Kopi Termahal di Dunia

kopi-termahal-di-duniaApakah anda pecinta Kopi ? atau hanya seorang penikmat Kopi saja ?


Tahukah anda bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kopi termahal di dunia. Ini patut kita banggakan daripada hanya akhir-akhir ini kita dapat Julukan Negara yang banyak memelihara koruptor :D . Kopi seperti apa sich kox bisa-bisanya menjadi kopi termahal di dunia ?


Untuk lebih lengkapnya silahkan anda baca ulasan berikut yang berhasil saya kutip dari salah satu media online Nasional(VIVANews.com) .



VIVAnews - Indonesia memang punya beragam kopi. Mulai dari kopi Aceh, Kopi Makasar, Kopi Toraja, dan lainnya. Tapi, ada satu kopi asal Indonesia yang mendunia. Yaitu, kopi Luwak. Apa keistimewaannya?


Kopi luwak terkenal dengan harganya yang cukup mahal. Jika Anda ingin menyeruput kopi jenis ini di Jakarta, harga bisa ratusan ribu rupiah per cangkir.


Namun, menurut Oprah Winfrey dalam salah satu episode talkshow-nya, di Amerika, secangkir kopi luwak dihargai mencapai US$50 (Rp 500 ribu). Dan, dalam kemasan dijual sekitar US$600 (Rp 60 juta) per 4,5 kg. Itulah sebabnya kopi ini dijuluki kopi termahal di dunia.


Alasan kopi ini mahal dan istimewa, karena proses menjadi kopinya yang unik. Kopi luwak adalah biji kopi yang ditemukan pada kotoran luwak, sejenis hewan tupai yang banyak hidup di pinggir hutan dekat perkebunan kopi.


Luwak (Paradoxurus hermaphroditus) disuguhi biji kopi robustaSecara alamiah, luwak mempunyai insting memilih biji kopi yang benar-benar masak dan patut dimakan. Di dalam pencernaan luwak, biji kopi mengalami reaksi kimiawi dengan enzim pencernaan luwak. Proses inilah yang memberikan rasa berbeda pada kopi luwak.


Nah, dari kotoran luwak tersebutlah biji kopi yang utuh yang akan diproses menjadi kopi luwak. Dan, menjadi secangkir kopi luwak yang nikmat beraroma kuat.


Bagaimana? setelah mendengarkan informasi tersebut diatas ? apakah anda akan tambah seneng dengan Kopi atau ingin berhenti untuk Ngopi ? :D

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.