Tips Sederhana Memilih Usaha di Bulan Ramadhan hingga Lebaran

Saat bulan ramdhan telah tiba, banyak orang yang mencari peluang bisnis dan memanfaatkan moment bulan suci untuk umat muslim ini. Sebenarnya banyak sekali jenis bisnis di bulan suci ramdhan hingga menjelang lebaran yang menjanjikan. Namun disini saya hanya ingin berbagi sedikit tips memilih bisnis/usaha saat bulan ramdhan hingga lebaran datang yang saya kategorikan berdasarkan kemampuan kita.


A. Memiliki Modal Besar


Jika anda memiliki modal besar maka ada beberapa pilihan jenis usaha yang menjamur saat bulan puasa


Membuka Bazar Ramadhan


Kalau di Yogyakarta di sekitar kampus UGM di setiap sore di bulan ramadhan selalu ramai berkumpul dan berjajar pedagang-pedagang musiman yang berjualan berbagai jenis makanan disana. Jumlahnya juga banyak sekali. Karena begitu banyaknya pedagang yang ingin ikutan, maka di setiap harinya banyak pedagang-pedagang yang tidak kebagian tempat berjualan.


Melihat gejala tersebut diatas, maka peluang besar untuk mengatasi masalah tersebut bisa dengan cara mengadakan bazar ramadhan di tingkat kabupaten. Caranya hanya sewa tempat misal digedung atau lapangan kemudian jauh2 hari sebelum ramadhan datang bikin publikasi dan mengundang pedagang. saya yakin akan banyak pedagang yang ikutan. Dan jangan lupa, soal lokasi juga harus cari yang strategis dimana tempat tersebut asyik juga untuk ngabuburit. Apalagi kalau disediakan Hotspot Area, itu akan membuat daya tarik tersendiri.


B. Memiliki Modal Sedang (Pas-pasan)


Tidak semua kemampuan orang sama, untuk kita yang memiliki modal pas-pasan tentunya cukup membuka usaha-usaha seperti membuka jualan berbagai jenis makanan pembuka puasa seperti, Kolak, Es Juss, Es Buah, Gorengam, dan berbagai jenis makanan-makanan yang lain yang bisa disesuaikan dengan kesukaan masyarakat sekitar kita.


C. Tidak Memiliki Modal


Buat kita yang tidak memiliki modal jangan dianggap tidak bisa jalankan peluang bisnis, anda bisa bekerjasama dengan para pedagang makanan dengan cara menawarkan jasa membantu menjualkan produk makanan mereka dan nantinya anda mendapatkan keuntungan bagi hasil dari produk yang terjual. sehingga disini anda tidak memiliki resiko sama sekali. Namun untuk yang satu ini, kepercayaan adalah syarat yang sangat penting :)




Sebenarnya masih banyak banget peluang bisnis dibulan puasa hingga lebaran nanti seperti Jualan baju dan pakaian, Jualan Kue lebaran, Sandal, dan masih banyak lagi yang lain. Namun dari saya pribadi hanya itu saja, semoga bermanfaat dan bisa memberi inspirasi anda.



Salam :)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.