Jelang MotoGP Perancis 2010

Menaklukkan Alotnya Le Mans


Lewat dua seri MotoGP 2010, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo mencatat "skor" 1-1. Mengingat capaian mereka sebelumnya di Le Mans, kemenangan bisa saja kembali akan jadi milik salah satu dari pembalap Fiat Yamaha itu.


Rossi membuka musim ini dengan apik. Sang juara bertahan langsung jadi juara di pada MotoGP Qatar yang dihelat di Losail 11 April lalu. Rekannya, Lorenzo, finis di posisi dua.


Pada seri berikutnya di Jerez, Spanyol, awal Mei ini giliran Lorenzo yang meraja. Di depan para pendukungnya, si rider tuan rumah keluar jadi kampiun, kali ini mengungguli rekan senegaranya Dani Pedrosa. Rossi sendiri finis di posisi tiga.


Dengan capaian tersebut, Lorenzo untuk sementara memuncaki klasemen dengan poin 45, unggul empat angka dari Rossi yang menempati peringkat dua. Duo Fiat Yamaha itu diikuti oleh duo lain dari Repsol Honda yaitu Dani Pedrosa (29 poin) dan Andrea Dovizioso (26).


Pada akhir pekan ini, seri ketiga menghampar di Le Mans, Prancis. Duo Yamaha berpeluang besar meneruskan tren positif mereka --sekaligus memecah skor 1-1 di dua seri awal-- jika semata-mata menilik dari catatan dua musim terakhir. Musim lalu, Lorenzo sukses keluar jadi juara MotoGP Prancis 2009 setelah semusim sebelumnya Rossi meraih hasil yang sama.


Meski begitu, MotoGP Prancis sendiri takkan mudah ditaklukkan begitu saja. Sejak format MotoGP digulirkan tahun 2002, baru Sete Gibernau yang berhasil juara dua musim beruntun. Bukan hanya itu, dari delapan gelaran saja sudah ada lima rider berbeda yang jadi juara di sana.


Bahkan seorang Rossi yang berhasil tiga kali jadi juara di Le Mans semenjak tahun 2002 pun harus terlempar ke posisi finis 16 saat membalap di sini musim lalu. Padahal Rossi-lah yang berhasil paling banyak menaklukkan MotoGP Prancis dalam kurun waktu tersebut.


Dengan kenyataan tersebut maka tak pelak para pembalap lain macam juara dunia MotoGP 2007 Casey Stoner, yang notabene masih tercecer di peringkat delapan dengan poin setara dua pembalap lain, juga punya peluang menggebrak dan memberikan kejutan untuk mendobrak papan atas klasemen pembalap.


Lalu, siapa jago Anda?



Daftar Gelar Juara MotoGP Prancis:
2009 Jorge Lorenzo
2008 Valentino Rossi
2007 Chris Vermeulen
2006 Marco Melandri
2005 Valentino Rossi
2004 Sete Gibernau
2003 Sete Gibernau
2002 Valentino Rossi

( krs / krs )


********************************************************************


Rossi Harapkan Cuaca Bagus




Le Mans - Valentino Rossi mengharapkan cuaca yang bersahabat di MotoGP Prancis, Minggu (23/5/2010). Juara bertahan itu ingin menghapus kenangan buruk di seri yang sama semusim lalu.

Setahun lalu, Rossi mengalami nasib yang kurang beruntung dalam melakoni lomba ini. Hujan deras yang mengguyur saat lomba bikin lintasan jadi licin.


Akibatnya fatal buat si pembalap Fiat Yamaha itu. Ia terjatuh tak lama setelah mengganti motornya dan akhirnya membawa nihil angka karena hanya finis di urutan 16. Sementara tampil sebagai kampiun ialah rekan Jorge Lorenzo disusul oleh Marco Melandri dan Dani Pedrosa.



"Walau (saya) mengalami musibah pada balapan tahun lalu, Le Mans selalu menjadi
lintasan yang bagus buat saya dan Yamaha selalu tampil bagus disana," ujar Rossi seperti dilansir Autosport.

"Persoalan yang terbesar adalah cuaca, tapi melihat tahun lalu saya pikir kami berhak atas balapan dengan cuaca yang cerah," harap dia.


Bukan cuma harap-harap cemas soal cuaca, namun Rossi sangat mengharapkan kesembuhan cedera bahu yang cukup mengganggu performa dia pada balapan sebelumnya.


"Bahu saya sedikit banyak sembuh sekarang. Jadi saya berharap saya akan kembali pada kekuatan penuh di Le Mans," harap juara dunia MotoGP lima kali itu.



Sumber: DetikSport.com






Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.