Nasionalisme Warga Perbatasan Bisa Terancam !!!

Saat ini mungkin media masih banyak membahas dan meliput informasi "itu-itu saja. Kalau tidak Kasus Century bersama Tim Pansusnya mungkin Kasus Antasari yang semakin hari semakin memasuki cerita baru, atau mungkin informasi-informasi tentang ulah politikus yang membuat saya kadang jenuh juga.


Dan tidak tahu kenapa saya justru ingin berbicara terkait Nasib Warga di pulau-pulau terluar dan perbatasan NKRI dengan negara tetangga. Ini mungkin pembicaraan yang di anggap sudah basi dan sudah terlalu banyak orang membicarakanya. Tapi FAKTA permasalahan ini belum juga terselesaikan dan mendapat perhatian serius dari pemerintah.


Padahal jika kita belajar dari sejarah, lepasnya pulau-pulau terluar kita salah satu penyebabnya adalah tidak adanya perhatian dari pihak pemerintah kita terkait pulau-pulau terluar tersebut dengan permasalahan warga yang sangat memprihatinkan.


Saya miris mendengar pemberitaan terkait warga perbatasan kita yang di Malaysia di beri bantuan sembakau oleh pemerintah Malaysia, demikian beberapa informasi yang pernah saya dapatkan dari berbagai sumber media. bahkan beberapa bulan yang lalu saya menyaksikan sebuah TV swasta menayangkan secara khusus nasib warga Indonesia di pulau-pulau terluar dan perbatasan NKRI. SANGAT DAN SANGAT MEMPRIHATINKAN !!!


Hampir setiap hari kebutuhan sehari-hari mereka di topang dan dominasi oleh produk-produk dari Malaysia, Bahkan yang lebih menambah menyayat jiwa nasionalismeku terhadap NKRI ini adalah, seringnya pemerintah Malaysia memberi bantuan kepada warga NKRI disana dengan berbagai macam bentuk bantuan dari kebutuhan pokok dan lain-lain, sedangkan dari pihak pemerintah Indonesia sangatlah jarang memberikan bantuan ke warga pinggiran tersebut.


Apakah pemerintah dan kita BARU AKAN MARAH ! jika pihak Malaysia mengklaim kalau pulau tersebut masuk kategori wilayah mereka ???


Sedangkan nasib warga sendiri tidak terlalu diperhatikan nasib mereka, bahkan Malaysia jauh lebih perhatian kepada wrga disana daripada pemerintah kita. Ini harusnya benar-benar jadi perhatian pemerintah da pihak terkait nasib mereka warga terluar negeri ini.


Jika pemerintah tetap menutup mata dan mengabaikan masalah ini sebagai masalah yang berlarut-larut dan tidak memiliki kebijakan Permanen (Berlaku terus menerus) maka Nasionalisme warga di perbatasan bisa terancam, dan tidak menuntut kemungkinan jika dilakukan seperti kasus Timor-timur, warga di pulau-pulau terluar akan memilih berpindah kewarganegaraan negara tetangga.


Referensi :


Malaysia subsidi warga di perbatasan


Warga Perbatasan Timor Leste Terancam kelaparan



Warga Perbatasan Butuh Perhatian

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.