Peringatan Hari Air Sedunia : Kekeringan, Pencemaran Air dan Banjir

Sebenarnya tulisan ini ingin saya tulis hari kemaren bertepatan dengan Peringatan Hari air sedunia 2010. Namun hari Senin kemaren waktunya FULL untuk aktifitas Offline jadi baru sekarang ak tulis :D .


Saat kita bicara air. maka kita akan teringat bahwa air adalah sumber kehidupan. Dimana setiap makhluk hidup di alam ini bisa bertahan hidup karena adanya air.


Saat ini, ada beberapa masalah penting yang berkaitan dengan air yang bisa mengancam dan membahayakan manusia dan makhluk hidup lainya. antara lain adalah sebagai berikut :


Pencemaran Air


Pencemaran air khususnya di kota-kota besar sungguh sangat memprihatinkan. Untuk bisa menemukan air bersih di Jakarta sudah sangat teramat sangat sulit. Khususnya untuk diwilayah kawasan Industri. Bahkan mungkin hampir semua masyarakat di kota-kota besar khususnya Jakarta, sudah tidak ada lagi masyarakat yang mengambil air bersih dari sumur di dekat/dalam rumah mereka seperti saat kita tinggal dikampung. Hal itu dikarenakan hampir semua air di Jakarta sudah tercemar sehingga tidak layak untuk di Konsumsi.


Banjir


Air mungkin sesuatu yang bermanfaat ketika jumlah air tersebut sesuai dengan kebutuhan kita sehari-hari. Namun apa jadinya ketika air tersebut berjumlah dalam skala yang besar seperti Banjir ? Pastilah bencana yang terjadi dan itu pasti tidak diinginkan oleh semua orang. Namun Faktanya banjir khususnya di Jakarta dan diberbagai daerah di negeri ini masih saja sering terjadi. Dan penyebabnya tidak lain dan bukan juga disebabkan oleh ulah manusia itu sendiri.


Kekeringan


Sungguh Ironis memang, saat musim hujan banjir bandang, saat musim kemarau,kekeringan melanda. Ini membuktikan ada yang salah dalam hal mengatur dan memanfaatkan potensi alam ini. Bukankah seharusnya hal ini tidak akan terjadi ketika alam ini dikelola dan dijaga dengan benar. Bukankah saat musim hujan datang seharusnya kita bisa membangun danau-danau buatan atau waduk untuk bisa menampung air yang sedang berlebih untuk kemudian bisa dimanfaatkan ketika musim kemarau datang.


Mungkin sebeanrnya masih banyak sekali masalah-masalah yang terkait dengan air. Namun secara garis besar ketiga maslah tersebut terataslah yang sering kita lihat dan kita alami di setiap musimnya.


Setelah kita membahas terkait masalah-masalah yang terkait dengan air tersebut diatas, Kurang bijak kiranya jika kita tidak memberikan solusi untuk masalah tersebut diatas. Di sini saya akan mencoba memberikan solusi terhadap maslah-masalah yang berkaitan dengan air. Dan kali ini saya ingin mengingat Pelajaran saat duduk di Bangku Sekolah Dasar. Dimana saya masih ingat betul tentang pelajaran "ILMU PENGETAHUAN ALAM". Dimana saya sangat yakin sekali untuk mereka yang pernah duduk di Bangku sekolah Dasar pasti tahu tentang hal ini.


Solusi untuk Pencemaran Air


Untuk mencari sebuah solusi, saya lebih suka langsung ke akar masalah. Akar masalah dan penyebab dari pencemaran air adalah adanya pembuangan limbah-limnbah Industri secara sembarangan dan tidak sesuai dengan yang seharusnya. Sehingga untuk solusi hal tersebut maka, pihak pemilik indstri atau pabrik yang membuang limbah mereka secara sembarangan wajib diperingatkan dan diberi sanksi dan tindakan hukum yang tegas oleh pihak terkait.


Selain diakibatkan oleh masalah limbah Industri, pencemaran air juga salah satunya diakibatkan oleh pembuangan sampah secara sembarangan. Dalam jumlah sedikit mungkin tidak menjadi maslah, tapi jika membuang sampah secara sembarangan dilakukan oleh jutaan manusia disetiap harinya, tidakkah itu menjadi maslah ? Dan solusinya untuk ini adalah kesadaran masing-masing Individu untuk sadar membuang sampah pada tempatnya. bahkan akan lebih baik lagi jika bisa memanfaaatkan sampah tersebut menjadi nilai ekonomis dengan cara menjadikan sampah menjadi kompos atau hasil kerajinan rumahan yang bisa memberi manfaat lebih untuk keluarga.


Solusi Untuk Banjir


Untuk masalah solusi banjir ini sebelumnya sudah saya bahas dalam tulisan saya sebelumnya. namun disini saya ulang pada intinya semua sudah tahu dan faham soal penyebab banjir yaitu dari pembuangan samopah secara sembarangan, penebangan hutan yang berlebihan, pengalihan fungsi hutan menjadi apartemen dan hotel tanpa memperlihatkan keseimbangan alam adalah salah satu penyebab terjadinya banjir. Dan solusi untuk itu tentunya lagi-lagi keadaran masyarakat untuk peduli menjaga kelestariaan hutan, tidak mebuang sampah sembarangan dan lain-lain.


Solusi Untuk Kekeringan


Solusi untuk mencegah terjadi kekeringan bisa dilakukan dengan berbagai hal, misalnya denganc ara membuat waduk/danau buatan yang berfungsi untuk menampung air saat musim hujan sehingga saat musim kemarau datang, air tersebut bisa dimanfaatkan. selain itu juga untuk emreka yang tinggal didaerah-daerah pegunungan, jaga hutan khususnya pohon-pohon disekitar anda, jangan ditebang secara sembarangan, karena salah satu fungsi hutan juga untuk menyimpan dan menyerap air sehingga saat musim kemarau datang, cadangan air melalui akar-akar pohon yang tetap terjaga, bisa dimanfaatkan.



Mungkin demikian yang bisa saya sampaikan dan marilah kita semua secara bersama-sama kelola air dengan baik dan kita gunakan secukupnya. Dan kita juga harus tetap berperan serta untuk selalu terus menjaga lingkungan sekitar kita supaya air yang ada disekitar kita benar-benar aoir yang sehat yang bisa memberikan manfaat ntuk semua makhluk hidup.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.