SLiMS (Senayan Library Management System) Sebagai Solusi GRATIS Pengembangan Perpustakaan Digital di Seluruh Indonesia





Contoh tampilan UCS


Saya merasa miris dan sedih ketika mendengar di negeri kita tercinta ini, pengembangan perpustakaan digital di Indonesia masih tertinggal jauh dengan negara-negara lain. Padahal semua pasti SEPAKAT bahwa peran perpustakaan dalam dunia pendidikan sangatlah penting, sehingga kemajuan dari perpustakaan di Indonesia menajdi mutlak harus dilakukan. Salah satu caranya yaitu dengan memperbaiki sistem managemen dan pengelolaan perpustakaan yaitu dengan cara membangun perpustakaan digital di Indonesia.


Namun karena kurangnya sosialisasi dan minimnya peran media untuk membantu publikasi terkait emajuan perpustakaan digital di Indonesia menajdikan perpustakaan digital di Indonesia kurang diperhatikan. Ketidaktahuan para pengelola perpustakaan dalam hal ini para pustakawan terkait software perpustakaan digital menjadikan mereka seolah dimanfaatkan oleh para pebisnis yang menjual software perpustakaan dengan harga yang sangat mahal. Jika melihat beberapa fakta dilapangan, rata-rata harga software perpustakaan digital dijual dengan harga rata-rata 5 juta bahkan ada yang mencapai hingga 30 juta bahkan lebih. Padahal fitur-fitur yang tersedia dalam software perpustakaan digital tersebut masih banyak kekuranganya.


Saat ini sebenarnya ada sebuah software perpustakaan digital yang dibuat secara GRATIS tapi memiliki kwalitas yang sangat baik dan sudah menggunakan Standard International yaitu dengan menggunakan standard AACR 2. Software tersebut adalah bernama SLiMS (Senayan Library Management System). SLiMS (Senayan Library Management System) adalah Open Source Software (OSS) berbasis web yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan automasi perpustakaan (library automation) skala kecil hingga skala besar. Dengan fitur yang lengkap, SLiMS sangat cocok digunakan bagi perpustakaan yang memiliki koleksi, anggota dan staf banyak di lingkungan jaringan, baik itu jaringan lokal (intranet) maupun Internet.


Keunggulan SLiMS lainnya adalah multi-platform, yang artinya bisa berjalan secara natif hampir di semua Sistem Operasi yang bisa menjalankan bahasa pemrograman PHP dan RDBMS MySQL. SLiMS sendiri dikembangkan di atas platform GNU/Linux dan berjalan dengan baik di atas platform lainnya seperti FreeBSD dan Windows.


SLiMS pada tahun 2009 juga telah mendapat penghargaan dan menjadi pemenang dalam ajang ICT Award 2009 untuk category Open Source System terbaik.


Saat ini SLiMS sudah digunakan oleh ratusan Perpustakaan-perpustakaan besar yang tersebar diberbagai wilayah di Indonesia bahkan hingga di mancanegara seperti Jerman, Spanyol, Timur Tengah dll.


Fitur SLIMS antara lain:


1. Online Public Access Catalog (OPAC) dengan pembuatan thumbnail yang di-generate on-the-fly. Thumbnail berguna untuk menampilkan cover buku. Mode penelusuran tersedia untuk yang sederhana (Simple Search) dan tingkat lanjut (Advanced Search)



Contoh Tampilan OPAC SLiMS



2. Detail record juga tersedia format XML (Extensible Markup Language) untuk kebutuhan web service.
3. Manajemen data bibliografi yang efisien meminimalisasi redundansi data


Contoh Tampilan Bibliography di SLiMS





4. Manajemen masterfile untuk data referensial seperti GMD (General Material Designation), Tipe Koleksi, Penerbit, Pengarang, Lokasi, Supplier, dan lain-lain.



5. Sirkulasi dengan fitur:
a. Transaksi peminjaman dan pengembalian
b. Reservasi koleksi
c. Aturan peminjaman yang fleksibel

Tampilan Fitur Sirkulasi

Tampilan Fitur Sirkulasi


6. Manajemen keanggotaan


7. Inventarisasi koleksi (stocktaking)


8. Laporan dan Statistik


9. Senayan mendukung beragam format bahasa termasuk selain latin.



10. Modul sistem dengan fitur:
a. Konfigurasi sistem global
b. Manajemen modul
c. Manajemen User (Staf Perpustakaan) dan grup
d. Pengaturan hari libur
e. Pembuatan barcode otomatis
f. Utilitas untuk backup

11. Union Catalog Server


Dengan fasilitas baru ini memungkinkan menggabungkan katalog online di seluruh dunia selama sama-sama menggunakan software SLiMS. Sehingga jika ini bisa dilakukan dalam jumlah skala besar, saya sangat yakin ini sangat baik sekali. contoh yang sudah dilakukan adalah bisa dilihat di http://jogjalib.net dimana melalui jogjalib.net tersebut dibangun untuk menyatukan semua katalog (online) yang berada di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Dan tidak memungut kemungkinan kedepan bisa dibuat untuk penyatuan katalog di seluruh dunia selama mereka menggunakan SLiMS. Berikut merupakan contoh tampilan UCS di http://jogjalib.net



Contoh tampilan UCS

Contoh tampilan UCS


12. Dan masih banyak lagi fitur2 lengkap SLiMS yang semuanya sudah disesuaikan dengan kebutuhan pengelolaan perpustakaan digital yang berstandar International.


Selain dari fasilitas tampilan tersebut diatas, SLiMS juga memiliki tampilan-tampilan lain yang bermacam-macam yang bisa dipilih sesuai dengan selera kita dan bahkan jika kita sudah bisa memahami dan menguasai bahasa pemrograman, kita bisa mengubah tampilan dan berbagai fitur sesuai dengan selera kita. Dan perlu diketahui bahwa ketika dilakukan perubahan tampilan sama sekali tidak akan merubah Data.


Beberapa tampilan SLiMS antara lain sebagai berikut:


1. Tampilan Design Creek02




Tampilan Design Creek02




Tampilan Design Creek02


2. Tampilan Mother Earth




Tampilan Mother Earth




Tampilan Mother Earth


3. Tampilan Red Tie




Tampilan Red Tie




Tampilan Red Tie


4. Tampilan Blue


Dan masih banyak lagi jenis tampilan yang bisa anda rubah sesuka hati. Bahkan jika anda ingin merubah sesuai dengan kreasi anda, itu bisa dilakukan karena SLiMS adalah software open Source.


Persyaratan Software:



1. Engine skripting PHP 5 (minimal versi 5.1. SLiMS dikembangkan dengan PHP versi 5.2.4) dengan beberapa catatan:
a. Dukungan GD diaktifkan. GD diaktifkan dengan dukungan terhadap format PNG, JPG, GIF, dan FreeType (pada sistem UNIX, jika meng-instal dari source code bisa dilakukan dengan opsi kompilasi -with-gd -with-png-dir=/usr/lib -with-jpeg-dir=/usr/lib -with-freetype-dir=/usr/lib dan pastikan library dan header development PNG, JPEG dan Freetype telah diinstal. Cek dokumentasi instalasi paket yang dibutuhkan dari Sistem Operasi atau distro yang anda gunakan).
b. Dukungan XML (biasanya sudah otomatis diaktifkan di PHP5)
c. Dukungan ekstension mysqli
2. Web server (direkomendasikan Apache 2.2)
3. Server database MySQL (direkommendasikan >= 5.0)
4. Utilitas mysqldump untuk backup database
5. Sistem Operasi GNU/Linux, FreeBSD, Solaris or Windows
6. Browser dengan kapabilitas Javascript 1.5, AJAX and CSS 2 seperti: Mozilla Firefox 2, Opera 9, Konqueror 3.5, atau Microsoft Internet Explorer >= 6.0
7. Pembaca dokumen PDF seperti Adobe Reader, Evince atau Foxit PDF Reader untuk melihat dokumen PDF yang di-generate oleh Senayan.

Persyaratan Hardware :



1. Prosesor kelas Pentium III
2. RAM 256 MB
3. Standard VGA dengan dukungan warna 16-Bit
4. Opsional : Pembaca Barcodes untuk memindai barcode saat sirkulasi.

Pengguna software GRATIS ini juga sudah mencapai hingga ke negara-negara besar seperti Jerman, Spanyol, Brunei, Malaysia dan masih banyak lagi negara yang lain.


Untuk pengguna di Indonesia sudah tercatat ratusan pengguna yang tersebar diseluruh Indonesia dan bisa dilihat disitus resminya yaitu di http://senayan.diknas.go.id .


Yang lebih membanggakan lagi adalah software ini dibuat oleh pustakawan semua. mereka adalah Hendro Wicaksono dan Arie Nugraha beserta tim mereka yang semuanya adalah pustakawan. Sehingga software SLiMS ini benar-benar sudah sesuai dengan kebutuhan para pustakawan.


Saya sangat berharap sekali melalui tulisan ini hanya berpesan kepada semua pustakawan dan mereka yang saat ini masih menganggap bahwa pengembangan perpustakaan digital di Indonesia masih sulit karena mahalnya software perpustakaan digital tidak terjadi lagi karena saat ini sudah ada software GRATIS bernama SLiMS (Senayan Library Management System) yang sudah memiliki standar International dan bisa di download di web resminya yaitu http://senayan.diknas.go.id . Disana juga disediakan petunjuk manualnya yang bisa juga didownload disini http://senayan.diknas.go.id/download/docs/s3-doc-id.pdf disana tersedia lengkap dari cara instalasinya dan lain-lain secara lengkap sehingga sangat mudah untuk digunakan.


Jika saja semua perpustakaan di Indonesia sudah menggunakan perpustakaan digital maka diharapkan bisa memudahkan para pencari informasi dan juga pengelola perpustakaan (pustakawan) sehingga semuanya akan dimudahkan. Dan yang lebih penting lagi adalah dengan adanya emajuan perpustakaan digital di Indonesia menjadikan masyarakat kita sadar bahwa perpustakaan benar-benar dimanfaatkan sebagai sumber ilmu pengetahuan yang didalamnya terkumpul berjuta ilmu pengetahuan yang bisa kita kaji, kita teliti dan selanjutnya bisa menjadikan sebagai sarana untuk memajukan ilmu pengetahuan di Indonesia.


Tulisan ini sebelumnya sudah saya tulis di website www.duniaperpustakaan.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.