Menyatukan Katalog Online di seluruh Indonesia (Sebuah Impian)


Sebuah impian besar dari komunitas SLiMS Yogya (Senayan Library Management System) untuk bisa menyatukan semua katalog-katalog Online (OPAC) yang menggunakan software SLiMS di Seluruh Indonesia bahkan hingga di manca negara (karena memang pengguna SLiMS sudah tersebar diberbagai negara seperti Jerman, Spanyol, Timur Tengah, Malaysia, Brunei, dll) sehingga impian besar tersebut bukan sesuatu yang tidak mungkin terjadi.


Namun untuk mencapai impian besar tersebut, tidak akan pernah terwujud ketika tidak ada usaha nyata dari komunitas tersebut dan yang lebih penting lagi adalah adanya dukungan nyata dari semua pengguna SLiMS untuk bersedia berbagi katalog mereka untuk disatukan dalam satu Union Catalog.


Untuk segera mewujudkan keinginan besar tersebut, komunitas SLiMS yogya saat ini telah membuat sebuah website yang berfungsi dan berguna sebagai gerbang OPAC untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya yaitu dengan nama www.jogjalib.net . Dan hingga saat ini sudah ada sekitar 15 Perpustakaan yang bergabung dan masih terus di tunggu partisipasi dari berbagai perpustakaan khususnya yang berada di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.


Seperti apa dan bagaimana supaya anda bisa bergabung dalam misi ini ? silahkan baca profile jogjalib.net secara lengkap sebagai berikut :


JogjaLib.Net merupakan sebuah portal yang mencoba menggabungkan berbagai perpustakaan yang menggunakan SLiMS di Yogyakarta.


SLiMS sendiri adalah sebuah perangkat lunak untuk pengelolaan perpustakaan, dan berbasis opensource. SLiMS dapat di unduh di http://senayan.diknas.go.id.


Para penggerak JogjaLib.Net adalah para sukarelawan perpustakaan, yang tergabung dalam Komunitas SLiMS Jogjakarta. Komunitas ini berdiri Januari 2010, dan pada tiap bulan berusaha sekuat tenaga untuk berkumpul dan belajar bersama.


Beberapa Pegiat Komunitas SLiMS Jogja, yang merupakan tulangpunggung JogjaLib.Net antara lain:




  • Tarto (Ruang Baca PTBB Fakultas Teknik UNY)

  • Ari Suseno (Pendiri & Pengelola website www.duniaperpustakaan.com)

  • Haris (Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga)

  • Sumaryanto (Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga)

  • Eritz (Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga)

  • Muhtarom (Perpustakaan SD Sriharjo Bantul)

  • Heri Abi (Pustakawan ISI Yogyakarta)

  • Arif Surachman (Pustakawan FEB UGM)

  • Purwoko (Pustakawan Teknik Geologi UGM)

  • Abdul Aziz (Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga)

  • Budhi Santoso (Pustakawan Geografi UGM)


serta dari berbagai perpustakaan, baik di Jogja, Klaten, Boyolali, Kudus, dan juga Banjarnegara.


Komunitas SLiMS Jogja berusaha untuk bertemu sebulan sekali dalam rangka belajar dan saling berkunjung ke perpustakaan anggota. Keanggotaan komunitas bersifat terbuka dan sukarela. Beberapa pertemuan (secara berurut) sejak Januari 2010 dilaksanakan di:




  1. Selasar FT UGM + Perpustakaan Geologi UGM

  2. Selasar FT UGM

  3. UIN Sunan Kalijaga

  4. Fakultas Geografi UGM

  5. Fakultas ISIPOL UGM

  6. SD Sriharjo Bantul Yogyakarta

  7. SMA 1 Teladan Yogyakarta


Terimakasih pula kami ucapkan kepara para developer SLiMS (Senayan library management System), atas kerja kerasnya mewujdukan perangkat lunak untuk perpustakaan yang bergenre Opensource ini. pak Hendro Wicaksono, Arie Nugraha, Wardiyono, Sulfan Zayd, Arif Syamsudin, dan juga Rasyid Ridho..


Semoga saja dengan dibuatnya jogjalib.net ini bisa menjadikan langkah awal untuk mencapai sesuatu target yang lebih besar lagi misalnya dengan adanya jogjalib.net ini akan muncul penyatuan katalog-katalog di setiap daerah kabupaten/kota, kemudian berkembang menjadi penyatuan katalog di tingkat Propinsi di seluruh Indonesia yang pada tujuan akhirnya adalah memajukan perpustakaan di seluruh Indonesia. Amiiin


Mari secara bersama-sama kita majukan perpustakaan di Indonesia ..


Salam :)


*Tulisan ini sebelumnya sudah saya tulis di www.duniaperpustakaan.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.