Sulitnya Memilih Pimpinan KPK yang Ideal

Pemilihan calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah dibuka. Beragam komentarpun kembali bermunculan dari berbagai kalangan, dari mulai pengamat politik, tokoh, LSM, dan hampir semua kalangan masyarakat bicara terkait isu ini. Termasuk para blogger juga ikut memberi sumbangsih pemikiran mereka terkait isu pemilihan calon pimpinan KPK ini. Saya pikir ini bukan sesuatu yang berlebihan tapi justru inilah yang memang harus kita lakukan sebagai kepedulian kita sebagai warga negara yang baik. Terlebih ini terkait dengan seleksi calon pimpinan KPK. Sebuah Lembaga Independen yang seolah menjadi harapan terbesar seluruh rakyat Indonesia dalam hal menangani, mengungkap, dan menghukum para KORUPTOR-KORUPTOR BUSUK di negeri ini yang memang WAJIB DI BERANTAS !


Tapi permasalahan yang timbul adalah sejauh mana proses dan pemilihan dari KPK ini bisa menghasilkan seorang sosok dan tokoh Pimpinan KPK yang Ideal ?. Ideal untuk ukuran manusia jangan dianggap dan dibandingkan dengan Malaikat apalagi Tuhan. Saya sangat mengingatkan pemahaman ini terlebih dahulu khusus teruntuk orang-orang yang kurang tahu antara makna ideal untuk manusia dan malaikat atau Tuhan itu snagatlah jauh berbeda. Dan biasanya orang-orang yang selalu memegang prinsip seperti misalnya; "Manusia bukanlah malaikat, manusia bukanlah Tuhan, Manusia tempat salah dan Lupa, tidak ada manusia yang sempurna" dan kalimat-kalimat lain yang sejenis kadang dan seringkali tidak di pegang dalam saat yang tepat.


Terkait dengan Sosok atau tokoh yang Ideal yang kita harapkan untuk memimpin Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saya pikir semua memiliki kesamaan pendapat dan harapan yang sama (Kecuali Para Koruptor dan Calon Koruptor) terkait sosok Ideal itu seperti misalnya JUJUR, CERDAS, PROFESIONAL, TEGAS, BERANI, BERPENGALAMAN, BERMORAL dan BERETIKA, dan mungkin semua nilai positif wajib dimiliki oleh pimpinan KPK.


Tapi yang jadi masalah selanjutnya adalah, ADAKAH TOKOH SEPERTI ITU DI INDONESIA ? yang oleh salah satu seniman negeri kita dianggap seperti Negari para Bedebah.


Saya sendiri ketika melihat fakta dan berdasarkan jejak perjalanan negeri ini ikut pesimis. Karena memang sangat sulit tokoh seperti yang disebut diatas. Namun sesulit apapun kita tetap musti optimis bahwa kita masih meyakini bahwa TUHAN itu masih ada. Dan saat mereka orang-orang yang saat ini sedang bekerja keras untuk menyeleksi Pimpinan KPK yang terbaik diantara yang terbaik, Kita sebagai rakyat biasa dan memang tak ada kuasa atau wewenang untuk masalah ini tidak ada salahnya kita berharap dan Berdo'a kepada Tuhan. Semoga Tuhan memberikan negeri ini seorang Pemimpin KPK yang Ideal untuk standard manusia.


Untuk anda yang bisa membantu untuk menemukan orang-orang Ideal yang layak untuk memimpin KPK silahkan berusaha pada porsi dan posisi serta wewenang anda. Tapi jika tidak memiuliki atas semua wewenang itu, Disini saya mengajak kepada diri saya pribadi dan para pembaca untuk Berdo'a dan meminta kepada Tuhan. Karena mungkin dengan Do'a kita bersama do'a orang-orang yang saat ini menderita karena ulah para Koruptor bisa menjadi penyebab Kuasa Tuhan untuk memberikan kita Pimpinan KPK yang benar-benar Ideal.



Semoga ....

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.