Tahun Baru Imlek dan Tradisi Meramal

Tahun baru Imlek tahun 2010 yang ke-2561 ini akan jatuh pada hari Minggu 14 Februari 2010 bertepatan dengan perayaan hari kasih sayang atau yang lebih populer disebut hari Valentine. Berbeda dengan perayaan tahun baru Imlek di tahun-tahun sebelumnya, perayaan Imlek tahun 2010 ini bersamaan dengan perayaan hari Valentine atau hari kasih sayang.


Berbeda dengan perayaan tahun baru masehi atau Hijriyah, yang menarik dari perayaan Tahun Baru Imlek adalah terkait "RAMALAN". Terkait ramalan di setiap tahun baru Imlek sendiri masih banyak yang mempercayai bahwa setiap ramalan dari seorang ahli ramal, khususnya untuk orang Tionghoa seolah menjadi keyakinan yang kuat dan bisa dipercaya. Hal ini bisa kita lihat di setiap perayaan Tahun Baru Imlek, jumlah orang yang datang ke peramal meningkat tajam.


Banyaknya masyarakat Tionghoa yang berkunjung dan meminta diramal nasib, rizqy atau jodohnya di setiap perayaan tahun baru Imlek membuktikan bahwa kemungkinan besar banyak warga Tionghoa yang ketika di ramal pada tahun sebelumnya banyak memiliki keakuratan saat diramal, sehingga di tahun berikutnya orang-orang tersebut ingin mencoba kembali dan ingin membuktikan kebenaran dan kesesuaian dari sang Juru Ramal. Karena biasanya, jika pada saat diramal tahun sebelumnya ternyata ramalan mereka tidak sesuai dengan yang di ramalkan oleh sang Peramal, maka bisa jadi orang tersebut akan malas untuk meminta kembali dirinya untuk diramal pada tahun berikutnya. Walaupun begitu, kemungkinanya juga bisa berbalik, karena pada tahun sebelumnya ramalan mereka tidak sesuai dengan kenyataan maka memungkinkan mereka untuk penasaran dan ingin mencoba diramal kembali di tahun baru Imlek selanjutnya, tentunya dengan ahli ramal yang berbeda, begitu seterusnya.


Namun di luar dari fenomena maraknya ramalan di setiap tahun baru Imlek janganlah dianggap sesuatu yang menjadi kontroversi, tapi anggaplah ini sebagai kekayaan kebudayaan dan kepercayaan kita sebagai antar umat beragama sehingga kita bisa untuk tetap saling menghargai dan menghormati antar umat beragama sehingga melalui perayaan Imlek ke-2561 ini kita bisa saling hormat menghormati dengan agama dan kepercayaan orang lain.




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.