Peran dan Fungsi Media dalam Memajukan UKM di Indonesia

Peran media dalam berbagai bidang sudah tidak perlu diragukan lagi, dari peran media dalam membangun opini publik atau peran media sebagai control sosial di masyarakat kita ini sudah banyak mereka buktikan dalam berbagai kasus, yang paling fenomenal adalah saat gerakan koin peduli untuk prita adalah bukti betapa berkat peran pemberitaan di hampir seluruh media Nasional, maka terkumpul koin hingga setengah milyar lebih terkumpul untuk membantu Prita.


Peran media yang memang begitu luar biasa dalam berbagai hal menimbulkan berbagai banyak sekali manfaat. Dari bidang politik, social, ekonomi, bisnis, pendidikan, dan masih banyak lagi manfaat yang bisa kita dapatkan dari media, Termasuk di dalamnya adalah pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia.


Peran media dalam peranya sebagai alat publikasi yang sangat ampuh ini benar-benar bisa memberikan keuntungan yang luar biasa untuk para pelaku dan pemilik dari Usah Kecil dan Menengah.


Namun dari itu semua kita juga harus menilai, kapan, dimana dan bagaimana peran media bisa dikatakan ikut dalam meningkatkan kemajuan UKM di Indonesia ?


Pertanyaan diatas menjadi penting karena tidak semua media memiliki fungsi dan manfaat sebagaimana judul dalam tulisan ini yaitu bagaimana Peran Media dalam memajukan UKM di Indonesia. Dan mungkin bisa saya katakan bahwa hanya sedikit media yang memanfaatkan kedahsyatan media dalam ikut berperan dalam membangun dan meningkatkan hasil UKM di Indonesia. Hal ini di karenakan mungkin masih banyaknya media yang juga menilai dari setiap usaha mereka (Media.red) selalu dinilai sejauh mana setiap isi yang mereka beritakan dalam media mereka selalu memberikan timbal-balik bernama keuntungan untuk media tersebut. Dan dalam hal ini yang dilakukan oleh media adalah memberikan biaya yang luarbiasa mahal untuk sebuah iklan di sebuah media Nasional.


Sebagaimana kita tahu bahwa dalam dunia usaha yang sangat berperan selain kwalitas produk yang bermutu dan harga yang terjangkau adalah peran dari publikasi atau promosi dan iklan dari produk tersebut. Sebaik apapun kwalitas dari sebuah produk, tanpa dibarengi dengan promosi yang bagus, maka hasilnya juga tidak akan berhasil dengan baik, Begitu juga dengan produk-produk yang dimiliki oleh pelaku Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia.


Untuk sebuah perusahaan yang besar dan memiliki omset dan keuntungan yang besar mungkin biaya iklan yang tinggi di sebuah media Nasional mungkin bukan masalah, tapi buat para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) itu adalah masalah yang sangat besar. Itu dikarenakan modal dari pelaku UKM sangatlah kecil dan tidak mungkin untuk mempromosikan produk-produk mereka melalui iklan-iklan di media nasional seperti yang dilakukan oleh banyak perusahaan besar di Indonesia.


Dengan melihat permasalahan yang dihadapi oleh para pelaku UKM tersebut, maka DISINILAH diperlukan PERAN MEDIA dalam ikut Memajukan Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia. Terkait bagaimana peran media dalam ikut mengembangkan UKM di Indonesia, Saya mencoba memberikan beberapa Solusi.


1. Memberikan Biaya Murah untuk Iklan Produk UKM di Indonesia


Dengan memberikan biaya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan produk dari perusahaan-perusahaan besar adalah salah satu cara media untuk ikut membantu mempromosikan produk-produk dari para pelaku UKM di Indonesia sehingga dengan biaya yang jauh lebih murah dan terjangkau untuk para pelaku UKM dalam mempromosikan produk-produk UKM tersebut.


2. Membuat Program Khusus untuk UKM


Selain pemberian biaya yang murah untuk biaya iklan di suatu media, Ada solusi lain yang sebenernya juga pernah dan mungkin saat ini masih berlangsung diadakan oleh beberapa media nasional yaitu dengancara membuat acara atau liputan khusus untuk para pelaku Usaha Kecil dan menengah. Dengan adanya program khusus untuk para pelaku UKM tersebut secara langsung maupun tidak langsung media tersebut ikut mempromosikan produk dan jenis dari usaha tersebut. Dan bahkan mungkin juga bisa memberikan inspirasi buat masyarakat yang menyaksikan acara tersebut untuk mengikuti jejak para pelaku UKM tersebut sehingga akan memunculkan banyak lapangan kerja baru di Indonesia sehingga bisa mengurangi pengangguran dan kemiskinan di negeri ini.


3. Kebijakan Pemerintah yang Pro UKM


Sebenarnya kadang terlalu pesimis kalau "BERHARAP" dari peran pemerintah, Walaupun sebenarnya sudah ada beberapa program pemerintah yang Pro UKM seperti Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan juga PNPM Mandiri, namun dalam pelaksanaanya hingga detik ini belum begitu terlihat secara merata.


Sehingga dalam solusi ke-tiga ini saya lebih berharap kebijakan pemerintah yang Pro UKM yang ada kaitanya dengan media. Cara ini dilakukan jika pada kenyataanya Media Nasional tidak juga melakukan kedua solusi yang saya sebutkan diatas. Jika media tidak juga melakukan hal tersebut, saya menyarankan kepada pemerintah mengeluarkan kebijakan yang sedikit "memaksa" media yaitu dengan cara misalnya; Pemerintah mengeluarkan sebuah kebijakan yang sedikit "Menekan" kepada kalangan media untuk benar-benar memberikan Biaya yang murah untuk iklan dari produk pelaku UKM atau misalnya mewajibkan Semua Media (cetak, elektronik,Televisi) untuk di setiap seminggu sekali atau dua kali meengadakan program acara, liputan khusus UKM atau acara-acara yang lain yang pada intinya bertujuan ikut mempromosikan produk-produk UKM di Indonesia.


Dengan adanya peran pemerintah tersebut, setidaknya media benar-benar serius dalam ikut membantu memasarkan dan mengiklankan produksi UKM di Indonesia sehingga masyarakat kita menjadi lebih tahu betapa produk-produk UKM sebenarnya banyak ragamnya dan bisa bersaing dengan produk-produk China yang saat ini semakin hari semakin membanjiri pasar Indonesia.


Apa yang saya sampaikan diatas diluar dari himbuan saya yang juga mengajak para pelaku UKM di Indonesia untuk tidak selalu dan selalu berharap dan Menggantungkan diri dari peran dan bantuan pihak lain termasuk dalam hal ini adalah MEDIA dan pemerintah, Karena dengan kita terus dan terus mau belajar dan belajar tanpa mengenal putus asa, Sebenarnya masih banyak cara dan usaha untuk bisa memajukan produk-produk Usaha Kecil dan menengah hingga dikenal di seluruh pelosok negeri dan hingga ke pelosok dunia.


Salam untuk seluruh teman-teman Pelaku Usaha Kecil dan Menengah di Seluruh Indonesia. Aku bangga dengan Kerja Kerasmu Kawan !



Salam ..

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.