UGM Ciptakan MOBIL SEMAR: Super Hemat dan Efisien




[caption id="attachment_1269" align="alignleft" width="300" caption="MOBIL SEMAR KARYA TERBAIK UGM"]MOBIL SEMAR KARYA TERBAIK UGM[/caption]

Pagi ini seperti biasa saya membaca Surat Harian Kedaulatan Rakyat salah satu surat kabar lokal Yogya. Pada halaman utama bagian bawah menampilkan sebuah informasi yang membuat saya bangga dan salut atas Inovasi anak negeri yang layak kita hargai dan kita banggakan, Ya, sebuah Mobil Mini yang sangat effisien, dan hemat energi ini merupakan karya terbaik anak-anak muda Mahasiswa jurusan Teknik Mesin UGM.


Adapun mengenai spesifikasi dari mobil SEMAR yaitu sebagai berikut :





  • Berat Mobil 25 Kg

  • Kecepatan Maksimal 35 KM/Jam

  • Panjang 2,7 M, Tinggi 0,8 M, Lebar 0,88 M

  • Bodi terbuat dari Fiber Composite , Konsep airfoil

  • Penggerak Pemula mesin 4 Tak berselinder tnggal, Kapasitas 25 cc, diaplikasikan dengan system injeks yang bisa di program



Dari data mobil tersebut diatas, mungkin masih kurang sempurna jika dibandingkian dengan mobil yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat luas. Namun untuk tahap awal ini layak kita hargai dan kita banggakan sebagai karya terbaik anak negeri. Saya juga sangat yakin bahwa tim ini pasti akan selalu menyempurnakan karya mereka untuk semakin baik lagi kedepan.


Mobil yang diberi nama "SEMAR" ini seperti nama seorang tokoh pewayangan yang sangat terkenal yaitu Semar. Mobil Semar ini rencananya juga akan diikutsertakan bersama 9 karya terbaik anak negeri lainya dari ITB dan UI dalam ajang SHELL-ECHO MARATHON (SEM) ASIA 2010 yang akan di gelar di Sirkuit Sepang Malaysia pada tanggal 6-10 Juli 2010 yang akan datang.


Menurut Ketua Jurusan Teknik Mesin UGM Bapak Dr. Ir Suhanan DEA, mobil Semar ini ditargetkan bisa menempuh jarak setara Anyer-Panarukan hanya 1 Liter Bensin. Mobil Super efisien dan ramah lingkungan ini juga bentuk nyata Visi UGM untuk menuju WORLD CLASS UNIVERSITY.


Sebagai karya terbaik anak negeri ini, saya dan tentunya kita semua layak bangga dan memberi penghargaan atas karya terbaik mereka, Dan sudah selayaknya kita mendukung mereka untuk selalu dan terus memberikan kontribusi terbaik untuk negeri ini, khususnya dalam kancah dunia Otomotif di negeri ini.



Semoga hal ini juga bisa dijadikan motifasi untuk seluruh masyarakat Indonesia khususnya dikalangan Civitas Akademik untuk memacu semangat mereka dalam persaingan dunia teknology otomotif di era persaingan AFTA-CHINA yang semakin hari semakin maju. Jadikan juga ini semagai langkah awal untuk kemajuan dan identitas sebuah bangsa nbahwa anak-anak negeri ini memiliki Potensi untuk terus berkarya membangun bangsa. Sehingga bangsa ini semakin maju dan siap bersaing di kancah dunia International khususnya Industri Otomotif.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.