Merintis Usaha di Dunia Maya

Pagi ini saya ikut prihatin ketika membaca salah satu media cetak dan media online Nasional yang memiliki data bahwa DUA JUTA DIPLOMA DAN SARJANA MENGANGGUR ! Ini meyakinkan terkait dengan tulisan saya sebelumnya STOP CARI KERJA ! MARI BERWIRASWASTA yang disana saya sudah menyinggung bahwa sistem pendidikan di Indonesia khususnya Program Diploma dan Strata 1 memang secara FAKTA belum bisa memiliki nilai Orientasi untuk menjadikan lulusan-lulusan mereka mampu terjun kedunia kerja, untuk mendapatkan pekerjaan yang layak saja masih dikatakan sangat sulit, apalagi jika kita berharap bahwa setiap lulusan dari mereka wajib atau bisa membuka lapangan pekerjaan baru. Ini yang harus kita jadikan perhatiandan renungan kita bersama.


Padahal di era Informasi yang semakin canggih ini, harusnya mereka jeli melihat setiap celah dan peluang untuk dijadikan usaha. Di setiap kemajuan pasti ada celah untuk mengais rizqi bernama "Pekerjaan" tapi mungkin disinilah letak yang jadi permasalahan karena dunia pendidikan kita mungkin tidak mengajarkan akan hal itu kepada mereka, kalaupun iya, kadarnya pasti sangat sedikit. Pendidikan kita masih kurang "Memompa" dan memaksa otak-otak kiri mereka untuk mencari dan mengambil kesempatan yang luar biasa besar tersebut, karena mental-mental mereka hanya berorientasi menjadi buruh, karyawan, dan pekerja sehingga motivasi mereka hanya menunggu bola (pekerjaan) itu datang untuk mereka.


Salah satu peluang yang luar biasa banyak salah satunya adalah memanfaatkan Internet (dunia Maya) sebagai peluang usaha dan ladang pekerjaan untuk mereka.


Dengan melihat pengalaman teman-teman d'blogger dan lintas blogger tidak sedikit dari mereka yang menjadikan internet menjadi ladang penghasil uang buat mereka. Dan ternyata banyak sekali bidang ilmu di perguruan tinggi yang bisa menjadi peluang pekerjaan baru di dalam dunia maya (Internet) seperti misalnya.


Mereka yang ada di Jurusan Bahasa Inggris, mereka bisa membuat pekerjaan jasa terjemah melalui Blog atau web mereka sendiri dengan cara dan teknik atau layanan Online tentunya dengan menggunakan strategi yang profesional dan pelayanan yang memuaskan. Atau mungkin bisa dengan cara lain yang semuanya bisa dioelajari selama kita mau belajar dan belajar untuk mendapatkan peluang tersebut.


Mereka yang ada di Jurusan Programmer atau Designer bisa memanfaatkan keahlian mereka misalnya dengan bekerja menjadi Jasa pembuat Website secara Online yang saat ini memiliki pasar yang begitu besar karena banyaknya orang yang membutuhkan jasa tersebut dikarenakan semakin hari semakin banyak orang ingin memiliki website untuk mempromosikan produk, jasa, atau lembaga mereka melalui website.


Jika anda seorang mahasiswa yang ada di Jurusan Ekonomi, anda bisa membangun toko Online yang jika anda ingin belajar dari orang lain anda bisa memiliki toko online yang itu bisa anda bangun dengan tanpa modal yaitu dengan cara konsinyasi seperti yang sudah dilakukan dan dibuktikan oleh seorang D'blogger yang karena hasil kerja kerasnya dia dijadikan salah satu Guru Kehidupan oleh seorang penulis buku. Dan aku pikir untuk mahasiswa yang jurusan ini harusnya lebih tahu dan faham akan peluang ini karena itu adalah bidang mereka.



Dan mungkin masih banyak lagi kesempatan membangun usaha di dunia maya yang bisa di jadikan ladang pekerjaan baru untuk semua orang, dan bahkan mungkin tidak membutuhkan dari mana dan siapa anda, jika anda mau belajar dan belajar itu semua bisa di dapatkan misalnya dengan cara menjadi Jasa di dunia periklanan. Dimana anda cukup memiliki website atau blog yang kemudian blog tersebut anda daftarkan di salah satu jasa yang menemukan antara Pemasang Iklan (Advertiser) dan Publisher yaitu kita sebagai Blogger. Dari sini nanti kita akan mendapatkan bayaran dari para pemasang Iklan dari kisaran $3 sampai Puluhan Dollar bisa kita dapat, dan itu semua bisa kita peroleh dengan kita belajar dan belajar bukan hanya duduk manis dibangku perkuliahan saja !

Dan masih banyak lagi peluang-peluang dunia usaha di dunia maya untuk mereka jika mereka mau dan meu belajar dan melihat peluang tersebut dan kemudian mengambilnya. Tapi kalau mereka hanya duduk dibangku kuliah dan hanya setia mendengarkan dosen-dosen yang akan menjadikan anda seorang penganggur dan tidak mau mempraktekan dalam kehidupan sehari-hari, maka yakinlah ketika anda lulus, Anda yang seharusnya bisa menciptakan pekerjaan untuk mereka yang saat ini memiliki pendidikan lebih rendah dari anda yang berpeluang untuk menjadi penganggur justru andalah yang justru akan menjadi orang yang menganggur tersebut. Dan FAKTA membuktikan bahwa justru mereka yang tidak memiliki pendidikan tinggi dan banyak teori seperti anda justru memiliki usaha dan justru kalian-kalianlah yang hanya menjadi tenaga kerjanya.


Dari ulasanku tersebut diatas, masihkah anda berfikir dan berharap ketika anda lulus hanya bermimpi untuk bekerja menjadi karyawan dan pegawai? padahal itu tidak ada yang memberikan Jaminan untuk mimpi anda !



Padahal banyak orang yang memiliki pendidikan lebih rendah dari mereka berharap supaya orang-orang yang mengaku kaum intelektual ini bisa memberi bantuan kepada lulusan berpendidikan rendah dengan menciptakan lapangan pekerjaan baru untuk mereka, tapi kalau melihat fakta diatas ???

*NB :



Sengaja tidak aku bahas secara detail bagaimana mendapatkan kerja di dunia maya supaya mereka usaha sendiri mencari tahu, dan jika ada yang ingin bertanya saya siap membantu selama saya bisa karena sebenarnya banyak sekali master-master yang sudah ada :D



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.