebut hanya untuk pengadaan software OS (Operating System) bernama WINDOWS . Itupun kita belum menghitung untuk Software yang lain misalnya Microsoft Office, Photosop, corel draw dan software lain yang harganya juga jutaan,


Dan perlu dicatat lagi adalah, jumlah perhitungan yang saya contohkan diatas baru untuk departemen pendidikan itupun hanya untuk proyek pengadaan komputer laboratorium. Berapa jumlahnya kalau kita coba menghitung untuk semua departemen di seluruh Indonesia ? Pasti jumlah yang sangat luar biasa banyak.


Padahal kita tahu di negeri ini ada ratusan departemen yang semuanya di biayai oleh negara yang itu berarti juga menggunakan uang kita dalam bentuk pajak.


Padahal jika menggunakan software Open source, semua software tersebut semuanya bisa diperoleh dengan cara GRATIS !!! yaitu dengan menggunakan OS (Operating System) bernama LINUX.


Disinilah letak bedanya orang-orang yang TAHU dan MENGERTI serta menerapkan KM (Knowledge Management) dengan yang tidak tahu KM. Dan kita sudah tahu sendiri betapa FATAL resikonya !


Inilah sebuah fakta yang ada di negeri ini, kenapa negeri yang begitu KAYA RAYA Sumber Daya Alamnya, tapi lagi-lagi kita masih begitu mudah menemukan orang-orang miskin dan kelaparan di negeri yang subur dan kaya ini.




Seandainya KM ini diterapkan disetiap lini bidang, sungguh akan ada sebuah hasil yang sangat luar biasa untuk kemajuan sebuah bangsa dan ilmu pengetahuan tentunya.


Disadari atau tidak, faktor kebodohan dalam memanage sebuah ilmu pengetahuan adalah salah satu penyebab dari banyaknya penyebab lain yang SANGAT NYATA kenapa negeri ini begitu BOROS dalam hal anggaran yang sebenanrnya bisa ditemukan solusi GRATIS sebagaimana penjelasan saya diatas.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.